14.9.23

 

MERINGKAS FILM YOUTUBE DAN OPINI SAYA

TENTANG KEBANGKITAN DARI MASA LALU YANG KELAM

Mata Kuliah: Psikologi Inovasi

Tugas: Meringkas Film dari Youtube (Essay 1)

Dosen Pengampu: Dr. Dra. Arundhati Shinta, MA

Di susun oleh: Ari Kurniawan, S.Pd, AIFO-P (21310410044)

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45

Yogyakarta


Topik

Masa lalu bukan menjadi hambatan untuk sukses asalkan kita mau konsisten dan bekerja keras. Terus perbaiki diri dan bangun kerja sama yang baik dengan rekan kerja kita. Pantang menyerah dan tahan banting menghadapi setiap kejadian yang tidak sesuai harapan kita dan segera bangkit dari keterpurukan demi menggapai tujuan yang kita inginkan.

Sumber

Best Chefs Movie 2021 Burnt | 1:41:00

https://www.youtube.com/watch?v=1fyPhczSYcU

Ringkasan

Adam Jones merupakan mantan koki terkenal di Paris namun reputasinya hancur akibat ulah masa lalunya. Sebagai penebusan dosanya dia menghukum dirinya dengan mengupas kerang sebanyak satu juta buah. Setelah itu, Adam pergi menemui temannya yang bernama Tony dan County lalu disana dia bertemu Helena koki spesialis pembuat saus. Adam juga bertemu dengan Michelle dan dia minta agar diperjakan di restorannya. Selanjutnya, Adam bertemu David dan memintanya untuk bergabung ke restorannya dan tawaran tersebut diterima. Keesokan harinya Adam merekrut Max yang baru keluar penjara dan sebagai anggota terakhir Helena akhirnya juga bergabung.

Selanjutnya, Adam meminta bantuan Simon untuk melakukan inspeksi mendadak dan karena hal itu Tony setuju bekerja sama dengan Adam. Dalam pembukaan restoran barunya yang bernama Adam Jones The Langham terdapat empat meja yang kosong sehingga membuat hal tersebut tersiar di media. Setelah dilakukan perbaikan perlahan reputasi restoran Adam mulai membaik. Suatu ketika, Tony memberitahukan kepada karyawannya akan ada penilaian dari tim Michelin. Lalu pada suatu acara Adam bertemu Anne mantan pacarnya. Anne menyampaikan bahwa dia disuruh almarhum ayahnya untuk memberikan pisau miliknya. Karena masih memiliki hutang dengan bandar narkoba maka Adam dipukuli hingga terluka.

Seketika, pelayan memberikan informasi ada pengunjung yang menyerupai tim penilai Michelin maka saat itu Adam langsung bergegas menyiapkan hidangan bersama anggotanya. Hidangan yang disajikan mendapat komplain karena dianggap terlalu pedas, Adam baru mengetahui ternyata hidangan tersebut sudah di sabotase oleh Michelle sebagai aksi balas dendamnya. Hal tersebut membuat Adam depresi dan berusaha bunuh diri dan Reece mencoba menyemangatinya agar segera bangkit. Saat Adam kembali ke restorannya dia bertemu dengan dua orang yang sering mencarinya, di situ Adam terkejut karena Anne telah melunasi hutangnya kepada orang tersebut. Pada keesokan harinya ada pengunjung yang memiliki ciri seperti tim penilai Michelin dan Adam memerintahkan anggotanya untuk memasak seperti biasa tanpa tekanan. Dan pada akhirnya Adam berhasil meraih cita-citanya membuat restorannya menggapai level bintang tiga Michelin.

Permasalahan

Adam memiliki banyak musuh dari masa lalunya sehingga dia tidak dapat fokus membangun bisnis restoran barunya. Dia sering di datangi bandar narkoba yang menagih hutang dan setiap ada masalah Adam selalu lari ke alkohol. Adam memiliki kekurangan terkait teknik memasak yang sudah kuno, selain itu dia juga arogan kepada anak buahnya sehingga meraka tidak dapat bekerja maksimal.

Opini Saya

Sikap tahan banting sangat diperlukan dalam kehidupan kita sehingga setiap kita terpuruk bisa bangkit kembali.

Perlu menentukan target yang ingin kita capai sebagai stimulus disaat kita menghadapi setiap permasalahan yang ada.

Dalam sebuah kesuksesan diperlukan lingkungan yang mendukung mulai dari rekan kerja, jaringan dan dukungan sosial.

Diperlukan keteladanan seorang pemimpin agar anak buah loyal kepada kita.

0 komentar:

Posting Komentar