5.1.23

ESSAY UAS_SYAIFULLOH AJI W_21310410009

SYAIFULLOH AJI WIDADA

21310410009

KELAS : SJ

1. Jawaban No. 1

a) Kegiatan yang akan saya lakukan berdasarkan essay ketiga adalah kegiatan before after

b) Karena kegiatan pembuatan  before after menurut saya lebih mudah dan membutuhkan waktu yang cukup singkat. Dalam kegiatan before after ini, kami memerlukan daerah yang kumuh kemudian akan diabadikan melalui foto, dan memberihkan tempat tersebut selama 1 jam, kemudian dan diabadikan kembali, maka akan terlihat perbedaanya. Yaitu lingkungan menjadi lebih bersih. Kegiatan ini lebih mudah diaplikasikan karena membutuhkan effort yang minim, dan tanpa perlu melakukan kerja sama dengan mitra dan hanya mengandalkan foto dan memberihkan tempat tersebut. Setelah dibersihkan selama 1 jam, ia kembali berfoto di lokasi yang sudah dibersihkannya beserta sampah yang sudah dimasukkan dalam karung (after). Selanjutnya foto kegiatan before-after ini kemudian diunggah ke media sosial seperti Instagram. Yang membuat sosialisasi pembersihan lingkungan digalakkan.

c) Kegiatan before after ini tetap dapat dilanjutkan, hal ini dapat dilaksanakan dengan menggandeng mitra pemerintah dapat menjadi seorang duta lingkungan maupun akrtifis lingkungan lainnya. kegiatan ini dapat dilakukan tanpa mengikuti mata kuliah psikologi lingkungan.

2. Pengaruh empat alternative pengelolaan limnbah membentuk hirarki dan tingkatan diawali dengan pencegahan banyaknya sampah yang dilakukan dengan melakukan sosialisasi peduli sampah dengan kegiatan before after. Kegiatan ini sangat mudah dilakukan dan diaplikasikan, kemudian kegiatan ini dapat diaplikasikan dengan membuat mini challenge before after. Kegiatan ini masuk dalam tingkatan awal hirarki pengelolaan limbah. Yaitu melakukan tindakan preventif adanya pencemaran lingkungan dan membersihkan lingkungan. Kegiatan ini dilakukan dengan mensosialisasikan kegiaatan kebersihan seperti pembersihan lingkungan kumuh dan memunguti sampah kemudian lingkungan tersebut menjadi lebih bersih.

3. Kegiatan pembuatan kompos membutuhkan waktu yang lama serta harus dilakukan berdasarkan aturan tertentu dan pengawasan. Selain itu juga, ketika membuat kompos maka harus berani untuk kotor karena yang diolah merupakan sampah sampah organik. Kegiatan kompos ini juga memerlukan ketelatenan dalam membuatnya. Sehingga lebih rumit jika dibandingkan dengan kegiatan alternative lainnya.

 

Sumber :

 Patimah, dkk. 2021. Strategi Promosi Pengelolaan Sampah di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Prosiding Satu Bumi. Vol 3 No. 1


0 komentar:

Posting Komentar