10.10.23

BERPERILAKU INOVATIF : MEMBUAT PRODUK INOVATIF DARI BARANG BEKAS

 


ESSAY 4 PSIKOLOGI INOVASI

BERPERILAKU INOVATIF : MEMBUAT PRODUK INOVATIF DARI BARANG BEKAS

Dosen Pengampu : Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA, MA

Oleh :

Alwiyah Dwi Pratiwi (21310410034)

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 

Membuat Vas Bunga Dari Botol Plastik Bekas 

Sampah plastik merupakan salah satu jenis sampah yang memberikan ancaman serius terhadap lingkungan hidup karena selain jumlahnya yang semakin meningkat, plastik merupakan salah satu jenis sampah yang sulit terurai oleh proses alami (non-biodegradable) dan merupakan salah satu pencemar xenobiotik (pencemar yang tidak dikenali oleh sistem biologis di lingkungan sehingga menyebabkan penumpukan senyawa kontaminan di alam).

Beberapa dampak buruk yang dapat ditimbulkan oleh sampah plastik yaitu, sampah plastik yang dibakar di luar ruangan (pembakaran terbuka) dapat menimbulkan pencemaran udara dan dapat menyebabkan  penyakit kanker. Dalam dosis yang lebih tinggi, bahan ini dapat menyebabkan kondisi kulit serius yang disebut “chloracne”. Sampah plastik juga dapat mencemari sungai, sistem irigasi, sungai, danau, pantai, dan tanah. Sampah plastik dalam jumlah tertentu juga terbukti dapat menyumbat saluran atau sungai sehingga berpotensi menimbulkan banjir.

Oleh karena itu, salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi sampah plastik adalah dengan melakukan daur ulang dengan membuatnya menjadi produk inovatif. Selain mengurangi sampah plastik, produk tersebut juga dapat diperjualbelikan sehingga dapat menjadi barang yang berharga dan bermanfaat.

Berdasarkan hal tersebut saya telah mencoba untuk membuat sebuah produk dari sampah botol plastik bekas menjadi barang yang berdaya guna yaitu dengan membuatnya menjadi vas bunga. Mungkin membuat vas bunga dari botol plastik bekas sudah menjadi hal yang umum dilakukan oleh sebagian orang, namun jika bisa membuatnya dengan memadukan kreativitas yang kita miliki maka barang tersebut akan lebih bagus dan meningkatkan nilai jual. Alat dan bahan yang diperlukan juga cukup mudah untuk ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Bahan-bahan yang dibutuhkan yaitu botol plastik bekas, tali rami, gunting, dan lem perekat.

Setelah membuat dan menghias vas bunga dari botol bekas tersebut kemudian produk inovatif tersebut dipromosikan dan dipasarkan melalui media sosial sebagai produk yang memiliki nilai jual. Selain itu, produk vas bunga dari botol bekas tersebut juga dapat dimanfaatkan sebagai dekorasi, menambah estetika ruangan, serta mengurangi jumlah sampah plastik.

Link penjualan produk : https://instagram.com/bflowervase._?igshid=MzRlODBiNWFlZA==


Referensi :

Ditjen PPKL-KEMENLHK. 2018.Mengurangi Penggunaan Tas Belanja Plastik Sekali Pakai. Diakses pada 10 Oktober 2023, dari https://cc.bingj.com/cache.aspx?q=proses+alami+(non-biodegradable)+dan+merupakan+salah+satu+pencemar+xenobiotik&d=4582691755210704&mkt=en-ID&setlang=en-US&w=0NuN4zy_iuwj98DgDkRUi6ITkpc3TrgC

 


0 komentar:

Posting Komentar