6.1.23

MENCIPTAKAN LINGKUNGAN YANG BEBAS DARI SAMPAH MELALUI PLOGGING

 Menciptakan Lingkungan Yang Bebas Dari Sampah Melalui Plogging

Essay Untuk Ujian Akhir Psikologi Lingkungan

Dosen Pengampu: Arundati Shinta

Nama: Bella Azahar Br Tarigan

NIM: 21310410033

 



Pada mata kuliah Psikologi Lingkungan kita diberikan tugas untuk mengerjakan sebuah Essay yang tema kegiatan essay tersebut diberikan empat pilihan yaitu: Before-after,membuat kompos,Plogging,dan bank sampah.Dari keempat pilihan kegiatan tersebut saya memilih Plogging sebagai kegiatan yang nantinya akan dibuatkan essay.Plogging dapat diartikan sebagai aktivitas jogging yang dibarengi dengan aksi pungut sampah.Istilah “plogging” berasal dari frase Bahasa Inggris “jogging” dan “plocka upp”, istilah Swedia yang berarti “picking up” atau memungut, dalam hal ini memungut sampah.plogging adalah tren fitness Swedia yang mengkombinasikan kegiatan jogging sembari memungut sampah.Hal ini dimulai dari kepedulian segelintir orang yang hobi lari pagi tentang sampah yang ada di sekeliling mereka. Alhasil, mereka berniat untuk membantu membersihkan sampah-sampah yang ada pada sepanjang rute jogging.Alasan saya memilih Plogging pada pembuatan essay ketiga ialah karena dorongan kegiatan ini bertujuan untuk melihat sisi inisiatif dan inovatif, seperti Plogging memungkinkan kita untuk olahraga sambil menjaga lingkungan. Kegiatan ini sangat menginspirasi banyak orang untuk menunjukkan betapa pentingnya menjaga planet kita.Selain itu,Menurut ahli, Plogging bisa membakar 300 kalori untuk setiap 30 menit latihan, berkat kombinasi dari latihan lari terus-menerus dengan mengumpulkan sampah.Plogging juga bermanfaat untuk fisik kita. Tindakan seperti membungkuk untuk mengambil objek dan meluruskan lagi adalah cara yang bagus untuk memperkuat pinggang dan kaki kita. Dengan melakukan Plogging, olahraga jadi lebih menyenangkan dan tidak membosankan. Setiap orang dapat menyesuaikan durasi latihan dan panjang rute sesuai dengan kemampuan fisik masing-masing. Oleh karena itu, Plogging cocok dilakukan oleh segala usia.

Menurut saya melalui Plogging ini banyak sekali hal positif yang dapat kita terima bahkan orang-orang disekitar kita.Oleh karena itu,kegiatan ini perlu rutin kita lakukan dengan cara menanamkan pada diri sendiri bahwa kita harus ikut ambil peran demi mewujudkan lingkungan yang bersih sehingga kita yang ada di dalamnya juga akan ikut merasakan kenyamanan di lingkungan tersebut.Tidak hanya itu,jika kita berprilaku hidup bersih dan peduli terhadap lingkungan maka kita akan jauh dari penyakit ataupun bakteri disekitar kita.Dengan adanya prinsip seperti ini pada diri kita masing-masing maka kegiatan Plogging ini bisa terus menerus kita lakukan meskipun tidak ada tuntutan yang mengharuskan kita melakukan Plogging ini.

Kegiatan Plogging tentunya sangat berkaitan atau berhubungan dengan Hirarki prioritas pengelolaan limbah.Mengapa demikian?.Karena,Hirarkhi limbah menyebutkan ada 6 tingkatan pengelolaan sampah yakni prevention, reduce, reuse, recycling, energy recovery dan disposal.Kaitannya dengan Plogging ialah karena kita sudah termasuk kedalam kategori pencegahan dan pengurangan sampah.Dimana hal tersebut menjadi strategi awal manajemen sampah yang diterapkan oleh Hirarki prioritas pengelolaan limbah.Tujuan utama dari hirarki sampah ini adalah untuk memanfaatkan produk sebesar-besarnya dan menghasilkan sampah yang sesedikit mungkin, karena pencegahan sampah adalah titik tertinggi dari piramida hierarki sampah.Sistem manajemen sampah juga akan efektif bila manusia memiliki cara pandang baru mengenai sampah.

Dari keempat alternatif yang diberikan salah satunya ialah pembuatan kompos.Tetapi saya tidak memilih kegiatan tersebut dikarenakan,bahan-bahan pembuatan yang kurang memadai ditambah juga pembuatan kompos membutuhkan waktu yang lama menunggu hasilnya.Selain dari pada itu,melihat jadwal kuliah atau waktu yang kurang memadai membuat saya tidak memilih pembuatan kompos sebagai bahan acuan pembuatan essay ketiga.

Keempat Alternatif yang diberikan merupakan kegiatan yang sangat positif dan memiliki dampak yang sangat baik apabila kita lakukan secara rutin.Sebagai generasi muda khususnya mahasiswa di zaman sekarang ini,banyak dari kita yang mengabaikan kebersihan lingkungan.Padahal kebersihan lingkungan sangatlah berpengaruh pada keberlangsungan kehidupan manusia.Oleh karena itu,jadilah pemuda yang peka terhadap lingkungan dan berani beda dari yang lain demi mewujudkan dan menciptakan lingkungan yang sehat dan bebas dari sampah.

 

Daftar Pustaka :

Webmaster.2020."Mengenal Plogging,Aktivitas Menyehatkan dan Juga Ramah Lingkungan",https://dlh.semarangkota.go.id/mengenal-plogging-aktivitas-menyehatkan-dan-juga-ramah-lingkungan,diakses pada 06 Januari 2023 pukul 09.52.

(September 2021).Plogging: Olah raga sambil menjaga lingkungan.Blog Olahkarsa.https://blog.olahkarsa.com/plogging-olahraga-sambil-menjaga-lingkungan.

Enviro.(26 Januari 2012).Prinsip Hirarki Pengelolaan Limbah.http://et-konsultanlingkungan.blogspot.com/2012/01/prinsip-hirarki-pengelolaan-limbah.html?m=1

hirarkhi prioritas pengelolaan limbah (Chowdhury, Mohammad, Ul Haque & Hossain, 2014; Harahap, Elisa, Nugroho & Widyaningsih, 2019).

 

0 komentar:

Posting Komentar