21.10.23

Esai 1 : Meringkas Film Motivasi ( Rizki Ika Rahmawati / 23310420054 )


Nama                            :    Rizki Ika Rahmawati

NIM                              :    23310420054

Kelas                             :    A1

Mata Kuliah                  :    Psikologi Inovasi

Tugas                            :    Esai 1 - Meringkas Film Tentang Motivasi

Dosen Pengampu          :    Dr., Dra. Arundati Shinta, M.A

 

THE BLIND SIDE 

Topik

    Untuk meraih sebuah kesuksesan, setiap manusia harus melalui perjuangan yang tidak mudah. Adanya sebuah penerimaan dan kesempatan, tentu akan sangat berarti bagi seorang individu yang ingin bertumbuh dan berkembang untuk dapat menjadi manusia yang berdaya dimasa depan kelak.

Sumber

·      The Blind Side

·      2:13:33

·      https://www.bilibili.tv/id/video/4787133618461184

Ringkasan

The Blind Side adalah film dari Amerika yang dirilis pada tahun 2009, yang diangkat dari sebuah kisah nyata. Film ini mengisahkan tentang kehidupan Michael Oher, seorang anak yatim piatu yang kemudian berhasil menjadi seorang pemain football Amerika yang hebat.

Awal kisah dimulai, ketika Leigh Anne Touhy, seorang wanita kaya dan berjiwa sosial bertemu dengan Michael, ketika melihatnya berjalan sendirian di malam yang dingin. Tanpa ragu, Leigh Anne membawa Michael ke rumahnya dan memberikan tempat tinggal untuknya Leigh Anne dan keluarganya akhirnya memutuskan untuk mengadopsi Michael.

Leigh Anne dan keluarganya berjuang untuk membantu Michael menemukan tempatnya dalam keluarga, sekolah, dan tim football. Kemudian, Michael bertemu dengan pelatih football yang melihat potensi luar biasanya dalam olahraga football. Pelatih ini membantu Michael mengasah bakat football dan mencetaknya menjadi salah satu pemain bertahan yang paling menonjol di negara itu.

Selama proses ini, Michael menghadapi berbagai rintangan. Michael harus mengatasi tantangan pendidikan, serta perpecahan sosial dan rasial yang terjadi di masyarakat. Namun, dengan dukungan keluarga dan tim football, Michael belajar untuk dapat menghadapi semua hambatan ini dan terus berjuang untuk mencapai kesuksesan yang dicita-citakannya.

Permasalahan

Masa remaja merupakan masa untuk dapat menemukan dan membentuk jati diri. Interaksi keluarga dalam proses reformulasi jati diri, menjadi hal yang sangat penting bagi seorang remaja. Adanya dukungan, penerimaan, dan lingkungan yang positif, dapat membantu seorang remaja untuk dapat menemukan potensi yang ada dalam dirinya, sehingga remaja tersebut dapat meraih kesuksesan dimasa depan.

Permasalahan remaja yang masih kerap terjadi, yaitu buruknya interaksi antara orangtua dengan remaja, sehingga dapat memunculkan hambatan dalam perkembangan remaja, salah satunya, yaitu remaja mengalami kesulitan dalam proses adaptasi di lingkungan barunya, yang menyebabkan remaja tersebut mengalami kesulitan dalam mengaktualisasikan diri.

Opini Saya

Film The Blind Side, mengajarkan beberapa hal yang penting dalam kehidupan, yaitu :

1. Rasa empati : Film ini mengajarkan pentingnya untuk peduli dan memberikan bantuan kepada seseorang yang membutuhkan.

2. Tidak menghakimi : Film ini mengajakan bahwa kita tidak boleh menilai seseorang dari penampilan luarnya saja dan latar belakang seseorang tersebut.

3. Pentingnya keluarga : Film ini mengajarkan bahwa keluarga merupakan landasan penting dalam kehidupan manusia.

4. Memberikan dukungan : Film ini mengajarkan kita untuk dapat memberikan dukungan atau bantuan kepada mereka yang ingin meraih kesuksesan.

5. Problem solving : Film ini mengajarkan bahwa dalam kehidupan tidak selalu mudah, tetapi penting bagi setiap individu untuk dapat bertahan dan mengatasi kesulitan dalam kehidupan tersebut.

6. Bersikap adil : Film ini mengajarkan bahwa pentingya dalam memberikan kesempatan yang adil bagi semua orang, tanpa memandang ras, latar belakang, atau status sosial.

0 komentar:

Posting Komentar