19.9.23

Meringkas Film YouTube dan Opini Saya tentang pencarian Tujuan hidup, Persahabatan, dan Penerimaan.

 

Mata Kuliah: Psikologi Inovasi

Tugas: Meringkas Film dari Youtube (Essay 1)

Dosen Pengampu: Dr. Arundati Shinta, MA

Di susun oleh: Maliqazuhra Iqbal (21310410003)

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


Topik

Tentang pencarian tujuan hidup, persahabatan, dan penerimaan.

Sumber

The Peanut Butter Falcon film complet (2019)

Durasi Film 1:36:57

https://youtu.be/5QWnfNGFHbQ?si=ZDFYAgNZpeOWSU8u

Ringkasan

Zak adalah pemuda berusia 22 tahun dengan down syndrome. Dia merasa bosan tinggal di panti dengan melakukan aktivitas yang itu-itu saja. Hiburan favoritnya adalah menonton pertandingan gulat di VHS dengan idolanya adalah The Salt Walter Redneck. Kecintaannya pada gulat membuat teman-teman nya terganggu.  Zak sudah berencana melarikan diri dari panti jompo. Rencananya digagalkan oleh pengasuh di panti, Eleanor. Namun Zak tidak menyerah, ia ingin meninggalkan panti asuhan agar bisa belajar di sekolah gulat  idolanya  di North Carolina. Dengan bantuan temannya, Zak berhasil melarikan diri.

 

Zak, yang kelelahan setelah melarikan diri, beristirahat di  perahu kecil. Agar tidak ada yang menemukannya, dia menutupi dirinya dengan  kain. Tyler, yang juga melarikan diri dari Duncan dan Ratboy, naik ke perahu yang sama dengan Zak. Zak yang berusaha sembunyi dari Tyler kemudian muntah sehingga keberadaannya diketahui oleh Tyler.

 

Tyler mengajak Zak mengarungi perjalanan di pesisir pantai, dengan begitu mereka nggak akan ditemukan oleh orang-orang yang mencari mereka. Zak mulai mengeluh karena kelelahan.

 

Tyler yang awalnya merasa kesal, mulai tenang sambil menyemangati Zak untuk melanjutkan. Pasalnya hanya mereka berdua yang bisa mewujudkan keinginannya.

Saat istirahat perjalanan, Tyler pergi ke  toko untuk membeli makanan dan minuman. Di sana ia bertemu dengan seorang wanita bernama Eleanor, yang sedang mencari seorang pria muda dengan sindrom Down bernama Zak. Tyler langsung berbohong dan tidak pernah melihat pemuda yang dicarinya. Eleanor  pergi untuk melanjutkan pencarian.

 

Merasa bisa membantu Zak dalam mewujudkan mimpinya, Tyler setuju mencari cara agar Zak bisa pergi ke North Carolina. Tyler mengajari Zak berbagai cara untuk bertahan hidup mulai dari menangkap ikan sampai menggunakan senjata api apabila diperlukan.

 

Permasalahan

Permasalahan yang ditemui dalam film "The Peanut Butter Falcon" sebagai berikut:

  1. Sindrom Down dan Keterbatasannya : Isu utama  film ini adalah perjuangan Zak melawan Down Syndrome dan keterbatasannya. Ia ingin hidup bebas dan mewujudkan mimpinya menjadi pegulat profesional, namun kondisi kesehatannya membatasi mobilitas dan kebebasannya.
  2. Persahabatan dan Hubungan: Film ini menyoroti hubungan antara Zak dan Tyler, yang awalnya terjalin karena keadaan, tetapi kemudian menjadi persahabatan yang kuat. Mereka harus mengatasi perbedaan mereka dan belajar untuk memahami satu sama lain.
  3. Pencarian Impian: Sementara Zak dan Tyler melarikan diri dan berpetualang, mereka juga sedang mencari impian masing-masing. Zak ingin menjadi pegulat, sementara Tyler mencari makna dan tujuan hidupnya.

Film ini menggambarkan perjuangan, persahabatan, dan pencarian arti hidup dalam situasi yang penuh tantangan.

Opini Saya

  • Ø  Siapapun dapat mencapai keinginan nya walaupun memiliki keterbelakangan, dikarenakan niat dan usaha Impian akan dapat terwujud.
  • Ø  Konsistensi dan dukungan dari orang terdekat sangat penting untuk menumbuhkan rasa semangat dalam mencapai Impian.
  • Ø  Kita tidak akan tau siapa yang akan mendukung kita, bisa saja orang terdekat atau bahkan orang lain yang baru kita temui.


0 komentar:

Posting Komentar