6.1.23

Peduli terhadap lingkungan itu penting

  



UJIAN AKHIR SEMESTER

PSIKOLOGI LINGKUNGAN

Nama : Ade Diah Palupi

Nim : 21310410081

Dosen pengumpu : Dr.Arundati Shinta,M.A.

Dalam abad modern ini banyak kegiatan atau perbuatan manusia untuk memenuhi kebutuhan biologis dan kebutuhan teknologi sehingga banyak menimbulkan pencemaran lingkungan. Pencemaran lingkungan disebabkan oleh beragam faktor. Namun, faktor terbesarnya adalah manusia. Sadar atau tidak, kita telah berkontribusi dalam proses pencemaran lingkungan. Mulai dari pertambahan jumlah penduduk yang tak terkendali, banyaknya sumber-sumber zat pencemaran sehingga alam tak mampu menetralisir. Dengan adanya begitu banyak penyebab pencemaran lingkungan itu sendiri menghasilkan berbagai dampak pula kepada lingkungan yang ada dan hal ini dilakukan analisis pada buku Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal).

Dari banyaknya kegiatan yang dapat membatu menjaga dan mengelola lingkungan ,kegiatan yang sangat menarik bagi saya yaitu melakukan Before After. Before after merupakan kegiatan dimana kita pergi ke suatu tempat yang biasanya ramai dan tempat yang ramai tersebut kita akan snagat mudah untuk menemuka sampah pencemar lingkungan dari para pengunjung yang tidak membuang sampah pada tempat nya.yang kita lakukan dalam kegiatan before after ini adalah kita mengambil potret before dari tempat tersebut yang di mana masih dipenuhi oleh sampah sampah ,selanjutnya kita melakukan before after yaitu membersihkan dan mengumpulkan smpah sampah tersebut .setelah lingkungan tersebut menjadi bersih mak kikta akan mengambil potret after dari ingkungan tersebut yang sudah bersih dari sampah.

Hal yang sangat menyenangkan dan dapat bermanfaat bagi lingkungan.hal itu yang menjadi alasan say untuk memilih before after dalam upaya menjaga lingkungan.selain dapat menjaga lingkungan kegiatan before after juga menjadi suatu wadh untuk kita berkunjung ke tempat tempat yang baru bukan hanya untuk sekedar berlibur tapi juga dapat membantu mengurangi pencemaran lingkungan akibat sampah sampah yang berserakan.kebersihan lingkungan adalah tanggung bjawab bersama dan seharusnya selurus masyarakan dapat menerapkan hal itu pula untukmenjaga lingkungan.

Ada banyak sekali cara agar kegiatan positif terseut dapat berkelanjutan dan tidak menjadi kegiatan musiman saja.salh satu contoh nya adalah memberikan contoh agar di lihat oleh orang lain dan mengajak orang terdekat kita dahulu untuk memulainya .

Menurut (Chowdhury, Mohammad, Ul Haque & Hossain, 2014; Harahap, hal yang paling di sarankan adalah Prevention atau pencegahan yang secara tidsk langsung akan mengurangi membeludaknya sampah.prioritas kedua yaitu minimisation atau reduce yaitu cata meminimalkan dan mengurangi sampah dan yang ketiga adalah recycling atau membuat kembali (mendaur ulang) sampah sampah yang bisda di daur ulang.dan yang terakhir energy recovery atau memnafaatkan limbah untuk kepentingan energy.

Kegiatan before after yang saya lakuka merupakan bentuk dri pengamalan reduce atau mengurangi pencemaran sampah dengan cara before after yaitu mengumpulkan sampah yang berda di tempat sembarangandan saya kumpulkan di tempat yang seharusnya.

Mengapa saya tidak melakukan kegiatan membuat kompos dalam upaya mengurangi sampah ,salah satu alasan nya adalah pembuatan kompos sangat lah kompleks dan membutuhkan bahan bahan serta alat alat yang cukup banyak,selanjutnya pembuatan kompos memerlukan ketelatenan yang tinggi karna harus di cek setiap hari dan emrlukan waktu yang lama hal ini sepertinya tidak efektif di diri saya.

Daftar Pustaka

(Chowdhury, Mohammad, Ul Haque & Hossain, 2014; Harahap,   Elisa, Nugroho & Widyaningsih, 2019). 


Harahap, D.H., Elisa, Nugroho, R.W. & Widyaningsih, S.S. (2019). Kreativitas dan inovasi pada kegiatan pemanfaatan kembali sampah (reuse). Dalam A. Shinta (Editor). (2019). Memuliakan sampah: Konsep dan aplikasinya di dunia pendidikan dan masyarakat. Yogyakarta: Deepublish. Hal. 39-52

0 komentar:

Posting Komentar