21.9.23

MERINGKAS FILM YOUTUBE THE PURSUIT OF HAPPYNESS

 

ESSAI 1 MERINGKAS FILM

PSIKOLOGI INOVASI

Dosen Pengampu : Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA MA

Nama : Deriska Indah Asokawati

Nim : 21310410010

Prodi : Psikologi SJ







 

Topik

Perjuangan seorang ayah dan suami untuk menghidupi keluarganya. Apapun akan ayah lakukan untuk memberikan kehidupan yang lebih baik untuk keluarganya.

Sumber

The Pursuit of Happyness | Full Movie | Will Smith & Thandiwe Newton | 2:06:33

https://youtu.be/Q52ru_LGlH0?si=IiAEHJuA1YLFSYXy

Ringkasan

·         Crish Gardner tumbuh tanpa sesosok ayah yang mendampinginya sehingga dia tidak pernah merasakan kasih sayang dari seorang ayah. Hal itu menyebabkan Crish mempunyai pemikiran bahwa ketika suatu saat nanti dia memiliki anak, anak dia harus tahu siapa ayahnya. Dengan kata lain Crish ingin selalu ada disamping anaknya, sehingga anaknya akan selalu mengingat bahwa Crish adalah ayahnya.

·         Crish hidup bersama Linda istinya dan Cristoper anaknya. Mereka hidup denga serba kekurangan. Pekerjaan Crish adalah berkeliling untuk menjual kotak mesin pemindai kepadatan tulang. Crish setiap hari harus memutari kota untuk menjual mesin itu. Sedangkan Linda hanya staff rumah sakit biasa yang pendapatannya juga hanya sedikit.

·         Banyak sekali masalah yang menimpa Crish, seperti Crish mendapatkan surat tilang karena tidak sengaja parkir sembarangan, kotak mesin yang berharga beberapa kali dibawa kabur oleh orang, Crish berkali-kali diusir dari rumah sewanya karena tidak bisa membayar yang mengharuskan dia untuk bermalam distasuin kereta bersama anaknya sampai Crish menemukan Gedung yang disewakan untuk tunawisma walaupun Crish harus mengantri dan berebut bersama para ratusan tunawisma lainnya karena tempatnya hanya terbatas, bahkan Linda juga pergi meninggalkan Crish. Disaat Linda pergi meninggalkan Crish sendiri Crish berusaha untuk mendapatkan anaknya Kembali. Crish hanya ingin anaknya bersamanya terus sampai kapanpun.

·         Crish sempat bertemu dengan temannya yang bekerja menjadi pialang saham disebuah perusahaan. Crish tertarik dengan pekerjaan itu, karena yang ada dibayangan Crish adalah semua orang bahagia ketika bekerja disana dan Crish merasa bahwa dia bisa melakukan pekerjaan tersebut karena Crish merupakan siswa yang pintar sewaktu sekolah.

·         Dia mencoba untuk melamar pekerjaan diperusahaan tersebut, namun karena Pendidikan Crish tidak begitu tinggi jadi hanya ada 1 pekerjaan yang mungkin bisa dia masuki.

·         Crish benar-benar berusaha sekuat tenaga untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Walaupun Crish sempat diremehkan oleh atasannya karena pakaian Crish yang mungikn tidak sebagus yang lainnya.

·         Usaha dan air mata Crish yang jatuh disetiap harinya membuahkan hasil yang sangat memuaskan. Cris diterima bekerja diperusahaan tersebut. Setelah pejuangan yang sangat-sangat panjang dikehidupan Crish akhirnya mendapatkan kebahagiaan yang dia bayangkan. Crish bahkan bisa membuat perusahaannya sendiri yang melayani jasa keuangan yang diberi nama Gardner Rich.

Permasalahan

Kesulitan ekonomi yang membuat Crish harus selalu memutar otak untuk mendapatkan uang disetiap harinya. Crish hanya bisa mengandalkan dirinya sendiri karena tidak ada yang mendukungnya sama sekali hanya anaknya lah yang menjadi penyemangat hidup untuk Crish.

Opini saya

·         Dalam film tersebut ada sebuah kutipan dari Crish yang menurut saya bagus untuk dijadikan motivasi. “ Jangan biarkan orang lain untuk mengatakan kepadamu bahwa kau tidak bisa melakukan apapun. Jika kau punya impiam kau harus menjaganya dan jika kau menginginkan sesuatu gapailah itu”

·         Menurut saya, kita tidak perlu memikirkan apa yang orang lain katankan diluar sana karena mereka akan terus menjatuhkan kita agar kita tidak bisa melampauinya. Teruslah fokus terhadap apa yang menajadi impian anda, kerja keraslah untuk menggapainya karena hasil tidak akan menghianati proses walaupun memerlukan waktu yang lebih lama pasti tetap akan indah pada waktunya.

 

 

0 komentar:

Posting Komentar