6.1.23

Ujian Akhir Semester

 Ujian Akhir Semester

Psikologi Inovasi

Dosen Pengampu:

Dr. Arundhati Shinta,M,A.

Oleh :

Langgeng Dwi Hartono (20310410063)

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta




Perubahan Diri

     Hobi saya sejak kecil adalah berolah raga. Olah raga yang saya lakukan adalah bermain sepak bola. Namun, dalam rangka upaya perubahan diri ini, saya memilih olahraga lari dan diakhiri dengan kegiatan penguatan push up atau sit up. Lari yang saya lakukan minimal harus menjemput waktu 1 jam. Untuk jarak minimal 7 km.  Olah raga yang lakukan dalam hal perubahan diri ini memili nilai tambah, yakni bisa memperbaiki stamina. Sehingga dapat menunjang dalam pekerjaan saya yang kebetulan juga memerlukan tenaga dan fisik yang ekstra.  Saya melakukan kegiatan ini selama 8 minggu secara berturut - turut, dalam satu minggunya saya melakukan olah raga lari dan penguatan selama 2 kali. Hal ini dapat saya lakukan tanpa terputus (continue) karena kegiatan olahraga ini saya jadikan prioritas dalam hidup, sehingga sesibuk apapun aktivitas tetap akan saya luangkan waktu untuk melakukan olah raga tersebut.
     Alasan saya melakukan olah raga lari ditambah penguatan push up dan sit up adalah untuk mendapatkan tubuh yang bugar dan stamina yang prima, supaya bisa mendukung dalam pekerjaan saya yang membutuhkan fisik dan stamina yang prima. Sehingga kegiatan olahraga yang saya lakukan ini memiliki nilai tambah terhadap diri saya sendiri. Dimana konsep dari nilai tambah itu adalah suatu hal yang memiliki keuntungan lebih bagi diri sendiri dan dapat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari.
     Kegiatan yang saya lakukan ini akan terus berlanjut terus dan tidak akan pernah terputus. Hal ini tentunya tidak mudah. Tetapi saya memiliki strategi untuk menjaga kegiatan tersebut supaya tetap berjalan. Strateginya adalah pertama, dengan menjadikan olahraga tersebut sebagai bagian dari kebutuhan, jika olahraga tersebut sudah menjadi suatu kebutuhan pasti akan merasa ada yang kurang apabila tidak melaksanakan kegiatan tersebut. Kedua, menjadikan olahraga tersebut sebagai prioritas, dengan begitu sesibuk apapun aktivitas sehari-hari akan selalu diluangkan waktu untuk berolahraga. Ketiga, menguatkan niat untuk melakukan olahraga tersebut dengan tujuan supaya mendapatkan tubuh yang bugar, sehat, dan stamina yang prima.
     Dengan melakukan olahraga secara teratur akan berdampak positif bagi tubuh kita. Tentunya dapat membantu dalam kesiapan untuk berubah (readiness to change). Dalam penelitian Landers (dalam Pane, 2015) bahwa manfaat olahraga adalah pertama, meningkatkan daya tahan dadi tubuh. Kedua, dapat meningkatkan fungsi otak. Ketiga, dapat mengurangi stress. Ke empat, dapat menurunkan kolesterol.  Sedangkan dalam penelitian dadi Subekti (2021), menemukan manfaat dari olahraga lari adalah salah satunya untuk menjadikan jantung sehat dan mampu untuk meningkatkan stamina tubuh. Dari beberapa penelitian tersebut, saya menarik kesimpulan bahwa kegiatan yang lakukan secara continue ini akan membawa diri saya ke perubahan yang positif. 



Daftar Pustaka

Pane, Bessy Sitorus. 2005. Peranan Olahraga dalam Meningkatkan Kesehatan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 21 (79).

Subekti, Nuriska, Dkk. 2021. PENINGKATAN KESEHATAN MELALUI PROGRAM INFORMAL SPORT MASA PANDEMI COVID 19 MENUJU NEW NORMAL PADA MASYARAKAT DSN. KALAPANUNGGAL DAN DSN. ANCOL KEC. SINDANG KASIH KAB. CIAMIS. Jurnal Pengabdian Siliwangi, 07 (1).  17 - 22.

     
 

0 komentar:

Posting Komentar