5.1.23

Essay untuk Ujian Akhir Psikologi Lingkungan milik Deriska Indah

 

Essay untuk Ujian Akhir Psikologi Lingkungan

 

Nama : Deriska Indah Asokawati

Nim    : 21310410010

Prodi  : Psikologi SJ

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, M.A







Untuk essay ke-3 saya memilih kegiatan ploging atau sering disebut juga sebagai jogging sambil memungut sampah disekitar. Mengapa saya memilih kegiatan ini dari beberapa pilihan yang diberikan, karena disamping ada jadwal kerja yang tidak bisa diubah, hal ini bisa membuat badan menjadi sehat juga. Jogging adalah olahraga yang paling umum dilakukan dan bisa dilakukan dimana saja tanpa mengeluarkan uang untuk membayar membership gym. Jadi saya bisa mengerjakan 2 hal dalam waktu yang bersamaan yaitu jogging sambil membersihkan lingkungan sekitar dari sampah. Kegiatan ini bisa saya lakukan setiap libur kerja atau ada waktu senggang sekalian berolahraga. Saya juga bisa mengajak teman-teman saya untuk ikut saya melakukan ploging. Tidak susah pergi jauh-jauh untuk berolahraga, kalian bisa melakukan ploging ini disekitar rumah anda. Yang anda perlukan hanya plastic untuk tempat sampah yang kalian temukan dijalan.

 

Ada 6 hirarkhi prioritas pengelolaan limbah yaitu : prevention, reduce, reuse, recycling, energy recovery, dan disposal. Prevention adalah mencegah timbulnya limbah. Kita bisa melakukannya dari hal yang paling sederhana adalah selalu membawa tas belanja agar tidak menggunakan plastic untuk membawa barang belanjaan, bisa juga menggunakan sedotan yang terbuat dari kertas, atau selalu membawa botol minum agar tidak menimbulkan sampah dari gelas minuman yang kalian pakai ketika kalian membeli minuman diluar.

Reduce adalah mengurangi produksi sampah. kalian juga bisa melakukan kegiatan yang sederhana untuk mengurangi sampah disekitar kelian dengan cara, membuang sampah pada tempatnya dan memilah sampah yang ada. Recycling adalah mendaur ulang sampah. Hal ini bisa dilakukan dengan beberapa cara, bisa dengan cara dileburkan, dicacah, dilelehkan, dan bisa juga diibuat kerjinan tangan yang bisa digunakan Kembali bahkan bisa diperjual belikan dan mendapatkan keuntungan.

Reuse adalah menggunakan Kembali material yang bisa dan aman untuk digunakan Kembali, seperti bungkus makanan yang dibuat menjadi tas, ataupun kaleng bekas cat yang disulap mejadi pot bunga.

Recovery adalah sampah yang tidak bisa didaur ulang akan dicarikan jalan untuk dapat menghasilkan energi atau material yang lain dengan cara memproses berbagai sampah tadi menjadi residu.

Disposal adalah sampah atau produk sisa dari proses recovery yang biasanya berupa abu atau material lainnya yang akan dibawa ke TPA untuk diolah dan diproses disana agar tidak merusak lingkungan disekitarnya.

 

Kegiatan yang saya lakukan pada hari itu adalah ploging yanga artinya membantu mengurangi sampah yang ada disekitar saya atau disebut juga sebagai Reduce. Pada saat itu hanya ada saya dan teman saya yang melakukan kegiatan tersebut disana. Masyarakat disana banyak yang acuh terhadap sampah disekitar. Masih banyak masyarakat yang membuang sampah disembarang tempat padahal sudah disediakan banyak tempat sampah. Saya berharap banyak orang yang bisa mencontoh kegiatan tersebut agar lingkungan kita ini bisa terbebas dari polusi dan penyakit yang ditimbulkan dari penumpukan sampah.

 

Mengapa saya tidak memilih kegiatan kompos dari beberapa pilihan yang diberikan, karena saya adalah anak kos yang tidak banyak sampah dilingkungan saya. Sampah dilingkungan tempat tiggal saya hanya ada sampah kardus ataupun kertas untuk bungkus makanan dan tidak ada sisa makanan yang bisa untuk dijadiikan kompos. Selain itu adalah saya bekerja setiap hari dan jarang ada waktu untuk berolahraga karena hal tersebut saya memilih kegiatan ploging untuk tugas essay ke-3 ini.

 

 

 

 

Daftar Pustaka :

https://studilingkungan.blogspot.com/

https://semnaslppm.ump.ac.id/index.php/semnaslppm/article/view/77/0

https://waste4change.com/blog/konsep-prinsip-3r-reduce-reuse-recycle/

 

0 komentar:

Posting Komentar