2.5.23

 

Meringkas Jurnal 1

Mata Kuliah Teknik Penyusunan Skripsi

Shafly Ardhya Saputra (20310410027)

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Dosen Pengampu: Dr. Arundhati Shinta, MA.

 


Topik

Stress kerja, beban kerja, lingkungan kerja

Sumber

Rustiana, S. dan Siti Maria, U. (2020). Hubungan Beban Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Stres Kerja Pada Polisi Satlantas Polres Bantul.  Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr.Soetomo Vol.6 No.2 Oktober 2020 : 169-178.

Permasalahan

Pekerjaan polisidalam mengatasi tindakan kriminalitas sangat erat kaitannyadengan resiko bahaya yang tinggi, bahaya tersebut tidak selalu dapat diantisipasi, tetapi dapat muncul tiba-tiba. Berdasarkan kondisi tersebut tidak jarang membuat polisi harus melaksanakan tugas dengan target yang cukup beratdan membutuhkan fokus dan kedisiplinan tinggi.Hal ini menyebabkan polisi harus senantiasa siap dan waspada dalam keadaan apapun sehingga hal tersebut dapat memberikan kontribusi timbulnya stres

Tujuan Penelitian

Untuk mengetahui hubungan beban kerja dan lingkungan kerja terhadap stress kerja pada polisi satuan lalu lintas Polres Bantul.

Isi

·      Polisi lalu lintas merupakan kesatuan lalu lintas yang bertugas membina, dan dalam batas kewenangan yang di tentukan, menyelenggarakan fungsi lalu lintas yang meliputi kegiatan pendidikan masyarakat, penegakan hukum dan identifikasi pengemudi kendaraan bermotor, pengkajian masalah lalu lintas, serta patroli jalan raya yang bersifat antar wilayah hukum negara Republik Indonesia (Jayanegara, 2014).

·      Pekerjaan polisidalam mengatasi tindakan kriminalitas sangat erat kaitannyadengan resiko bahaya yang tinggi, bahaya tersebut tidak selalu dapat diantisipasi, tetapi dapat muncul tiba-tiba. Berdasarkan kondisi tersebut tidak jarang membuat polisi harus melaksanakan tugas dengan target yang cukup beratdan membutuhkan fokus dan kedisiplinan tinggi.Hal ini menyebabkan polisi harus senantiasa siap dan waspada dalam keadaan apapun sehingga hal tersebut dapat memberikan kontribusi timbulnya stres (Nugrahini, 2015).

·      Beban kerja merupakan salah satu yang mengakibatkan stress. Kompleksitas tugas polisi menyebabkan hampir tidak ada waktu santai karena kasus datang susul menyusul (Lutfiyah, 2011).

·      Beban kerja ini juga didukung dengan lingkungan kerja yang menjadi faktor lain pendukung timbulnya stres kerja satuan polisi lalu lintas di Polres Bantul Yogyakarta. Lingkungan kerja yang baik mampu meminimalisir kejenuhan dan kelelahan kerja anggota polisi, termasuk stres kerja sehingga akan mengakibatkan efektifitas dan produktivitas kerja meningkat. Sedangkan dengan kondisi beban kerja yang tinggi dan tidak aman akan mengakibatkan kurang nyaman bekerjadan kecelakaan kerja yang tinggi, akhirnya menyebabkan penurunan produktivitas kerja anggota polisi (khusnudin, Imam : 2013).

·      Indonesia kasus stres akibat beban kerja di lingkungankerja kepolisian sudah terjadi di beberapa wilayah dan menimbulkan dampak yang cukup serius. Menurut Kepala Divisi Humas Kepolisian RI mengatakan bahwa polisi rentan mengalami stres akibat beban kerja dan lingkungan kerja yang tidak sehat, hal ini terjadi terutama pada petugas di tingkat bawah yang siaga 24 jam untuk melayani masyarakat. Pernyataan tersebut menanggapi kasus Brigadir Petrus Bakus yang melakukan pembunuhan dan memutilasi dua anak kandungnya (Kompas.com, 2016).

Metode

·      Penelitian kuantitatif non-eksperimental dengan deskriptif korelasional.

·      Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling jenuh.

·      Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner terdiri dari 13 item pertanyaan dan 4 indikator.

·      Teknikanalisis data menggunakan analisis univariatdan analisis regresi linier berganda.

Hasil

Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda antara beban kerja dan lingkungan kerja dengan stres kerja dapat diketahui bahwa hasil perhitungan Koefisien Determinasi (R2 ) R2 1,907, F Hitung 49,41, F tabel 3.23, maka hipotesis dapatdisimpulkan bahwa Beban kerja dan lingkungan kerja berhubungan positif terhadap stres kerja pada polisi satuan lalu lintas Polres Bantul.

Diskusi

·      Bahwa beban kerja dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain, lamanya masa kerja, usia personel, lingkungan kerja, dan masa kerja dalam sehari.

·      Bahwa beban kerja dan lingkungan kerja dengan stres kerja memiliki kekuatan korelasi dalam kategori kuat dan hubungan antar variabel bersifat positif. Artinya bahwa semakin berat beban kerja dan lingkungan kerja maka semakin tinggi stres kerja polisi, sebaliknya semakin ringan beban kerja dan juga lingkungan kerja maka semakin rendah stres kerja polisi.

 

0 komentar:

Posting Komentar