11.10.23

Esai 2 Meringkas Jurnal Motivasi

 



Psikologi Inovasi

Tugas Esai 2

Meringkas Jurnal Motivasi

Dosen Pengampu : Dr., Dra. Arundati Shinta MA

Ahmat Ramadanil - 21310410077

Kebanyakan dari orang tua pasti sudah tentu menginginkan anaknya tumbuh dengan baik dan selalu berada di jalan yang benar. Akan tetapi kondisi dan berbagai perubahan yang dapat terjadi di lingkungan sekitar bisa membawa dampak buruk di saat dalam proses tumbuh dan berkembang. Seiring berjalannya perkembangan kehidupan bermasyarakat, anak yang sedang dalam usia dini mau tidak mau harus menghadapi berbagai macam kondisi yang sangat berbahaya, misalnya saja seperti sering diejek-ejek sama teman sekolahnya, pengaruh lingkungan atau pergaulan bebas, dan juga pelecehan seksual yang bisa terjadi di lingkungan mereka.

Untuk Menghadapi kondisi seperti itu, orang tua tentu tidak bisa terus-terusan mengawasi anak dalam jangka waktu 24 jam setiap harinya. Pasti orang tua juga memiliki kesibukan lainnya yang mesti dikerjakan. Seorang anak usia dini sangatlah membutuhkan kemampuan khusus agar dapat tidak mudah terjerumus ke jalan yang tidak diinginkan. Kemampuan ini adalah kemampuan resiliensi atau kemampuan seorang anak usia dini yang dapat mengatasi masalah seperti rasa kecewa, rasa malas-malasan, trauma yang pernah dialami, dan juga berbagai masalah tantangan hidup lainnya. Kemampuan atau resiliensi anak usia dini untuk menghadapi berbagai masalah tantangan hidup tidak bisa tumbuh dengan sendirinya, akan tetapi perlu di didik atau dibantu langsung oleh orang tuanya. Jikalau anak usia dini tidak dapat pengarahan atau bantuan dari orang tuanya, dapat menyebabkan kesulitan dalam membentuk sikap resiliensi.

Pasti semua orang tua sangatlah mencintai anak-anaknya, akan tetapi biasanya sebagian orang tua di dalam membantu anaknya memecahkan sebuah masalah selalu dia yang kerjakan, sehingga kemampuan perkembangan anak menjadi terhambat. Misalkan saja ketika seorang anak usia dini sedang berusaha mengerjakan hal baru tetapi dia merasa gagal dan sudah putus asa, disitulah peran orang tua yang tepat untuk membantu dan menumbuhkan sikap resiliensi dan memberikan dukungan untuk terus maju melangka dan tetap semangat. Berdasarkan contoh kasus diatas, maka penting bagi setiap orang tua untuk memahami tugas dan perannya dalam mendidik anaknya.

 

Referensi :

Novianti, R. (2018). Orang tua sebagai pemeran utama dalam menumbuhkan resiliensi anak. Jurnal Educhild: Pendidikan Dan Sosial7(1), 26-33.

0 komentar:

Posting Komentar