13.9.23

HUBUNGAN KOHESIVITAS KELOMPOK DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA ATLET FUTSAL UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Mata Kuliah: Psikologi Inovasi

Tugas: Meringkas Jurnal Motivasi (Essay 2)

Dosen Pengampu: Dr. Dra. Arundhati Shinta, MA

Di susun oleh: Ari Kurniawan, S.Pd, AIFO-P (21310410044)

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45

Yogyakarta


Topik

Kohersisivitas, motivasi berprestasi, penelitian kuantitatif.

Sumber

Kristanti, N.D., & Jannah, M. (2022). Hubungan kohesivitas kelompok dengan motivasi berprestasi pada atlet futsal Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Penelitian Psikologi, 9(3), April 2022, 55-64.

Permasalahan

Pandemi Covid-19 yang terus berlangsung telah mengakibatkan beberapa daerah mengenakan pembatasan mobilitas, sehingga latihan yang dilakukan oleh tim futsal Universitas Negeri Surabaya (Unesa) belum dapat mencapai tingkat optimal. Meskipun demikian, banyak anggota tim yang masih aktif latihan disebabkan oleh adanya motivasi berprestasi dan ikatan diantara mereka.

Tujuan Penelitian

Untuk mengetahui hubungan antara kohesivitas kelompok dengan motivasi berpestasi pada atlet futsal Unesa.

Isi

Futsal merupakan permainan yang berbentuk tim, sehingga diperlukan adanya kerjasama untuk meraih kemenangan. Selain itu, diperlukan motivasi berprestasi sebagai faktor kunci dalam pencapaian prestasi atlet.

Motivasi untuk mencapai prestasi adalah fokus individu pada pencapaian sukses dalam menyelesaikan tugas, ketekunan dalam menghadapi kegagalan, serta perasaan kepuasan ketika berhasil mencapai tujuan. (Blynova et al., 2020). Dengan motivasi individu lebih terencana, bersemangat dan percaya diri untuk berjuang mencapai tujuan mereka.

Kohesivitas kelompok secara umum merujuk pada tingkat keterikatan antara anggota kelompok dan perasaan bahwa mereka telah menjadi bagian integral dari kelompok tersebut (Rahail et al., 2020). Ukuran kelompok yang kecil akan memiliki kohesivitas yang lebih tinggi.

Metode

Penelitian merupakan penelitian kuantitatif non eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah anggota tim futsal putra Unesa yang berjumlah 200 orang dengan karakteristik masih aktif mengikuti latihan. Usia subjek penelitian yaitu 19-22 tahun. Jumlah subjek penelitian adalah 60 orang.

Penelitian ini menggunakan teknik purposive sample. Instrumen penelitian pertama menggunakan Achievement Motivation Scale dari Badawy. Aitem pada kuisioner motivasi berprestasi berjumlah 19 aitem. Nilai corrected-item total correlation lebih besar dari 0,30 dan hasil uji reliabilitas sebesar 0,858.

Instrumen penelitian kedua menggunakan skala kohesivitas olahraga dari Eys. Aitem dari kohersivitas olahraga berjumlah 16 aitem. Nilai corrected-item total correlation lebih besar dari 0,30 dan hasil uji reliabilitas menunjukkan nilai 0,907.

Hasil uji normalitas dengan menggunakan Shapiro Wilk dengan taraf signifikasi sebesar 0,885 sehingga dapat dikatakan bahwa data berdistribusi normal. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji korelasi Pearson’s. Correlations. Teknik analisa data di atas dilakukan dengan menggunakan JASP 0.14.1 for windows.

Hasil

Hasil analisis deskriptif kohesivitas kelompok menunjukkan rata-rata nilai yaitu 121,160, dengan standart deviasi 16,864. Nilai terendah sebesar 45 dan nilai tertinggi 114. Untuk motivasi berprestasi memperlihatkan nilai rata-rata sebesar 71,117 dengan standart deviasi sebesar 6,770. Nilai terendah sebesar 53 dan nilai tertinggi 89.

Hasil uji korelasi Pearson sebesar 0,344. Nilai signifikansi sebesar 0,009 dibawah 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kohesivitas kelompok dengan motivasi berprestasi. Semakin kuat skor kohesivitas kelompok maka akan semakin tinggi skor motivasi berprestasi yang dimiliki subjek.

Diskusi

Prestasi yang telah dicapai oleh tim futsal putra Unesa menunjukkan bahwa masing-masing individu memiliki motivasi berprestasi dan kohersivitas kelompok yang tinggi.

Motivasi berprestasi yang ditunjukkan pemain futsal putra Unesa membuat mereka cenderung terdorong untuk lebih kreatifitas agar dapat melaksanakan latihan di masa pandemi Covid-19.

Masing-masing pemain futsal putra Unesa menunjukkan memiliki tanggung jawab yang sama dalam menjaga keterikatan antara satu dengan yang lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar