11.10.23

BERPERILAKU INOVATIF “PEMANFAATAN TUTUP BOTOL MENJADI TEMPAT PENSIL”

 


BERPERILAKU INOVATIF  “PEMANFAATAN TUTUP BOTOL MENJADI TEMPAT PENSIL”


PSIKOLOGI INOVASI (Essay 4)

Semester Ganjil T.A 2023/2024

Oleh :

Alita Dwi Nur’Aini (21310410080)

Kelas A (Reguler)

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

Dosen Pengampu:

Dr. Arundati Shinta, M.A.

 

Sampah merupakan masalah klasik bagi semua orang. Masyarakat tidak akan pernah lepas dari masalah sampah, Seiring dengan pertumbuhan pendudukan limbah/sampah yang dihasilkan manusia terus meningkat selaras dengan kebutuhan konsumsi manusia. Kontribusi yang besar dari peningkatan jumlah sampah adalah adanya perubahan gaya hidup. Belum lagi sampah yang ditinggalkan oleh penduhulu sebelumnya. Biaya operasional pengolahan sampah yang tinggi turut memperberat permasalahan sampah sehingga pengolahannya menjadi tidak mudah (Asidigisianti S Patria, Mutmainah, & Ratyaningrum, 2010).  Timbunan sampah setiap tahun meningkat antara 2-4% tetapi sarana dan prasarana tidak tersedia secara memadai. Hal ini berdampak pada peningkatan pencemaran lingkungan. Selama ini pola pengelolaan sampah menggunakan sistem kumpul-angkut-buang sehingga memberikan beban berat pada lokasi TPA (Tempat Pembuangan Akhir). Sampah menumpuk di lokasi TPA tanpa adanya pengolahan sampah yang memadai.

Di tengah minimnya kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan, praktik daur ulang menjadi suatu langkah yang semakin ditekankan. Salah satu upaya yang dapat saya lakukan adalah dengan memanfaatkan limbah plastik, seperti botol bekas air mineral, sebagai bahan dasar untuk menciptakan barang-barang berguna. Salah satu ide kreatif yang dapat diwujudkan adalah membuat tempat pensil dari tutup botol bekas air mineral. Tidak hanya meminimalkan sampah plastik, tetapi juga menghasilkan produk fungsional dengan sentuhan unik.

Berikut adalah daftar alat dan bahan yang dapat Anda gunakan:

Alat:

  1. Gunting atau Pisau Cutter
  2. Lem Plastik atau Perekat Kuat

Bahan:

  1. Tutup botol Bekas Air Mineral

Berikut adalah langkah-langkah umum untuk membuat tempat pensil dari tutup botol bekas air mineral:

1. Persiapan Bahan dan Alat:

  • Kumpulkan botol bekas air mineral dan pisahkan tutupnya.
  • Pastikan semua bahan dan alat yang diperlukan sudah siap.

5. Penggabungan Bagian-Bagian:

  • Tempelkan atau satukan bagian yang telah dihias dengan lem plastik atau perekat kuat. Pastikan bagian-bagian tersebut melekat dengan baik.

6. Pembersihan dan Finishing:

  • Bersihkan tempat pensil dari sisa-sisa cat atau debu yang mungkin muncul selama proses pembuatan.


Dalam mengambil langkah sederhana seperti memanfaatkan tutup botol bekas air mineral untuk menciptakan tempat pensil, hal tersebut telah membuktikan bahwa kreativitas bisa menjadi kekuatan untuk mengatasi tantangan lingkungan. Dari sekadar limbah plastik,  mampu menghasilkan sesuatu yang bermanfaat dan estetis. Sehingga produk yang di ciptakan juga dapat memiliki nilai jual.

Link shopee : https://shope.ee/2q326R1IzC

Referensi

Anggalih, N. N., Patria, A. S., Kristiana, N., Mutmainah, S., & Aryanto, H. (2022). Pelatihan Kerajinan dari Sampah Botol Plastik untuk Meningkatkan Ketrampilan Remaja di Pelemwatu Menganti Gresik. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat4(2), 620-628.

 

0 komentar:

Posting Komentar