16.9.23

KISAH PENDIRI PERUSAHAAN APPLE YANG LUAR BIASA

MERINGKAS FILM YOUTUBE dalam BAHASA INGGRIS

JOBS (2013) – ASTON KUTCHER

Essay 1 Psikologi Inovasi

Dosen Pengampu        : Dr. Dra. Arundati Shinta, MA

Disusun Oleh              : Pin Gunita Sarasih (21310410074)

Kelas                           : Karyawan SJ

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta



Topik

Perjalanan kisah Jobs atau Steven Paul Jobs dari awal memulai bisnis Apple yang terkenal hingga sekarang.

Sumber

Jobs (2013) motivational movie – 02:08:14 Ashton Kutcher

https://youtu.be/1uG4SJyAKCE?si=edtEFabu8obWgpX7

Ringkasan

Jobs adalah sebuah film tentang perjalanan seorang tokoh terkenal yang sekaligus memotivasi dari Amerika Serikat, yaitu Steve Jobs pendiri perusahaan Apple. Film ini disutradarai oleh Joshua Michael Stern dan aktor yang memerankan Jobs adalah Ashton Kutcher. Kisah ini bermula dari seorang Jobs muda yang menempuh pendidikan di Red College namun terkena Drop Out karena tidak dapat membiayai pendidikannya. Steve Jobs yang lahir di California, amerika Serikat pada tanggal 24 Februari 1955.


Jobs memiliki teman bernama Wozniak saat menempuh pendidikan. Jobs dan Wozniak bekerja di atari Inc., sebuah perusahaan pembuat mainan komputer yang terkenal dengan jabatan perancang permainan. Motivasinya saat itu adalah mengumpulkan uang untuk melakukan perjalanan spiritual ke India. Sekembalinya sari Indoia, Jobs menjadi seorang Buddhist dengan rambut gundul dan mengenakan pakaian biksu.


Diketahui Jobs mendirikan sebuah Apple Computer Co pertama kali disebuah garasi milik ayahnya pada tahun 1976. Jobs yang saat itu masih berusia 21 tahun dan Wozniak berusia 26 tahun memperkenalkan komputer buatan mereka dan diberi nama Apple I. Di tahun 1977, mereka kembali memperkenalkan Apple II yang menjadi sukses besar di pasaran rumah tangga dan memberi pengaruh besar di industri komputer pribadi dengan usia yang masih muda. Kemudia pada tahun 1980, Apple Computer mencatatkan namanya di bursa efek, dengan penawaran saham awal yang sukses, ketenaran Jobs kian bertambah. Pada tahun yang sama Apple Computer melepas Apple III dan tidak sesukses saat mengeluarkan produk sebelumnya.


Jobs merupakan pribadi yang persuasif dan karismatik, banyak yang menganggap dia sebagai pemimpin yang gampang berubah pikiran dan beremosi tinggi. Seiring berkembangnya Apple Computer, Jobs mulai mencari kepemimpinan baru untuk mengatur perkembangan perusahaan tersebut. Jobs menggaet John Sculley dari perusahaan Pepsi-Cola untuk memimpin Apple Computer. Kemudian Jobs memperkenalkan produk terbarunya dengan nama Macintos yang menghadirkan fitur antarmuka pengguna grafis. Kesuksesan Macintosh membuat Apple menelantarkan Apple II demi mengembangkan produksi Mac.


Jobs keluar dari Apple dan mendirikan sebuah perusahaan komputer dengan nama NeXT Computer yang tergolong maju. Ditahun 1996, Apple membeli NeXT dan membawa Jobs kembali ke perusahaan yang didirikannya dan menjadi pemimpin sementara di Apple. Dibawah kepemimpinan Jobs, perusahaan ini memperkenalkan produk iMac. iMac merupakan komputer pertama yang mengutamakan penampilan. Tidak hanya penampilan, bahkan Apple mengeluarkan fitur-fitur baru yang canggih yang semakin menarik dan berkembang sampai saat ini.


Tidak hanya Apple, Jobs juga mendirikan sebuah Pixar Studio bersama Edwin Catmull, sebuah studio animasi komputer di Emeryville, California.

Mulai dari Apple I, pada tahun 2010 Jobs mengeluarkan Ipad yang sangat menghebohkan dunia. Kemudian Jobs wafat pada usia 56 tahun 5 Oktober 2011.

Permasalahan

Jobs yang di keluarkan dari perguruan tinggi Red College karena tidak dapat membiayai pendidikannya. Setelah Jobs memutuskan mendirikan sebuah perusahaan dengan nama Apple Computer, masalah internal dan bisnis mulai bermunculan. Masalah dengan temannya Wozniak, yang bahkan Jobs keluar dari Apple dan mendirikan sebuah perusahan baru. Jobs yang memiliki kepribadian yang persuasif  dan karismatik ini sering dianggap oleh orang lain atau karyawannya adalahs seorang yang mudah berubah pikiran dan beremosi tinggi.

Opini Saya

Film motivasi ini sangat menginspirasi dan sangat memotivasi penulis. Jobs yang saat itu masih muda dan berusia 21 tahun sudah mulai membangun sebuah bisnis/perusahaan komputer yang dinamakan perusahaan Apple. Mulai dikeluarkannya Jobs dari perguruan tinggi, perusahaan Apple sendiri dan kembali lagi ke perusahaan Apple, Jobs tidak berputus asa dan bahkan terus membangun sebuah bisnis atau perusahan baru. Jobs yang membuat produk Apple ternama terus berkembang bahkan sampai saat ini. Dan Apple pun saat ini terus mengeluarkan produk-produk serta fitur-fitur terbarunya.

Tokoh steve Jobs ini memotivasi penulis untuk tidak menyerah dan terus melakukan sebuah perubahan besar untuk mencapai sebuah tujuan yang baik.

 


 


0 komentar:

Posting Komentar