15.10.23

Essay 2 : Meringkas Jurnal Motivasi

 Psikologi Inovasi

Tugas 2 (Meringkas Jurnal Motivasi) 

Rhicard Geovadri Layarda (21310410002)

Dosen pengampu: Dr. Arundati Shinta, M.A.

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


Topik

Pengaruh motivasi kerja dan penempatan karyawan terhadap kepuasan kerja dan kinerja karyawan (Studi analis kredit PT.BPD bali cababng utama denpasar)

Sumber

Karmita, B.S, Supartha, G.W.I, Priantini, S,P (2015). Pengaruh motivasi kerja dan penempatan karyawan terhadap kepuasan kerja dan kinerja karyawan. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana 4.12 , 947-974

Permasalahan

Perfoma dan kinerja karyawan ketika ditempatkan di bidang analis kredit

Tujuan Penelitian

Menganalisa pengaruh motivasi kerja dan penempatan karyawan terhadap kepuasan kerja karyawan dan kinerja karyawan

Isi

PT. Bank BPD Bali Cabang Utama Denpasar , menghadapi masalah motivasi kerja, penempatan karyawan, kepuasan kerja dan kinerja hingga. Bila dilihat dari satu kantor cabang dan 7 kantor cabang pembantu, bahwa ditemukan penempatan karyawan yang terkadang tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan. Berdasarkan temuan awal seperti diatas maka peneliti mencoba untuk menguji apakah terdapat pengaruh motivasi terhadap kepuasan kerja, terdapat pengaruh motivasi terhadap kinerja, pengaruh penempatan karyawan terhadap kepuasan kerja, hubungan penempatan karyawan terhadap kinerja dan yang terakhir hubungan antara kepuasan kerja terhadap kinerja. Berdasarkan fakta yang ditemukan dalam organisasi, masalah penelitian dirumuskan sebagai berikut.

 

Motivasi

Menurut Siagian (2002:102), motivasi adalah daya dorong bagi seseorang untuk memberikan kontribusi yang sebesar mungkin demi keberhasilan organisasi mencapai tujuannya. Menurut Chaudhary, et al (2012) motivasi adalah tentang antusiasme intrinsik karyawan serta dorongan untuk mencapai kegiatan yang berhubungan dengan bekerja.

Kinerja

Simamora (2006:339) menyatakan bahwa kinerja (performance) mengacu pada kadar pencapaian tugas–tugas yang membentuk sebuah pekerjaan karyawan.

 

Penempatan karyawan dan Kepuasan kerja

Menurut Schuler dan Jackson (1997:227) penempatan (placement) berkaitan dengan pencocokan jabatan seseorang yang dipegangnya, berdasarkan pada kebutuhan jabatan dan pengetahuan, ketrampilan, kemampuan, prefensi dan kepribadian karyawan tersebut. Seleksi dan penempatan yang efektif meliputi pencarian kesesuaian anatara kebutuhan organisasi atau perusahaan untuk mendapatkan karyawan yang memenuhi syarat, serta kebutuhan calon karyawan akan pekerjaan yang diinginkannya.

 

Sedangkan kepuasan kerja menurut Hasibuan (2009:202) mengemukakan bahwa kepuasan kerja (job satisfaction) adalah sikap emosional yang menyenangkan dan mencintai pekerjaannya. Sikap ini dicerminkan oleh moral kerja kedisiplinan dan prestasi kerja. Kepuasan kerja dalam pekerjaan merupakan kepuasan kerja yang dinikmati dalam pekerjaan dengan memperoleh hasil pujian hasil kerja, penempatan, perlakuan, peralatan dan suasana lingkungan kerja yang baik

Metode

Metode penelitian yang digunakan adalah Teknik Proportional Stratified Random Sampling dan mengunakan rumus Slovin yang memerlukan minimal 36 orang partisipan ( observasi,wawancara,kuisioner)

Hasil

Dari hasil yang diberikan adalah perlunya sebuah perusahaan memperhatikan beberapa poin yaitu

·         Penempatan karyawan harus dilihat dari minat dan bakat apakah yang bersangkutan cocok dan minat di bidang analis kredit ( jika tidak cocok akan  memprngaruhi kinerja karyawan )

·         Manajemen disarankan juga memperhatikan proses perkembangan karyawan di bidang tersebut

·         Hubungan relasi antara karyawan dan pelangan juga diperhatikan

·         Penempatan karyawan berpengaruh positif terhadap kinerja karywan

Diskusi

Penelitian terbatas dikarenakan hanyan di lingkup analis kredit, kedepannya mungkin bisa melakukan perluasan lingkup seluruh bagian PT.BPD bali kantor cabang utama denpasar

 



0 komentar:

Posting Komentar