6.1.23

MENJAGA KEBERSIHAN LINGKUNGAN DENGAN PLOGGING

Essay Ujian Akhir Semester

Psikologi Lingkungan

Dosen Pengampu:

Dr. Arundati Shinta, M.A

Oleh :

Putri Dahliani (21310410110)

Kelas Karyawan SJ

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta



Apa yang dimaksud denggan plogging?

Plogging yaitu olahraga sambil menjaga lingkungan yang berasal dari kata “lari” dengan mengumpulkan sampah yang berserakan ke dalam plastik. Oleh karena itu, Plogging merupakan kegiatan mengumpulkan sampah saat kita sedang berlari kecil. Kita hanya membutuhkan pakaian olahraga yang sesuai untuk berlari dan kantong sampah untuk meletakkan semua sampah yang ditemukan di sekitar. Para ahli mengatakan bahwa modalitas “lari” ini adalah pilihan yang bagus untuk kebugaran dan penurunan berat badan sambil menjaga lingkungan. Menurut ahli, Plogging dapat membakar 300 kalori untuk setiap 30 menit latihan, berkat kombinasi dari latihan lari terus menerus dengan mengumpulkan sampah.

Kata Plogging adalah gabungan dari kata dalam bahasa Swedia “ plocka upp ,” yang berarti mengambil, dengan kata “ jogging ,” yang berasal dari kata dalam bahasa Inggris yaitu berlari kecil. Plogging juga bisa dilakukan saat mendaki, bersepeda gunung, dan scuba diving, serta jenis olahraga lainnya yang berkaitan dengan menjaga lingkungan. 

A. Kegiatan yang saya pilih untuk essay 3 adalah kegiatan Plogging

B. Alasan saya melakukan kegiatan tersebut adalah  untuk memulihkan alam dalam mengurangi pencemaran lingkungan, terutama pelestarian ekosistem darat Jika seluruh dunia memanfaatkan waktu dan energi mereka untuk memungut sampah di sepanjang jalan, perubahan besar telah kita mulai dalam waktu yang sangat singkat untuk menyelamatkan bumi ini. Plogging juga bermanfaat untuk fisik kita.  selain itu melakukan kegiatan plogging juga sangat mudah, untuk memulai Plogging kita hanya perlu membawa sepasang sarung tangan untuk perlindungan dan kebersihan serta kantong sampah. Sarung tangan akan melindungi tangan kita dari benda tajam, seperti pecahan kaca. Setiap kelompok dapat dikelompokkan untuk pembagian jenis sampah tertentu yang akan dipungut seperti gelas, plastik, kertas, baterai, dan sampah yang tidak dapat didaur ulang.

c. cara yang saya lakukan agar kegiatan tersebut bisa berkelanjutan adalah dengan melakukan kegiatan tersebut terus-menerus sehingga dapat menjadikan kegiatan tersebut menjadi kebiasaan sehari-hari. dengan mengetahui manfaat plogging yaitu bisa menjaga kesehatan fisik dan mental, serta membuat perubahan baru yang berkelanjutan itu akan membuat kita menjadi bersemangat untuk melakukannya

2. Plogging dengan hirarki prioritas pengelolaan limbah sangat berkaitan erat, Hierarki prioritas pengelolaan limbah menujuk pada 3R, yaitu Reuse, Reduce, dan Recycle yang mengklasifikasikan strategi manajemen sampah menurut apa yang sesuai. Urutan hierarki prioritas pengelolaan limbah dari yang tertinggi ke yang terbawah yaitu pencegahan, pengurangan sampah, penggunaan kembali, daur ulang, penghematan energi, dan pembuangan.

Hierarki prioritas pengelolaan limbah telah memiiki beberapa konsep sejak beberapa dekade lalu, tetapi konsep awal, yaitu strategi pengurangan sampah, telah lama berada di dekat ujung piramida hierarki. Tujuan utama hierarki prioritas pengelolaan limbah adalah untuk memanfaatkan produk sebesar-besarnya dan menghasilkan sampah yang sesedikit mungkin, karena pencegahan sampah adalah titik tertinggi dari piramida hierarki prioritas pengelolaan limbah. Beberapa ahli manajemen sampah megkonsepkan 4R dengan menambahkan satu R, yaitu Rethink, yang mengimplikasikan arti bahwa sistem manajemen sampah akan efektif bila manusia memiliki cara pandang baru mengenai sampah. penjelasan diatas membuktikan bahwa kegiatan plogging berkaitan dengan hierarki prioritas pengelolaan limbah karena kegiatan plogging adalah kombinasi dari lari laun dengan memungut sampah yang berserakan dengan tujuan mengurangi sampah

3. Alasan saya tidak memilih kegiatan kompos karena kegiatan kompos lebih rumit dilakukan dan membutuhkan waktu yang cukup lama dibandingkan dengan plogging yang hanya membutuhkan perlengkapan jogging dan kantung sampah dengan berlari kemudian memungut sampah. selain itu plogging juga tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan kita saja tetapi juga bermanfaat untuk lingkungan kita.

Daftar Pustaka :

Olahkarsa Blog (2022) Plogging : Olahraga Sambil Menjaga Lingkungan

Chowdhury, A.H., Mohammad, N., Ul Haque, Md.R. & Hossain, T. (2014). Developing 3Rs (reduce, reuse and recycle) strategy for waste management in the urban areas of Bangladesh: Socioeconomic and climate adoption mitigation option. IOSR Journal of Environmental Science, Toxicology and Food Technology (IOSR-JESTFT. 8(5), Ver. I, May, pp. 09-18.

Harahap, D.H., Elisa, Nugroho, R.W. & Widyaningsih, S.S. (2019). Kreativitas dan inovasi pada kegiatan pemanfaatan kembali sampah (reuse). Dalam A. Shinta (Editor). (2019). Memuliakan sampah: Konsep dan aplikasinya di dunia pendidikan dan masyarakat. Yogyakarta: Deepublish. Hal. 39-52

0 komentar:

Posting Komentar