6.1.23

Perubahan Diri Dengan Berolahraga

 Essay Ujian Akhir Semester

Psikologi Inovasi

(Semester Ganjil 2022/2023)

Mohammad Evansyah (19310410049)

Dosen Pengampu : Dr., Dra. Arundati Shinta, M.A

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


Olahraga merupakan serangkaian gerak raga yang teratur dan terencana untuk memelihara hidup, meningkatkan kualitas hidup, dan mencapai tingkat kemampuan jasmani yang sesuai dengan tujuan. Akibat dari aktivitas olahraga secara mendasar akan terjadi suatu perubahan terhadap sistem tubuh secara menyeluruh. Untuk perubahan yang lebih baik, saya juga melakukan aktivitas olahraga. Jenis olahraga yang saya lakukan ada Futsal dan Sit Up sebagai olahraga tambahan. Olahraga Futsal merupakan permainan sepakbola yang dilakukan di dalam ruangan dan jenis lapangan dan bola yang dipakai lebih kecil daripada lapangan sepak bola pada umumnya. Dari lapangan yang relatif kecil, hampir tidak ada waktu untuk berbuat kesalahan. Dan sit up merupakan salah satu bentuk latihan kesegaran jasmani, dimana latihan ini bertujuan untuk mengukur, melatih dan meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot perut. Saya melakukan aktivitas olahraga ini 1 kali setiap minggunya selama 8 minggu tanpa terputus. Ini saya lakukan agar bisa meningkatkan skill, kemampuan, mengencangkan otot dan menjaga kondisi fisik saya. 

Alasan saya memilih Futsal karena hobi dan sudah menjadi rutinitas setiap minggunya, dan mengapa saya memilih sit up sebagai olahraga tambahan karena sit up merupakan salah satu olahraga yang sangat mudah dan bisa dilakukan dimana saja. Jika pada olahraga futsal melatih saya untuk meningkatkan skill, kreativitas, kecepatan berpikir, dan mengembangkan kerjasama team, Pada gerakan sit up ini saya lebih memfokuskan untuk menambah kekuatan pada otot perut serta menjaga kestabilan dan keseimbangan tubuh. 

Kegiatan olahraga yang saya lakukan akan terus saya tekuni meskipun sudah tidak mengambil mata kuliah psikologi inovasi. Cara saya yaitu tidak bermalas-malasan dan berkomitmen bahwa saya harus berolahraga minimal 1 kali dalam seminggu. Selalu menjaga konsistensi dalam berolahraga, disiplin, serta selalu membiasakan diri dalam berolahraga. Melakukan kegiatan olahraga dengan senang hati agar bisa menikmati proses perkembangannya. Saya akan menanamkan pola pikir bahwa berolahraga untuk pengembangan diri, dengan berolahraga pola hidup akan sehat dan kondisi tubuh akan tetap bugar.

Menurut saya, melakukan kegiatan olahraga itu berkaitan dengan readiness for change (kesiapan untuk berubah). Holt, Armenakis, Harris, et al., (dalam Selviani, et al 2019:2) menyatakan bahwa readiness for change (kesiapan individu untuk berubah) menggambarkan seberapa besar individu atau sekelompok individu cenderung menyetujui, menerima dan mengadopsi mengubah sementara sikap dan perilakunya agar sesuai dengan harapan perubahan. Menurut pemaparan tersebut artinya readiness for change merupakan suatu proses yang terjadi pada seseorang yang siap dan mampu menghadapi sebuah perubahan pada sesuatu.


   

Daftar Pustaka :

Selviani, S., Lisa, W., & Dinda, D. 2019. Studi Deskriptif Readiness for Change pada Karyawan Perusahaan Manufaktur di PT. “X” Bandung. Prosiding Psikologi. 5(2)

Sidik, D. Z & Giriwijoyo, S. 2013. Ilmu Faal Olahraga. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wahyono, R. A. B. 2017. Pengaruh Latihan Sit Up, Back Up Dan Flexebility Terhadap Peningkatan Jauhnya Heading Pada Siswa SSB KKK KU 13 – 15 Tahun. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta : Yogyakarta. 


0 komentar:

Posting Komentar