30.10.23

Berperilaku Inovatif


Psikologi Inovasi

Membuat Tempat dari Botol Plastik  dan Sedotan Plastik

Essay 4

Dosen : Dr.Dra.Arundati Shinta, MA

Lodia Etding/21310410013

Fakultas psikologi Universitas proklamasi 45 Yogyakarta



 Sampah dan limbah merupakan masalah yang sering terjadi di Indonesia. Masalah tersebut disebabkan oleh pertumbuhan penduduk yang pesat, yaitu pada 2022 jumlahnya mencapai 273,87 juta orang. Selain itu, pertumbuhan ekonomi dan peningkatan pendapatan rumah tangga menyebabkan semakin beranekaragam pola dan jenis konsumsi masyarakat yang berdampak pada peningkatan jumlah, jenis, dan karakteristik sampah, serta timbulan sampah.


Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyebutkan bahwa timbulan sampah di Indonesia mencapai 17,7 juta ton per tahun. Komposisi sampah nasional didominasi oleh sampah sisa makanan 26,9%, sampah plastik 15,1%, kayu/ranting/daun 12,7%, sampah kertas 11,9%, dan sampah lainnya 8,3%. Sementara itu, sumber utama sampah nasional yaitu 40,6% berasal dari kegiatan rumah tangga.

Plastik juga mudah terbakar, sehingga dapat mengakibatkan ancaman terjadinya kebakaran pun semakin meningkat. Mengingat seriusnya pencemaran sampah plastik akibat pengelolaan yang kurang baik, hal ini menuntut semua kalangan untuk turut ikut serta berperan aktif. Berbagai cara dapat dilakukan untuk membantu dalam mengurangi masalah pencemaran sampah yang terjadi di Indonesia, yaitu dengan melakukan kegiatan 3R (Reuse, Reduce, Recycle).

Melalui tugas Psikologi inovatif ini saya berinovasi untuk melakukan Recycle sampah plastik yang saya hasilkan dikos yang awalnya botol plastik dan sedotan yang sudah tidak bernilai saya manfaatkan untuk buat menjadi sesuatu yang ada nilai jual nya dan bisa bermanfaat kembali , saya memiliki ide untuk mendesain tempat benang dan memudahkan pengguna saat mereka memasukan benaang kedalam jarum dengan mudah, namun kendala yang saya alami ketika membuat nya adalah saya tidak memiliki alat yang lengkap untuk mendesain lebih bagus, sehingga kelihatan nya tidak begitu menarik, namun ketika saya menjekaskan kepada teman kos saya bagaimana cara menggunakan nya dan teman saya tertarik untuk membelinya namun saya tidak menjual karena menurut saya inovasi yang saya buat kurang menarik sehingga saya memberikan kepada teman saya dengan cuma-cuma tanpa menjual dan bahkan saya tidak menjual di media sosial manapun.


  https://news.detik.com/kolom/d-6115996/inovasi-pengelolaan-sampah-plastik. "Inovasi Pengelolaan Sampah Plastik"

0 komentar:

Posting Komentar