16.9.23

 

MERINGKAS FILM YOUTUBE

KISAH TIGA IMIGRAN YANG SUKSES MENJADI PEMAIN NBA (National Basketball Association)

Mata Kuliah: Psikologi Inovasi

Tugas: Meringkas Film dari Youtube (Essay 1)

Dosen Pengampu: Dr. Dra. Arundhati Shinta, MA

Di susun oleh: Elfa Hidayaturrohmah (21310410032)

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45

Yogyakarta



Topik

Sikap pantang menyerah yang harus di terapkan

Sumber

Rise| Full Persion Drama Movie | True Story

Durasi: 1.42.56

https://youtu.be/CUAMV-ADiv4?si=7kKICR04W0WgrSsB

Ringkasan

Film ini diambil dari kisah nyata keluarga Antetokounmpo dimana terdapat tiga bersaudara yang menjadi juara NBA (National Basketball Association). Keluarga tersebut merupakan imigran dari Negara Nigreria yang tinggal di Negara Yunani. Dimana keluarga ini berjuang untuk menjadi warga Negara Yunani, mereka juga pernah harus hidup tidak tenang karena dikejar bayang-bayang deportasi/pemulangan.

Saat mereka berjalan menuju Turki bertemu pihak imigrasi untuk di usir namun mereka berhasil lolos  dan langsung melarikan diri sampai kesesokan harinya mereka menaiki bus untuk menuju Yunani. Dalam kondiri Veronika (istri) hamil besar yang sedang berjualan dengan anaknya (Thanasis ), tidak lama kemudian Veronika mengalami kontrasi dan langsung dilarikan ke rumah sakit dan melahirkan anak ketiga (Giannis). Lalu Charles (ayah) berencana ingin membuatkan kartu identitas tetapi tidak bisa karena berkasnya tidak cukup dan harus memiliki pekerjaan dan gaji tetap. Waktu terus berjalan hingga anak-anaknya tumbuh besar hingga bisa membantu kedua orang tuanya berjualan pernak pernik.

Thanansis dan adiknya awal mulanya menyukai olahraga sepakbola, namun saat mereka beristirahat sembari menonton segerombolan remaja yang sedang bermain basket dan berujung ikut bermain. Hingga pada akhinya mereka mulai menyukai basket, dan sering menonton pertandingan basker di televisi hingga larut malam. Lalu di beberapa hari selanjutnya mereka di ajak bermain dengan para remaja tersebut untuk bermain dan ibunya mengizinkan kedua anaknya untuk berlatih Bersama. Dari hasil kerja keras Thanasis mendapatkan kontrak untuk join di klub basket, namun hak itu tidak bisa berlanjut karena keluarga mereka adalah imigrasi.

Namun di suatu hari mereka di undang untuk pergi ke filathlitikos untukmenggunakan gym secara geratis lalu mereka bertemu dengan coach Takis Zivas yang melihat potensi dari keduannya. Pada tahun 2007 Thanasis menjadi pemain bintang dan Giannis telah bisa naik melenjat.

Opini

Dalam film ini terdapat satu poin penting dalam sebuah kehidupan yaitu pantang menyera, sikap tersebut perlu di tiru ialah tetap berlatih tetap berjuang meski perjuangan kita belum tercapai, dalam kesuksesan itu perlu sekali tahan dalam segala bentuk terjangan yang meghalang.

 

 

0 komentar:

Posting Komentar