26.4.23

Meringkas Jurnal 2

 

Teknik Penyusunan Skripsi

Meringkas Jurnal 2

Argasyah Ahmad Al Kabir (20310410036)

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Dosen Pengampu: Dr. Arundhati Shinta, MA.



Topik

Kecanduan Bermain Game, Kulaitas Tidur

Sumber

Zamaa, Muhammad Sahla, dkk. 2022. Hubungan Adiksi Game Online dengan Gangguan Pola Tidur pada Remaja. An Idea Health Journal Volume 2, Issue 01, February 2022.

Permasalahan

Remaja yang mengalami kecanduan game online akan menghabiskan sebagian besar waktunya untuk bermain game. Kebanyakan dari remaja ini akan mengurangi porsi jam tidurnya untuk bermain game online. Hal ini berakibat pada timbulnya perubahan pola tidur. Remaja yang berada di BTP blok AF RW 05/07 banyak yang mengalami kecanduan game online. Berdasarkan hasil wawancara secara singkat, para orang tua remaja ini mengkhawatirkan kondisi kesehatan anaknya yang mengalami kecanduan game online. Para orang tua ini mengeluh konsentrasi anak mereka di sekolah menurun, mudah letih dan interaksi sosial para remaja ini dengan keluarga atau teman sebayanya mengalami penurunan

Tujuan Penelitian

Mengetahui hubungan antara adiksi game online dengan gangguan pola tidur pada remaja.

Isi

Gangguan tidur adalah keadaan yang mempengaruhi kuantitas dan kualitas tidur. Penyebabnya bervariasi, mulai dari kebiasaan buruk yang membuat kita terjaga sampai ke masalah medis yang mengganggu siklus tidur. Kurang tidur merupakan masalah serius karena mengancam kesehatan dan keamanan.

Mudahnya akses game online saat ini menyebabkan banyak remaja yang memanfaatkan sebagian besar waktu luangnya untuk bermain game. Para remaja ini juga memiliki sebuah grup atau komunitas game yang infonya didapatkan di berbagai media sosial. Saat bermain game online, para remaja ini mengatur waktu bermain diluar jam sekolah sehingga kebanyakan dari mereka mengurangi jam tidur untuk bergadang menyelesaikan sebuah misi bersama. Selain itu semakin banyak waktu yang dihabiskan saat bermain game, semakin banyak item yang didapatkan untuk menaikkan level. Hal ini merupakan salah satu faktor yang menyebabkan banyak remaja menjadi kecanduan bermain game online.

Metode Penelitian

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian analitik cross sectional dengan menganalisis hubungan sebab akibat antara dua variabel yang diteliti. Metode menggunakan accidental sampling.

Hasil Penelitian

Hasil penelitian diperoleh yaitu sebanyak 222 remaja yang mengalami Adiksi Game Online sedangkan sebanyak 224 remaja yang menglami gangguan pola tidur. Hasil analisa menggunakan uji chi-square diperoleh sebesar 0.005 < 0.05 sehingga dapat dapat dikatakan terdapat hubungan yang signifikan antara adiksi game online dengan gangguan pola tidur. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah lebih banyak yang mengalami adiksi game online dengan gangguan pola tidur dan ada hubungan antara adiksi game online dengan gangguan pola tidur.

Diskusi

1.      Gangguan tidur adalah keadaan yang mempengaruhi kuantitas dan kualitas tidur.

2.      Kebiasaan buruk yang membuat kita terjaga sampai ke masalah medis yang mengganggu siklus tidur.

 

0 komentar:

Posting Komentar