6.1.23

 

KEGIATAN PLOGGING DISERTAKAN MENDAUR ULANG SAMPAH

 

ESSAY UJIAN AKHIR SEMESTER

Nama : Sylvia Anggraeni

NIM : 21310410027

Kelas : Karyawan SJ

Mata Kuliah : Psikologi Lingkungan

 

Prodi Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Tugas ini dibuat untuk memenuhi Ujian Akhir Semester 3 dosen pengampun Dr. Arundati Shinta M.A





 

1.      Sampah adalah masalah yang memang harus segera di atasi, dikarenakan setiap sudut tempat pasti akan ada sampah yang berserakan. Dan tak hanya itu untuk sampah sendiri masih banyak orang- orang yang memang tidak peduli dengan sampah disekitarnya. Dan yang bisa memulai untuk merubah itu adalah diri kita sendiri, banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mengurangi sampah. Contohnya adalah kegiatan plogging yang seperti saya lakukan dalam menjaga lingkungan dari sampah. Dan untuk ploging nya sendiri saya lakukan di empat tempat dan masih berada di daerah rumah saya. Ketika kita berolahraga kegitan itu juga bisa kita lakukan dengan memungut sampah di sepanjang jalan, sehingga tidak hanya badan saja yang bergerak akan tetapi juga bisa menjaga lingkungan sekitar.

Alasan saya memilih kegiatan plogging dikarenakan saya sendiri orang yang sangat malas ketika harus berolahraga dan saya juga melihat didaerah rumah saya masih banyak sekali sampah. Dan hal itu bisa terus menerus saya lakukan karena menurut saya kegiatan ini sangat positif dan minimal bisa saya lakukan 2 kali dalam seminggu meskipun saya tidak mengambil mata kuliah psikologi lingkungan lagi.  

Tak hanya itu saya juga membuat satu bentuk mainan mobil – mobilan yang terbuat dari tusuk sate dan botol aqua . dan mainan itu bisa digunakan untuk keponakan saya bermainan, sehingga tidak hanya mencari sampah untuk di bersihkan akan tetapi ketika sampah itu di kelola dengan baik maka akan menjadikan sebuah barang atau bisa juga di jual dan bisa di jadikan pundi-pundi rupiah juga.

2.       hubungan antara plogging dengan hirarki prioritas pengelolaan limbah sangat erat kaitannya dimana dalam hirarki prioritas pengelolaan sampah sendiri terdapat 6M pengelolaan limbah yaitu : mencegah, mengurangi, menggunakan kembali, mendaur ulang , memperoleh kembali dan mengelola secara aman.

Dimana terlihat untuk langkah yang memang menjadi faktor pencegahan limbah, untuk langkah kedua dengan mengurangi sampah yang memang berserakan contohnya adalah dengan kita membawa tas belanja dari rumah supaya mengurangi sampah plastik yang memang menjadi PR bagi masyarakat indonesia dimana sampah plastik penyumbah terbesar dari sampah-sampah yang ada di indonesia.

Langkah ketiga yang bisa dilakukan adalah menggunakan kembali sampah yang ada contohnya sesuai yang saya lakukan dengan membuat mainan dari botol aqua yang sudah tidak digunakan.

Langkah keempat adalah proses memanfaat kan limbah dan dilanjutkan dengan langkah kelima dimana pemanfaat limbah dan langkah terakhir atau langkah keempat adalah proses pengelolaan limbah dengan cara penimbunan sampah.

Dalam plogging sendiri saya memilih hubungan prioritas ada pada langkah ketiga dan keempat. Dimana selain memungut sampah saya mendaur beberapa sampah untuk dijadikan mainan.

3.      alasan saya tidak memilih membuat kompos karena saya selain kuliah akan tetapi saya juga bekerja dimana bekerja saya pulan di jam 5 sore sehingga saya tidak ada waktu untuk membuat kompos itu sendiri. Dan tak hanya itu untuk kompos sendiri harus dilakukan pengadukan sehari dua kali. Maka dari itu saya lebih memilih esay 3 dengan kegiatan plogging. Dimana untuk kegiatan plogging sendiri bisa dilakukan sewaktu-waktu ketika memang ada waktu luang.  Dan memang untuk kegiatan plogging sendiri sangat banyak mafaatnya juga menurut saya dan juga kegitan itu bisa berguna untuk lingkungan sekitar kita juga. Dan tak hanya itu plogging juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh saya.

 

Referensi :

(Chowdhury, Mohammad, Ul Haque & Hossain, 2014; Harahap, Elisa, Nugroho & Widyaningsih, 2019).

https://waste4change.com/blog/plogging/

0 komentar:

Posting Komentar