2.5.23

 

Meringkas Jurnal 2

Mata Kuliah Teknik Penyusunan Skripsi

Shafly Ardhya Saputra (20310410027)

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Dosen Pengampu: Dr. Arundhati Shinta, MA.

 


Topik

Beban kerja, stress kerja.

Sumber

Sriyati Felly, dkk. (2019). GAMBARAN BEBAN KERJA DENGAN STRESS KERJA PADA ANGGOTA KORPS BRIMON BATALYON A PELOPOR KOMPI 2 POLDA SULAWESI UTARA TAHUN 2018. Jurnal KESMAS, Vol. 8 No. 1, Januari 2019.

Permasalahan

Beban kerja pada tenaga kerja berbeda antara satu dengan tenaga kerja lainnya dan sangat tergantung dari tingkat keterampilan, kesegaran jasmani, keadaan gizi, jenis kelamin, masa kerja, usia dan ukuran tubuh dari pekerja yang bersangkutan. Kekuatan fisik seorang pekerja dapat berubah seiring waktu dan kondisi yang ada.

Tujuan Penelitian

Untuk mengetahui Gambaran Beban Kerja Dan Stres Kerja Pada Anggota Korps Brimob Batalyon A Pelopor Kompi 2 Polda Sulawesi Utara Tahun 2018.

Isi

·      Institusi kepolisian Indonesia memiliki jumlah personil Polri sebanyak 387.470 orang dan pada berdasarkan pada tahun 2014 Kepolisian Republik Indonesia menambah 20.000 personil oleh karena besarnya kebutuhan tenaga untuk memenuhi setiap tugas yang diemban oleh kepolisian itu sendiri. (Polri, 2014).

·      Masa kerja dapat menggambarkan pengalaman seseorang dalam menguasai bidang tugasnya. Pada umumnya, pekerja dengan pengalaman kerja yang banyak akibat masa kerja yang lama tidak memerlukan bimbingan yang banyak dibandingkan dengan pekerja yang pengalamannya sedikit. Masa kerja bagi tenaga kerja dapat menentukan kesehatan bagi tenaga kerja tersebut. Semakin lama seseorang bekerja pada suatu organisasi maka akan semakin berpengalaman orang tersebut sehingga kecakapan kerjannya semakin baik (Ranupendoyo dan saud,2005).

Metode

·      Metode penelitian ini adalah bersifat deskriptif analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional study.

·      Alat pengumpulan data dalam penelitian ini berbentuk kuisioner psikososial/stress dan Nasa TLX untuk mengukur beban kerja

Hasil

·      Beban kerja pada anggota korps Brimob Batalyon A Pelopor Kompi 2 Polda Sulut Tahun 2018 berada pada kategori sedang.

·      Stress kerja pada anggota korps Brimob Batalyon A Pelopor Kompi 2 Polda Sulut Tahun 2018 berada pada kategori tinggi.

Diskusi

·      Berdasarkan hasil penelitian terhadap Korps Brimob Batalyon A Pelopor Kompi 2 Polda SULUT jam kerja responden dibagi menjadi dua kategori, yang pertama 1-12 jam terdapat 9 responden dengan presentasi 18%, dan yang kedua 12-24 jam terdapat 41 responden dengan presentasi 82.

·      Berdasarkan hasil penelitian terhadap Korps Brimob Batalyon A Pelopor Kompi 2 Polda SULUT masa kerja responden dibagi menjadi tiga kategori, yang pertama 1-5 tahun terdapat 42 responden dengan presentasi 84%, yang kedua 6-10 tahun terdapat 2 responden dengan presentasi 4%, yang ketiga 11 -15 tahun terdapat 6 responden dengan presentasi 12%.

 

0 komentar:

Posting Komentar