21.10.23

Esai 2 : Meringkas Jurnal Motivasi ( Rizki Ika Rahmawati / 23310420054 )

 


Nama                            :    Rizki Ika Rahmawati

NIM                              :    23310420054

Kelas                             :    A1

Mata Kuliah                  :    Psikologi Inovasi

Tugas                            :    Esai 2 ( Meringkas Jurnal Motivasi )

Dosen Pengampu         :    Dr., Dra. Arundati Shinta, M.A

 

PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA

 

Topik

Motivasi belajar, lingkungan keluarga, dan hasil belajar.

Sumber

Joko, Nugraha, D. & Restiawati. (2023). Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pena Edukasi. 10(1), April 2023, 27-34.

Permasalahan

Pendidikan merupakan hal penting dalam kehidupan manusia. Terwujudnya mutu pendidikan, dapat terlihat dari keberhasilan dalam capaian hasil belajar. Faktor yang menjadi penentu dalam capaian hasil belajar yaitu motivasi. Motivasi terbagi menjadi dua, yaitu motivasi internal dan motivasi eksternal, selain itu pengaruh lingkungan keluarga juga menaruh andil dalam proses pendidikan.

Permasalahan terhadap motivasi dan iklim lingkungan keluarga mahasiswa harus menjadi perhatian bersama. Dengan memperhatikan motivasi dan memberikan iklim lingkungan keluarga yang positif bagi mahasiswa, diharapkan mahasiswa dapat meraih keberhasilan dalam proses akademiknya.

Tujuan Penelitian

Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar mahasiswa.

Isi

Motivasi dan lingkungan keluarga memiliki peran yang penting dalam peningkatan capaian belajar. Motivasi merupakan dorongan untuk mencapai tujuan belajarnya. Lingkungan keluarga adalah lingkungan di rumah yang mempengaruhi perkembangan dan pembelajaran mahasiswa. Keluarga yang suportif dapat memberikan dorongan positif kepada mahasiswa untuk belajar dan mencapai tujuan akademiknya. Mendapatkan dukungan, penghargaan dan pengakuan atas hasil belajar dapat meningkatkan motivasi pada mahasiswa.

Metode

Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Hal ini berguna untuk mengetahui hubungan pengaruh terhadap variabel yang diukur.

Subjek dalam penelitian yaitu 125 mahasiswa STKIP PGRI Sukabumi. Dari dua program studi yaitu program studi Pendidikan Ekonomi-Akuntansi dan program studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

Metode pengambilan data, yaitu menggunakan kuisioner dengan skala likert. Pengukuran validitas dan reliabilitas instrument, peneliti menggunakan SPSS 23. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti, yaitu menggunakan analisis regresi linear berganda dengan uji t, uji F, dan koefisien determinasi.

Hasil

Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar mahasiswa, diperoleh nilai Sig. untuk motivasi belajar (X1) terhadap hasil belajar (Y), sebesar 0,00 < 0,05 dan nilai t hitung = 8,252 > t tabel = 1,0979. Dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar berpengaruh signifikan dan positif terhadap hasil belajar mahasiswa.

Pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar mahasiswa, diperoleh nilai Sig. untuk (X1) terhadap hasil (Y), sebesar 0,005 < 0,05 dan nilai t hitung = 2,864 > t tabel = 1,0979. Dapat disimpulkan bahwa lingkungan keluarga berpengaruh signifikan dan positif terhadap hasil belajar mahasiswa.

Pengaruh motivasi belajar dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar mahasiswa, diperoleh nilai sig. (X1) dan (X2) secara simultan terhadap (Y) adalah 0,000 < 0,05 dan F hitung = 123,820 > F tabel 3,06. Dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar dan lingkungan keluarga berpengaruh signifikan dan positif secara simultan terhadap hasil belajar mahasiswa.

Diskusi

Motivasi dan lingkungan keluarga berperan penting dalam meningkatkan capaian belajar mahasiswa. Motivasi sebagai dorongan internal, sedangkan lingkungan keluarga sebagai dorongan eksternal. Kombinasi antara motivasi yang tinggi dan dukungan dari lingkungan keluarga yang positif, dapat berkontribusi terhadap percapaian belajar yang maksimal.

0 komentar:

Posting Komentar