5.1.23

ESSAY UJIAN AKHIR MILIK MUSTIKA

 

Essay untuk ujian Akhir Psikologi Lingkungan

Nama : Mustika Febriani

NIM : 21310410004

Kelas : Psikologi SJ

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta , M.A


 


Untuk Essay ke-3 Kegiatan yang saya pilih adalah plogging. Mengapa saya memilih plogging? Karena ketika saya bekerja yang bisa saya lakukan dengan jadwal kerja saya yang tidak menentu jadwalnya adalah plogging , saya Bersama salah satu  teman satu kelas saya melakukan kegiatan plogging Bersama pada hari minggu. Kami berdua pergi ke stadion Maguwoharjo kemudian kami berjogging lalu sembari mengumpulkan sampah disekitar tempat kami. Rendahnya kesadaran orang sekitar yang membuang sampah dengan sembarangan membuat area stadion menjadi kotor karena banyak sampah berserakan. Salah satu cara yang bisa dilakukan agar kegiatan ini bisa berkelanjutan adalah ketika saya sedang libur bekerja saya berolahraga sembari melakukan kegiatan plogging dengan mengajak teman-teman saya dan bisa juga ketika saya melakukan kegiatan tersebut saya juga membuat dokumentasi untuk di share di social media saya untuk mengajak teman-teman online saya juga melakukan kegiatan yang sama. Sehingga saya menjadikan kegiatan saya untuk konten yang dapat mengedukasi orang-orang agar sadar betapa pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dengan cara seperti saya.

 Ada 6 Hirarkhi prioritas pengelolaan limbah yaitu : prevention, reduce, reuse , recycling , energi recovery dan disposal. Hirarkhi sampah telah memiliki beberapa konsep sejak beberapa decade lalu, yaitu strategi pengurangan sampah. Telah lama berada di ujung piramida hirarkhi . tujuan utama hirarkhi sampah adalah untuk memanfaatkan produk sebesar-besarnya dan menghasilkan sampah sedikit mungkin. Karena pencegahan sampah adalah titik tertinggi dari piramida hirarkhi sampah.

Prevetion (pencegahan) adalah mencegah dan mengurangi limbah. Kita bisa melakukan hal paling sederhana adalah membawa tas belanja agar tidak menggunakan plastic untuk membawa barang belanjaan bisa juga menggunkan sedotan dari kertas atau membawa botol minum agar tidak meninggalkan sampah bekas minuman.

 Reuse ( persiapan untuk menggunakan kembali ) atau memberikan produk kehidupan kedua sebelum mereka menjadi limbah. Recycle merupakan operasi pemulihan dimana bahan limbah diolah kembali menjadi produk , bahan atau zat baik untuk tujuan asli atau lainnya. Ini termasuk kompos . Disposal adalah pembuangan atau proses untuk membuang limbah baik itu penimbunan , insinerasi ,pirolisis,gasifikasi dan solusi finalis lainnya.

 

Kegiatan yang saya lakukan untuk essay ke-3 itu plogging yang berkaitan dengan hirarkhi prioritas pengelolaan limbah .  dengan kegiatan yang saya lakukan saat itu adalah mengurangi sampah di sekitar dengan cara memungutnya sambil melakukan kegiatan jogging. Kegiatan mengurangi sampah juga dapat di sebut dengan Reduce. Sampah-sampah yang kian hari semakin banyak karena masyarakat yang suka membuang sampah sembarangan padahal sudah disediakan tempat sampah. Dengan kegiatan ini saya dapat membantu Setidaknya mengurangi sampah dilingkungan tempat saya melakukan plogging pada hari itu. Saya berharap orang sekitar yang melihat saya dan teman saya akan mencontoh dan mengikuti kegiatan tersebut agar lingkungan menjadi bersih dan nyaman untuk digunakan berolahraga.

 

Alasan mengapa saya memilih untuk tidak membuat kompos adalah karena jadwal kerja saya yang full time dan sabtu minggu kadang saya mengambil part time sehingga susah untuk mencari waktu untuk melakukan kegiatan membuat kompos . namun dengan adanya tugas tersebut saya bisa sambil mencari celah untuk sedikit berolahraga pada saat bersamaan dengan mengerjakan kegiatan plogging. Kegiatan plogging selain menyehatkan juga ramah lingkungan.

 

Daftar Pustaka :

https://www.kaskus.co.id/thread/5ab9a9fc56e6af65718b4567/hirarki-pengelolaan-limbah/

https://studilingkungan.blogspot.com/

https://semnaslppm.ump.ac.id/index.php/semnaslppm/article/view/77/0

0 komentar:

Posting Komentar