30.10.23

ESAY 1 sepatu Dahlan

 

 

 

NAMA : JEKSON WENDA
(23310420092)
Tugas : Esay 1 Meringkas Film

 







 

JUDUL FILM :

SEPATUH DAHLAN

Pemain dalam Film :

 Doni Damara sebagai Dahlan, Kinaryosih sebagai Ibunda Iskan, Aji Santoso, Ray Sahetapi, Elyzia Mulachela dan Bima Rizal dan tokoh pendukung lainnya.

 

Ringkasan Film :

 File mini menceritakan tentang Dahlan Ishak tentang kehidupan masa kecil dengan canda tawa  dan segala tangisan air mata di desa kecilnya.filem yang berdurasi 98 menit ini mengisahkan Dahlan amatlah susah ia memiliki 3 saudara dengan 2 kakak perempuan dan 1 adik laki-lakinya.

Dahlan lulus Sekolah dasar  di sekolah rakyat Bukur dengan harapan Ia bisa melanjutkan di SMP Magetan. Sekolah yang pada saat itu menjadi sekolah menengah favorit.

Tetapi, harapan itu sirna ketika ayah Dahlan yang berwatak tegas melarangnya untuk bersekolah di sana.
Dengan alasan biaya yang mahal dan jarak tempuh yang jauh. Keputusannya, berat hati ia harus merelakan harapan untuk bersekolah di Madrasah Tsanawiyah sekolah dengan biaya terjangkau. Ia selalu bermimpi untuk memiliki sepatu baru yang nanti akan membuatnya merasa keren dan gagah di mata teman-temannya.
Ia mencoba berusaha untuk mengumpulkan uang untuk membeli sepasang sepatu sederhana. Namun, hasil kerjanya tidak sampai pada keinganan hatinya.Bapanya yang sebagai petani dan ibunya yang sebagai Pembatik tak selalu memiliki uang yang cukup. karena pada saat itu situasi politik membuat masyarakat dilanda kemiskinan. dan kala itu keingan dahlan untuk memperoleh sepatu semakin jadi karena ia harus bergabung dalam tim volley untuk mengikuti pertandingan antar sekolah. untung saja teman-temanya berpatungan untuk membeli sepatu Dahlan,dan sepatu itu adalah sepatu pertamanya.
Dan dari kejadian tersebut akhirnya Dahlan menjadi pelatih bola voli di sekolah dasar. Dari pekerjaan itu ia bisa membeli dua pasang sepatu untuk dirinya dan adiknya.

filem ini sangat membuat sedih air mata mengalir  karena  melihat perjuangan Dhalan dalam  menghadapi berbagai rintangan hidupnya yang  begitu amat sulit.

Pesan Moral dari filem Sepatu Dahlan :
Bermimpih dan memiliki niat yang kuat pantang menyerah dalam mencapai sesuatu yang kita  
harapkan dalam situasi/kondisi apapun.

 

 

0 komentar:

Posting Komentar