10.10.23

BERPERILAKU INOVATIF "MEMBUAT RAK MAKE UP MEMANFAATKAN BARANG BEKAS"

BERPERILAKU INOVATIF "MEMBUAT RAK MAKE UP MEMANFAATKAN BARANG BEKAS"

ESSAY 4 PSIKOLOGI INOVASI

OLEH: ARYA APOLONIO

NIM: 21310410109

KELAS SJ/ SEMESTER 5

DOSEN PENGAMPU: Dr. Dra. ARUNDANTI SHINTA, MA.

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA



    Dalam dunia perkuliahan mahasiswa dituntut untuk memiliki kepribadian yang baik dan berakhlak mulia tidak hanya itu mahasiswa juga harus mampu berkreatifitas dan berinovasi akan segala aspek yang menyangkut kehidupan. Sama halnya dengan mata kuliah psikologi inovasi, mahasiswa dihrapkan mampu menjadi individu yang memiliki value tinggi demi tercapainya pendidikan yang baik.  Pada tugas matq kuliah psikologi inovasi para mahasiswa diminta untuk membuat sebuah inovasi dari barang bekas yang kemudian produk tersebut dipasarkan diflatform ecommers yang ada di Indonesia. Saya sendiri dalam menjalankan tugas ini berusaha menciptakan sebuah produk dari barang bemas yang bernilai jual dan memiliki fungsi layak pakai. Tentunya produk yang dibuat menerapkan prisnip pengklahan sampah 3r yaitu, Reduce, Reuse, Recycle” merupakan maksud penanganan sampah yang terdiri dari tiga aspek pengolahan yaitu, “mengurangi”, “menggunakan ulang” dan “mendaur ulang” sampah menjadi sebuah barang yang dapat digunakan kembali.

    Rak yang saya buat ini berbahan dasar kardus. Adapun alasan pemilihan bahan adalah, saya melihat banyaknya tumpukan kardus bekas dikos yang saya sendiri tidak tahu itu milik siapa hingga muncul sebuah ide untuk berinovasi menciptakan sebuah benda layak pakai dari kardus bekas tersebut. Kardus juga bahan yang cukup kuat untuk dijadikan rak tentunya dengan metode pengolahan yang tepat. Alat dan bahan yang saya siapkan dalam proses pembuatan rak ini adalah, gunting, cutter/pisau, lem kertas, lem korea, pilok sisa, dan tentunya kardus sebagai bahan utama.

    Setelah semua alat dan bahan sudah siap satu-persatu bahan dapat di bentuk sesuai bentuk yang di perlukan apabila kebingungan dapat melihat video tutorial di youtube. Pastikan semua terbentuk dan disatukan dengan lem sebaik mungkin agar hasil dari pengolahan barang bekas ini mndapatkan hasil yang memuaskan. Selesai semuanya dibentuk dan disatukan rak dapat diwarnai dengan pilok hitam agar rak terlihat lebih bagus. Warani secara merata kemudian rak yang sudah diwarnai dapat dikeringkan terlebih dahulu hingga kering. Setelah rak benar-benar kering foto dan upload ke platform ecommers, saya sendiri memasarkan ditoko orange karena terbiasa menggunakan aplikasi tersebut. Dengan demikin proses penerapan 3R berjalan sesuai fungsi, harapan dengan terciptanya produk ini agar mampu menambah minat dan wawasan diri sendiri untuk lebih sadar bertapa pentingnya menjaga kelestarian lingkungan agar terciptanya bumi hijau dan bumi yang sehat.


0 komentar:

Posting Komentar