6.1.23

KEGIATAN POSITIF UNTUK PERUBAHAN DIRI

 TUGAS ESSAY 

UAS PSIKOLOGI INOVASI

KEGIATAN POSITIF UNTUK PERUBAHAN DIRI

Dosen Pengampu : Dr.Arundhati Shinta,M.A.

Nama : Rina widya A.

Nim : 2030410045


 






Perubahan memanglah tak mudah,apalagi itu sudah menjadi suatu kebiasaan yang setiap hari dilakukan. Perubahan ada 2 yaitu perubahan menjadi positif atau negatif. Perubahan negatif bisa saja membawa pengaruh yang buruk di kehidupan kita dan bisa saja malah menjadi beban hidup kita kelak. Beda hal nya dengan perubahan positif,perubahan positif bisa membuat hidup menjadi lebih baik dan terarah.

Pengalaman Pribadi

Disini saya ingin menceritakan sedikit perubahan positif saya selama 1bulan belakangan ini. Dulu saya bisa disebut orang yang sangat malas gerak atau bahasa gaulnya mager. Di samping saya bekerja saya juga masih mengurus kuliah yang membuat saya menjadi lebih memilih jalan instan daripada harus ribet dalam mengerjakan sesuatu. Saya asli jogja dan kemudian merantau ke wonosobo. Kebiasaan saya dirumah yang selalu dibantu oleh orang tua saya dan jarang saya bisa mandiri ahirnya berakhir ketika saya mulai merantau ke wonosobo. Disini saya benar2 merasakan hal yang sangat berbeda yang membuat saya kaget dan bingung. Segala macam kegiatan harus saya lakukan sendiri mulai dari membersihkan kamar tidur,kamar mandi,dll. Salah satu hal yang sangat sulit saya lakukan adalah memasak. Di awal saya merantau saya masih dengan mudah untuk pesan makanan,tapi semakin lama saya rasakan itu membuat pengeluaran saya menjadi semakin banyak dan sulit untuk menabung. Ahirnya saya berfikir dari situ untuk mulai belajar memasak,memang lah tidak mudah tapi saya harus memaksa itu agar pengeluaran saya tidak terlalu banyak. Saya yang tidak pernah bangun pagi ahirnya subuh atau sekitar jam 6an sudah harus ke pasar membeli bahan2 untuk dimasak, yaa di awal awal memang susah dan sulit untuk membagi waktu karena jam 9 saya sudah harus berangkat kerja. Tapi lama kelamaan saya rasa itu perubahan baik yang bisa menguntungkan hidup saya. Dari situ saya bisa jadi menyisihkan uang dan menabung. Saya bisa merasakan perubahan positif itu setelah 2bulan saya belajar memasak dan alhamdulilah nya sampe sekarang saya bisa membuat olahan makanan sendiri yang saya per jual belikan untuk menambah penghasilan saya.

Masak Bantu Meredakan Stres

Pandemi COVID-19 masih terus menjadi isu terbesar kesehatan saat ini membuat sebagian besar orang harus melakukan berbagai aktivitas dari dalam rumah. Situasi ini membuat rasa bosan, jenuh, hingga stres kerap melanda dan dirasakan. Melansir Web MD, stres yang tidak diatasi menyebabkan perubahan suasana hati yang begitu cepat, sakit kepala, gangguan tidur, hingga perasaan yang tidak nyaman.
Jika tidak dapat melakukan aktivitas di luar ruangan, perbanyak aktivitas positif di dalam rumah untuk mengatasi rasa bosan yang meningkatkan risiko stres. Selain membersihkan rumah, siapa sangka memasak atau membuat kue menjadi aktivitas untuk mengurangi rasa bosan dan mengurangi tingkat stres.

Melansir Huffpost, memasak membantu untuk meredakan tingkat stres sama dengan ketika kamu mendengarkan musik kesukaan atau terapi melalui kesenian. Proses memasak, seperti memotong, mengaduk, dan mengupas menjadi hal yang terkait dengan proses meningkatkan kesehatan mental. Saat kamu sedang memasak, tubuh memproduksi hormon serotonin sehingga membuat seseorang merasa lebih bahagia.

REFRENSI :

Web MD. Diakses pada 2020. Foods that Help Tame Stress
Everyday Health. Diakses pada 2020. The 10 Best Foods to Help Fight Stress
Pick The Brain. Diakses pada 2020. 5 Ways Cooking Can Help Reduce Stress

0 komentar:

Posting Komentar