15.9.23

Meringkas Film YouTube dan Opini saya tentang syarat menjadi sukses adalah memiliki karakter kepribadian yang kuat

 

Essai 1

Judul Film : The Social Network



 

Septi Ambarwati

21310410117

 Dosen Pengampu  Dr. Arundati Shinta, MA

Psikologi Inovasi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 

Topik

Syarat menjadi sesorang yang sukses adalah memiliki karkater kuat, tekad, usaha sungguh-sungguh, tidak mudah menyerah dan tangguh menghadapi segala bentuk cobaan dari berbagai arah. Memiliki visi yang visoner dan berkelanjutan, terus berinovasi dengan hal-hal baru yang mumpuni.

Sumber

The Social Network I Full Movie I David Ficher I Columbia Pictures, dan Relativity Media – 2:00:28

Link : https://youtu.be/bXNyMCTAR3Y?si=DX5hqZH1fwFN18WF

Ringkasan

·         Seorang mahasiswa bernama Mark Zuckenberg berusaha merentas pangkalan data situs kampusnya yaitu Universitas Harvard. Mark melakukan tindakan itu setelah kekasihnya Erica Albright memutuskan jalinan asmara dengannya. Kejeniusan Mark membuatnya berhasil membuat website bersisi foto-foto mahasiswi kampusnya dan diberi nama Facemash. Website Facemash banyak diminati pengguna internet, sebab pengunjung dibiarkan memilih foto mahasiswi yang paling menarik menurut masing-masing. Ternyata sambutan pengguna internet terhadap website yang Mark buat sangat besar sehingga menyebabkan trafik tinggi, hal itu berakibat fatal dan menyebabkan seluruh jaringan server di Harvard rusak.

·         Kampus berusaha mencari tahu siapa dalang rusaknya jaringan server kampus dan menemukan Mark sebagai pelakunya. Pihak kampus menemui Mark dan memberi hukuman berupa masa percobaan akademik selama enam  bulan.

·         Akan tetapi website Facemash justru semakin populer. Banyak mahasiswa tertarik, diantaranya mahasiswa kembar bernama Winklevoss bersaudara, Cameron, Tyler dan Divya Narendra.

·         Teman-teman Mark itu justru mengajak Mark untuk berkerja sebagai programmer di sebuah website bernama Harvard Connection. Website yang berisi jaringan sosial ( website kencan) untuk mahasiswa Harvard.

·         Mark menerima ajakan teman-temannya itu dan bergabung dalam proyek di Havard Connection. Berselang beberapa waktu Mark dipertemukan dengan teman lain bernama Eduardo Saverin yang kemudian mengajaknya membuat situs jejaring sosial lebih luas lagi yang diberinama The Facebook. Jika awalnya hanya internal kampus, The Facebook ini diperuntukan untuk jerjaring sosial ekslusif lintas kampus. Ada 8 kampus ternama yang tergabung dalam satu kelompok bernama Ivy League. Kedelapan kampus ini secara ekslusif bisa mengakses situs ini.

·         Ternyata kehadiran The Facebook mengalahkan kepopuleran situs Harvard Connection. Hal ini membuat teman Mark sebelumnya menuduhnya mencuri ide mereka. Terlebih Mark pun banyak mangkir dan tidak amanah dengan tugas mengembangkan situs Harvard Connection. Mereka marah besar.

·         Mark tetap tidak peduli dan terus mengembangkan konsep the facebook hingga menjangkau seluruh Amerika. Ia berambisi menghasilkan ribuan dollar dari situs jejaring sosial yang ia buat meski banyak teman yang kesal dan marah terhadapnya, tapi Mark tetap tidak peduli. Bersama Sean temannya yang memberi usul agar The Facebook diganti dengan nama Facebook, berhasil mengembangkan Facebook hingga seluruh dunia.  

·         Facebook menjadi jejaring sosial yang sangat dimintai dari semua kalangan, baik mudah hingga tua. Facebook masih terus melakukan banyak inovasi dan pembaharuan sehingga bisa bertahan hingga sekarang. Kepemimpinan Mark dengan karakter kuat, digambarkan dalam film ia jenius tapi raja teg dan egois, namun ia adalah seseorang yang berprinsip, ambisius, brilian, oportunis dan kuat. Meski secara penampilan dan kehidupan terlihat kontradiktif, karena Mark selalu tampil apa adanya dan sederha bahkan saat ia sudah menjadi orang kaya raya.  

Permasalahan

Seseorang bisa sangat kreatif ketika jiwanya tergoncang dan terluka, seperti Mark akibat ditinggalkan kekasihnya ia bertekad untuk membuat satu gebrakan besar demi menarik perhatian mantan kekasihnya. Dan ternyata kejeniusan yang dimilikinya berhasil menciptakan mesin uang dari hasil website ciptaannya. Meskipun harus melewati banyak masalah persahabatan dan pertemanan. Akan tetapi ambisi, tekad, dan kemampuan berinovasi membuat terobosan baru membuat Mark menjadi seseorang yang sukses tanpa harus terbebani dengan masalah yang mengiringinya. Bahasa sederhananya tidak baper. Mark tetap melaju mengembangkan inovasi-inovasi baru di halaman Facebook yang ia ciptakan ditengah gempuran tuduhan-tuduhan yang bisa saja mencoreng nama baiknya. Facebook tetap populer dan hingga saat ini masih terus diminati oleh seluruh khalayak di dunia.

 

Opini saya

·         Siapapun bisa menjadi orang sukses dan hebat jika memiliki keahlian dan semangat belajar. Terus melakukan inovasi dengan bidang yang dikuasai.

·         Seorang yang sukses bisa datang dari latar belakang apa saja, dengan latar belakang cerita dibalik kesuksesannya. Biasanya orang yang sukses adalah orang yang memiliki prinsip kuat, idealisme, keyakinan dan ketekunan. Pintar berjejaring dan selalu kreatif saat menghadapi permasalahan.

·         Satu hal yang menarik dari semua kisah tentang pendiri Facebook adalah kesederhanaan. Sampai saat ini Mark dan keluarga selalu menunjukan sisi kesederhanaan meski ia sudah bergelimang harta, dan ketenaran. Hal itu patut dicontoh.

 

0 komentar:

Posting Komentar