26.4.23

Meringkas Jurnal 3

 

Teknik Penyusunan Skripsi

Meringkas Jurnal 3

Argasyah Ahmad Al Kabir (20310410036)

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Dosen Pengampu: Dr. Arundhati Shinta, MA.



Topik

Kecanduan Game Online, Kualitas Tidur Remaja

Sumber

Matur, Yustine Prima. 2021. Hubungan Kecanduan Game Online Dengan Kualitas Tidur Pada Remaja Sma Negeri Di Kota Ruteng. Jurnal Wawasan Kesehatan, Volume: 6, Nomor 2, Desember 2021 (ISSN: 2548-4702)

Permasalahan

Pada remaja khususnya pelajar, kualitas tidur yang buruk dapat mempengaruhi muka pucat, mata lelah, pikiran tidak konsentrasi saat belajar di sekolah yang bisa mengakibatkan prestasi belajar berkurang dan dapat berpengaruh pada kemampuan metabolisme tubuh tidak dapat bekerja dengan baik, mudah tersinggung, kelelahan, depresi.

Para Remaja terbiasa bermain game online karena terlalu seringnya bermain game online sampaisampai mereka merasa seperti halusinasi. Juga merasa terbiasa dan susah untuk melepaskan dari bermain game online karena bagi mereka game online adalah salah satu cara agar bisa menghilangkan rasa jenuh dan game online bagi mereka adalah teman

Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui gambaran tingkat kecanduan game online pada remaja SMA Negeri di Kota Ruteng, gambaran kualitas tidur pada remaja SMA Negeri di Kota Ruteng dan untuk mengetahui hubungan kecanduan game online dengan kualitas tidur pada remaja SMA Negeri di Kota Ruteng.

Isi

1.      Berdasarkan analisis kuesioner yang mengalami kecanduan karena sangat sering bermain game online dan selalu membayangkan game serta sulit melepaskan game sehingga sering bolos dari sekolah hanya untuk bermain game online, bagi remaja yang sudah kecanduan ketika sudah bermain game hati merasa gelisah,enggan meninggalkan permainan game, aktivitas awal yang dilakukan pada saat bangun pagi hal utama terpikir adalah game online, sangat sering mengingatkan permainan game online pada saat pelajaran di sekolah.

2.      Sangat sering menceritakan permasalahan pada teman-teman di game online, tidak sering menunda keinginan untuk bermain game online, intensitas waktu bermain game online sangat meningkat dari waktu ke waktu dan sering melupakan waktu ketika bermain game online sehingga bermain sampai larut malam.

3.      Sering memilih bermain game online daripada mengerjakan tugas, lebih memilih game online daripada menjaga kondisi kesehatan, malas membaca buku karena lebih penting bermain game online, selalu utamakan bermain game online daripada membantu orang tua dan sampai lupa berdoa.

Metode Penelitian

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif korelasional. Metode penelitian yang digunakan adalah Cross-Sectional.

Hasil Penelitian

Ada hubungan antara kecanduan game online dengan kualitas tidur pada remaja SMA Negeri di Kota Ruteng.

Diskusi

1.      Remaja memerlukan waktu tidur yang cukup untuk memperbaiki system metabolisme dalam tubuh.

2.      Game online sering menyebabkan remaja memiliki pola tidur yang buruk.

0 komentar:

Posting Komentar