5.1.23

Ujian Akhir Semester Psikologi Lingkungan (before after)


 Ujian akhir semester

Ulvi Isnaini

21310410103

Psikologi Lingkungan

Dosen pengampu: Dr. Arundati Shinta, M.A

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 

1.  1.a. Kegiatan yang saya pilih untuk essay 3 adalah kegiatan before-after atau membersihkan lingkungan dengan mengfoto sebelum da sesudah dibersihkan.

b. Saya memilih untuk melakukan kegiatan before-after karena kegiatan itu bisa dilakukan dalam waktu yang singkat, tidak seperti membuat kompos yang butuh waktu berbulan-bulan untuk bisa memanen hasil dari membuat kompos. Selain itu saya juga bisa traveling keberbagai tempat sambil mengerjakan tugas.

c. Cara yang bisa saya lakukan untuk melanjutkan kegiatan saya salah satunya yaitu dengan tidak membuang sampah sembarangan, tetap menjaga lingkungan saya tetap bersih dan sebisa mungkin untuk tidak meninggalkan sampah ditempat-tempat umum. Selain itu kegiatan ini juga dilanjutkan dengan ikut serta dalam kegiatan cinta alam seperti melakukan recycling dan reuse atau mendaur ulang dan kemudian menggunakannya kembali sampah-sampah yang didapatkan dengan berbagai kreativitas dan inovasi baru karena dengan begitu kegiatan ini bisa berlanjut bahkan bisa menciptakan peluang usaha tersendiri.

2. 2. Hubungan kegiatan before-after dengan hierarki prioritas pengelolaan limbah yaitu pada hierarki tersebut ada 6 prioritas pengelolaan limbah antar lain prevention (pencegahan), reduce (minimisation), reuce (menggunakan kembali), recycling (daur ulang), energy recovery (memanfaatkan limbah untuk keperluan energi), dan disposal (membuang / memusnahkan limbah). Kegiatan before-after ini merupakan salah satu dari hierarki prioritas pengelolaan sampah yaitu prevention, reuse, recyling dan disposal. Prevension sendiri merupakan pencegahan dari adanya timbulan sampah, dengan adanya kegiatan before after ini juga dapat membuat pencegahan dari adanya timbulan sampah ditempat umum sehingga tempat tersebut tetap bersih bebas dari limbah sampah. Kemudian kegiatan before-after juga berhubungan dengan hierarki prioritas pengelolaan limbah yaitu recyling atau mendaur ulang sampah dimana sampah yang dikumpulkan dari kegiatan before-after bisa dikreasikan menjadi barang-barang yang dapat digunakan kembali seperti botol plastik yang dijadikan sebagai lampu tidur seperti gambar diatas. Setelah itu reuce atau menggunakan kembali limbah atau sampah yang juga merupakan bagian dari hierarki prioritas pengelolaan limbah juga bisa diaplikasikan dalam kehidupan dengan menggunakan kembali sampah yang telah didaur ulang dengan berbagai kreasi sehingga dapat mengurangi timbulan sampah ditempat-tempat umum . Selain prevention dan reuse, kegiatan before-after juga termasuk dari hierarki prioritas pengelolaan limbah yaitu disposal atau membuang / memusnahkan limbah dimana limbah sampah yang dikumpulkan dari tempat-tempat umum yang sulit untuk didaur ulang tersebut bisa dimusnahkan oleh para pengelola tempat wisata atau tempat umu lainnya, sehingga tempat-tempat tersebut akan menjadi bersih dan bebas dari sampah. Dengan melakukan kegiatan before-after kegiatan mengurangi timbunan dan timbulan sampah dapat dilakukan sehingga tempat tersebut menjadi bersih dari sampah atau limbah.

3.  3. Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, yaitu asalan saya memilih kegiatan before-after. Alasan ini pula yang menjadi penyebab mengapa saya tidak memilih kegiatan membuat kompos, yaitu karena kegiatan membuat kompos membutuhkan waktu yang lama untuk bisa mendapatkan kompos siap pakai. Selain itu saya memiliki hobi traveling, jadi seperti berenang sambil minum air, saya bisa mendapatkan dua keuntungan dari kegiatan before-after yaitu saya bisa jalan-jalan namun saya juga bisa mengerjakan tugas. Jika saya membuat kompos, saya tidak akan bisa melakukan hobi saya yang lain. selain itu membuat kompos juga membutuhkan banyak waktu seperti harus sering mengaduk, terus menjaga agar tetap steril, dan waktu pemanenan yang membutuhkan waktu beberapa bulan.


Daftar Pustaka

Harahap, D.H., Elisa, Nugroho, R.W. & Widyaningsih, S.S. (2019). Kreativitas dan inovasi pada kegiatan pemanfaatan kembali sampah (reuse). Dalam A. Shinta (Editor). (2019). Memuliakan sampah: Konsep dan aplikasinya di dunia pendidikan dan masyarakat. Yogyakarta: Deepublish. Hal. 39-52.

0 komentar:

Posting Komentar