6.1.23

Rasakan manfaat Lari (UAS PSIKOLOGI INOVASI)

 

 

Tugas Essay

UAS PSIKOLOGI INOVASI

Dosen Pengampu: Dr. Arundhati Shinta,M,A.

Nama: Jhuan Riswanda Anasay 

NIM: 20310410035

 

 

RASAKAN MANFAAT BERLARI

Mengenal diri sendiri merupakan sebuah hal yang sederhana namun dapat membantu untuk melsayakan perubahan diri. Mengenal diri sendiri bukanlah hal yang mudah. Tidak semua individu dapat mengenal dirinya sendiri dengan jelas. Sehingga sulit dilsayakan perubahan jika kita tidak tau apa yang harus diubah, mengapa diubah, dan bagaimana hasilnya setelah melsayakan perubahan diri. Karena hal itulah, maka perubahan diri dimulai dari mengenal diri sendiri.

               Disini saya ingin berbagi pengalaman saya dalam merubah pola hidup dengan melsayakan kegiatan yaitu lari, baik pagi maupun sore. Walaupun kegiatan sehari-hari saya cukup padat karena sibuk kerja, saya tetap menyempatkan berolahraga minimal 2 kali dalam seminggu. Jadi sebenarnya saya melihat kebanyakan anak muda di lingkungan saya kurang altetis dalam artian kurang banyak bergerak, banyak yang pasif, dan ini termasuk saya. Saya juga nggak tahu ini salahnya di mana, mungkin karena dulu lari itu bentuk suatu hukuman, jadi banyak yang malas lari. Tapi semakin dewasa, banyak informasi dan akhirnya saya mencoba cari tahu mengenai lari ini dan ternyata begitu banyak manfaat yang saya dapatkan.

               Selain membuat kita sehat, lari ini juga bisa menjadi terapi untuk  kita atau bisa juga dikatakan sebagai self healing, Dengan lari, jadi bisa lebih fokus, berdamai dengan diri sendiri karena kan memang semua fokusnya hanya diri sendiri. Cuma badan kita, dan pikiran yang bisa membuat kita bisa sampai ke finish line. Setelah berada di dunia lari, ternyata lari ini bukan hanya masalah menang melawan orang lain,   tapi justru melawan diri sendiri. Ketakutan melawan jarak, ketakutan akan rute, bahkan harus melawan ego untuk bisa melawan orang lain. Jadi menurut saya lari ini bisa jadi salah satu poin filosofi hidup.

               Hobi lari mulai saya geluti dulu bermula dari diajak rekan yang punya hobi lari, setelah saya ikuti dan saya rasakan manfaatnya bagi tubuh, lari menjadi kegiatan rutin yang saya tekuni. Tiap minggu saya berlari dengan rute berpindah-pindah guna mengusir rasa jenuh, kadang di pegunungan kadang diperkotaan. Dan tiap minggu juga jarak yang saya tempuh juga semakin jauh, agar kemampuan stamina juga meningkat.

Menurut jurnal yang say abaca,Lari memang banyak sekali manfaatnya,

1.      Mengurangberatbadan
    Banyak orang yang memilih olahraga lari untuk mengurangi berat badan atau olahraga jenis kardio lainnya, hal ini di sebabkan karena olahraga lari dapat memicu pembakaran kalori dalam tubuh anda . Banyaknya kalori yang dibakar dipengaruhi oleh seberapa cepat dan seberapa jauh jarak lari Anda. Meski banyaknya kalori juga dipengaruhi oleh faktor lain misalnya berat badan, tapi setidaknya dalam jarak 1,5 km Anda dapat membakar kurang lebih 100 kalori dari dalam tubuh.

2.      Baikbagikesehatanlutut
Melakukan olahraga lari dapat berperan pada lutut yang sehat, bahkan pada penderita arthritis sekalipun. Studi menunjukkan bahwa mereka yang melakukan olahraga lari dapat menurunkan risiko arthritis pada lutut dan pinggul, serta merangsang pertumbuhan tulang rawan pada lutut.

3.      Mencegahosteoporosis.
Olahraga lari dapat memicu pembentukan sel-sel tulang baru. Hal ini yang membuat tulang Anda menjadi lebih kuat dan dapat menurunkan risiko terkena osteoporosis di kemudian hari.

4.      Mengurangiresikojantungcoroner.
Berlari lebih dari 16 km per minggu setidaknya bisa meningkatkan HDL atau kolesterol baik dalam tubuh Anda. Manfaat lari lainnya yang bisa Anda dapat yaitu, berkurangnya kadar trigliserida dan lemak dalam tubuh. Dan jika Anda bisa meningkatkan jarak lari hingga 80 km per minggu, Anda akan mengalami peningkatan HDL yang signifikan.

 

 

Daftar Pustaka:

Kurnia,asep nenggala. 2006. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Erlangga :

Jakarta.

 

 

 

 

0 komentar:

Posting Komentar