6.1.23

Menciptakan Lingkungan dan Tubuh Sehat Dengan Plogging

 

Plogging Trend Olahraga Cinta Bumi & Peduli Lingkungan




Ujian Akhir Semester Ganjil

Psikologi Lingkungan

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta

Nurul Mawaddah (21310410028)

Reguler (A)


Dalam beberapa tahun terakhir, kita telah menyaksikan pertumbuhan sisa sampah yang menumpuk di alam, dari pasang surut plastik di laut hingga tempat pembuangan di hutan. Mengatasi permasalahan ini tidak mudah, namun itu perlu dan sangat mungkin diatasi. Implementasi aksi pelestarian bumi semakin terintegrasi di berbagai bidang, salah satunya olahraga. Dorongan kegiatan ini bertujuan untuk melihat sisi inisiatif dan inovatif, seperti Plogging. Plogging memungkinkan kita untuk olahraga sambil menjaga lingkungan. Kegiatan ini sangat menginspirasi banyak orang untuk menunjukkan betapa pentingnya menjaga planet kita.

Istilah plogging berasal dari frase Bahasa Inggris jogging dan plocka upp, istilah Swedia yang berarti picking up atau memungut, dalam hal ini memungut sampah. Ya, plogging adalah tren fitness Swedia yang mengkombinasikan kegiatan jogging sembari memungut sampah.

Selain plogging sendiri, ada juga variasi aktivitas lain yang berasal dari istilah plogging, seperti “taking a palk (berjalan-jalan sambil plogging) atau pike (hiking sambil plogging). Aktivitas yang mendorong orang untuk tetap sehat sambil menjaga lingkungan ini, telah menyebar ke seluruh dunia tetapi belum begitu populer di Indonesia.

Pada tugas essai sebelumnya saya mengambil aktivitas plogging karena banyak sekali manfaat plogging, selain baik untuk Kesehatan kita juga turut berkontribusi membersihkan lingkungan dari sampah. Berikut beberapa manfaat yang bisa didaptkan dari melakukan plogging :

1.Kesehatan dan Olahraga

Menurut Institut Karolinska, resiko penyakit depresi, obesitas dan kanker bagi orang-orang yang banyak duduk dan tergolong tidak aktif secara fisik meningkat sebanyak dua kali lipat, baik untuk orang dewasa maupun anak-anak.

Tidak diragukan lagi bahwa menggerakkan tubuh kita akan memberi manfaat untuk kesehatan, dan plogging merupakan aktivitas sederhana yang mencakup variasi gerakan seperti berjongkok atau membungkuk.

2. Menangani Polusi Plastik

Sampah-sampah yang dibuang sembarangan dan tidak dipungut oleh orang pasti akan berakhir di tempat yang tidak semestinya, seperti di sungai dan pada akhirnya laut. Plogging bisa membantu mencegah sampah-sampah tersebut agar tidak berakhir di laut dan mencemari ekosistem di dalamnya.

3. Menyelamatkan Satwa Liar

Ketika kita menyampah dan mengotori lingkungan, salah satu yang akan menderita ialah satwa dan hewan liar, seperti bagaimana penyu dan mamalia laut seringkali tersedak kantong plastik atau terjerat plastik yang kita buang.

Faktanya, tidak hanya mamalia laut yang menderita, tetapi juga burung laut, serta hewan-hewan yang memiliki habitat di pesisir.

Dan kegiatan ini bisa saja dilakukan berkelanjutan meskipun masih belum bisa rutin, dikala ada waktu luang dan tidak ada kesibukan mudah untuk kita melakukan kegiatan plogging. Karena untuk melakukan kegiatan ini kita tidak harus ribet cukup dengan bermodalkan membawa kantong sampah daur ulang dan berlari selayaknya jogging sambil memungut sampah-sampah yang masih berserak.

Setelah melakukan aktivitas Plogging ini kita bisa memilah sampah-sampah yang bisa didaur ulang, memanfaatkan Kembali sampah menjadi barang yang bisa digunakan kembali, contohnya dari sampah botol dan bungkus plastic snack bisa dibuat menjadi beberapa kerajinan menjadi sesuatu yang memiliki nilai jual.

Saya tidak mengambil kegiatan membuat kompos karena prosesnya yang lumayan lama dan butuh ketelatenan dalam membuat dan menunggu proses dari sampah hingga menjadi pupuk kompos yang bisa digunakan. Maka dari itu saya lebih memilih untuk mengambil aktivitas plogging, yang mana aktivitas ini lebih simple untuk dilakukan dan juga memiliki banyak manfaat untuk Kesehatan tubuh dan lingkungan.

 

Daftar Pustaka :

https://waste4change.com/blog/plogging/

0 komentar:

Posting Komentar