11.10.23

Esai 4 Berperilaku Inovatif

 



Psikologi Inovasi

Tugas Esai 4

Berperilaku Inovatif

Dosen Pengampu : Dr., Dra. Arundati Shinta MA

Ahmat Ramadanil - 21310410077

Sampah merupakan hasil kegiatan manusia maupun sumber dari alam yang sudah dibuang dan tidak dipakai lagi. Sedangkan sampah dalam persepsi ilmu kesehatan lingkungan merupakan suatu benda yang sudah layak dibuang, tidak diperlukan lagi, dan juga tidak mengganggu kelangsungan hidup. Berbagai bentuk sampah ada yang padat seperti sampah daun kering dan juga sampah kardus, ada yang cair seperti bekas kotoran minyak goreng atau olahan limbah pabrik, dan juga ada sampah gas seperti asap kedaraan dan asap disuatu pabrik. Dampak dari sampah yang menumpuk itu sendiri biasanya bisa menyebabkan banjir dimana- mana dan juga bisa menyebabkan longsor, sebab dari hasil tumpukan sampah yang dibuang di sungai dapat menghalangi aliran air yang sedang mengalir.

Permasalahannya adalah sampah padat seperti sampah daun kering dan sampah kardus itu bisakah dikelolah menjadi barang yang berguna? Pertanyaan ini sering muncul dikalangan masyarakat sekitar. Tentu saja pasti bisa dikelolah menjadi barang berguna, misalnya saja kita bisa membuat sampah daun kering menjadi kompos tanaman dan juga sampah kardus bisa kita gunakan atau kita kelolah menjadi tong sampah minimalis yang layak pakai dan layak untuk kita jual. Biasanya dalam proses menjual barang bekas yang terbuat dari sampah kurang diminati banyak kalangan, sebab biasanya mereka berfikir, kenapa harus membeli barang bekas dari sampah padahal masih banyak barang-barang bagus yang terbuat dari plastik dan layak pakai. Poinnya justru disini kita harus mempromosikan barang bekas tong sampah minimalis itu dengan sekreatif mungkin, kita harus membuat tong sampah minimalis lebih bagus dan lebih keren dari tong sampah pada umumnya. Kita harus mempromosikan di semua sosial media punya kita agar supaya proses pemasarannya bisa laris manis, tetapi jikalau nanti mala tidak ada yang beli hasil kerajinan yang kita buat jangan langsung putus asa dan jangan langsung patah semangat. Kita harus tetap optimis dan selalu berusaha keras di dalam berbisnis barang bekas, karena tidak semua yang kita inginkan bisa langsung terwujud begitu saja, pasti ada jatuh bangunnya dulu.

 

Referensi :

Fatoni, N., Imanuddin, R., & Darmawan, A. R. (2017). Pendayagunaan sampah menjadi produk kerajinan. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama untuk Pemberdayaan17(1), 83-96.





0 komentar:

Posting Komentar