2.5.23

 

Meringkas Jurnal 3

Mata Kuliah Teknik Penyusunan Skripsi

Shafly Ardhya Saputra (20310410027)

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Dosen Pengampu: Dr. Arundhati Shinta, MA.

 


Topik

Stress kerja, beban kerja.

Sumber

Nurwiranti dan Eva Nur, R. HUBUNGAN ANTARA BEBAN KERJA DENGAN STRES KERJA PADA ANGGOTA POLISI DI BAGIAN SDM POLDA JATIM.

Permasalahan

Stres kerja pada profesi polisi berdampak buruk terhadap kualitas hubungan antara polisi dan masyarakat. Pekerjaan sebagai polisi rentan terkena stres kerja dikarenakan harus selalu siap untuk melayani dan mengayomi masyarakat serta kehidupannya didedikasikan untuk menjaga keamanan negara.

Tujuan Penelitian

Untuk mengetahui hubungan antara beban kerja dengan stres kerja pada anggota polisi di bidang SDM.

Isi

·       Stres yang berasal dan berkaitan erat dengan segala sesuatu hal yang berasal dari lingkungan kerja biasanya disebut stres kerja (Karimah, 2011).

·       Setiap lingkungan kerja memiliki potensi untuk menimbulkan stres pada pekerja di dalamnya tidak terkecuali di bagian kepolisian. Pekerjaan polisi sebagai pelindung masyarakat tentu berkaitan sangat erat dengan resiko bahaya yang tinggi, dari berbagai resiko bahaya tersebut salah satunya adalah kasus kriminalitas(Nugraihi, 2014). Kondisi tersebut membuat polisi harus melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan target yang cukup berat.

·       Tantangan dan tekanan yang dihadapi seorang polisi dalam melaksanakan tugas pekerjaannya dapat memicu timbulnya stres. Seperti yang disamapaikan oleh Zakir dan Murat (2011) yang menyebutkan bahwa menjadi seorang polisi dianggap sebagai pekerjaan dengan tingkat stres yang tinggi, hal ini disebabkan jam kerja yang panjang, struktur kepemimpinan dan kekhawatiran akan keselamatan diri sendiri dan keluarga.

·       Secara sederhana, stres merupakan suatu bentuk respon seseorang baik secara fisik maupun mental, terhadap sesuatu di lingkungannya yang dirasa mengganggu dan mengakibatkan dirinya terancam (Anoraga, 2001).

Metode

·      Cara yang digunakan untuk mengambil sampel dalam penelitian ini dengan cara Proposional sampling Setelah dilakukan pengambilan data dilapangan pada tanggal 23 Juni 2020 dengan menyebarkan alat ukur sesuai jumlah diatas yaitu 118 responden, hanya ada 51 responden yang kembali diterima.

·      Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dua skala yaitu skala stres kerja yang berjumlah 24 item dan skala beban kerja yang berjumlah 32 item.

·      Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik korelasi product moment. Proses analisa data dalam penelitian ini dibantu dengan program komuputer SPSS ver 22.0 for Windows.

Hasil

·      Ada hubungan positif yang signifikan antara beban kerja dengan stres kerja pada anggota polisi di Bagian SDM Polda Jatim.

·      Semakin tinggi Beban kerja maka semakin tinggi kecenderungan Stres kerja anggota polisi.

Diskusi

·      Banyaknya tugas dari pekerjaan tidak selalu menjadi penyebab stres, hal itu akan menjadi sumber stres apabila banyaknya tugas tersebut tidak sebanding dengan kemampuan baik fisik, keahlian dan waktu yang tersedia bagi karyawan (Margiati, 1999). Jika banyaknya tugas tidak disertai dengan kemampuan dan waktu yang mencukupi, maka akan menjadi penyebab munculnya stres kerja. Beban kerja cukup menjadi perhatian untuk mengidentifikasi penyebab stres pada setiap pekerja.

·      Setiap pekerja mempunyai kemapuan yang berbeda dalam menahan stres, hal tersebut tergantung jenis, lama dan frekuensi stres yang dialami pekerja. Stres dilingkungan kerja memang suatu hal yang harus dihadapi dan tidak bisa dihindarkan, yang dapat dilakukan adalah bagaimana mengelola, mengatasi atau mencegah terjadinya stres tersebut, sehingga tidak menggangu pekerjaan (Notoatmodjo, 2002).

·      Hubungan antara Beban kerja dengan Stres kerja memiliki arah positif yang artinya semakin tinggi tingkat beban kerja maka kecenderungan untuk stres kerja semakin tinggi. Begitu juga sebaliknya, semakin rendah tingkat beban kerja maka kecenderungan kecenderungan untuk stres kerja semakin rendah. Koefisien korelasi antara Beban kerja dengan Stres Kerja ditunjukan oleh nilai rxy= 0.602 dengan p = 0,00, hasil tersebut menunjukan hubungan kedua variabel adalah signifikan

 

 

0 komentar:

Posting Komentar