6.1.23

KEGIATAN BEFORE AFTER YANG MENYENANGKAN

 

ULANGAN AKHIR SEMESTER

PSIKOLOGI LINGKUNGAN

Dosen Pengampu:

Dr. Arundati Shinta, M.A.

Oleh :

Meli Nur Hidayah (21310410085)

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA



Lingkungan selalu erat kaitan nya dengan pencemaran lingkungan, dan disini ada banyak hal yang bisa mencemari lingkungan salah satu yang paling sering di jumpai adalah kerusakan lingkungan atau pencemaran akibat sampah. Sampah sendiri di hasilkan dari sisa sisa makanan atau produk yang sudah tidak memiliki manfaat dan tidak ada harganya. Masalah sampah sampai saat ini menjadi masalah yang cukup serius dan belum bisa teratasi secara tuntas, semakin hari semakin banyak sampah yang di hasilkan karena populasi manusia yang semakin bertumbuh pesat. 

Dari banyaknya pilihan dalam menjaga dan mengolah lingkungan, kegiatan yang paling menarik yang dapat saya lakukan adalah kegiatan Before After. Apasih pengertian before after? Itu merupakan kegiatan  dimana kita berada dalam suatu tempat umum yang biasa di di kunjungi oleh banyak orang, biasanya disana kita akan mudah menemukan tumpukan sampah yang di hasilkan oleh orang orang yang mengunjungi tempat tersebut. Lalu yang kita lakukan adalah dengan mengambil potret diri kita yang berada di lingkungan yang di penuhi sampah tersebut, lalu Langkah selanjutnya adalah kita Mengumpulkan dan memunguti sampah yang ada disitu. Setelah bersih kita mengambil potret Kembali dalam keadaan tempat yang bersih dari sampah.

Mudah dan menyenangkan bukan? itu merupakan salah satu alasan saya untuk melakukan kegiatan tersebut selain mudah dan menyenangkan, saya juga sangat senang mengunjungi tempat baru yang biasanya banyak di kunjungi oleh orang banyak, sehingga disana mudah sekali di temukan tumpukan sampah. Biaya yang di butuhkan juga tidak banyak kita hanya bermodalkan trashbag dan juga sarung tangan jika di perlukan. Selain itu menjaga lingkungan agar tetap bersih adalah tanggungjawab semua warga, dan kegiatan yang saya lakukan tersebut merupakan bentuk nyata rasa tanggungjawab yang bisa saya lakukan dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Ada banyak cara yang bisa saya lakukan agar kegiatan tersebut bisa terus berkelanjutan. Salah satu cara nya adalah dengan saat saya mengunjungi tempat baru atau tempat biasa yang di kunjungi banyak orang, saya akan menyiapkan trashbag agar lebih mudah saat menemukan dan Mengumpulkan sampah yang berserakan. Jika hal tersebut terus di lakukan maka itu semua akan menjadi kebiasaan yang positif. Hal lain yang bisa di lakukan adalah dengan mengajak orang lain untuk melakukan hal serupa agar semakin banyak orang yang sadar akan penting nya menjaga lingkungan, jika semakin banyak orang yang mendukung makan kegiatan tersebut akan berhasil dan terus berkelanjutan karena bisa saling mengingatkan satu sama lain.

 Kegiatan before after tersebut merupakan alternatif yang bisa digunakan dalam mengurangi sampah terutama sampah plastic yang ada di Indonesia. Menurut (Chowdhury, Mohamad, UI Haque & Hossain, 2014) Hhirarkhi limbah merupakan upaya dan Langkah Langkah yang dapat di lakukan dari hal yang paling sederhana dan paling di sarankan. Adapun priorotas yang pertama yang paling disarankan adalah prevention (pencegahan) yang berarti upaya untuk mencegah penumpukan sampah. prioritas yang kedua yaitu Minimisation atau Reduce yaitu dengan cara meminimalkan atau mengurangi sampah, yang ketiga rause atau menggunakan Kembali sampah, yang ke empat recycling yaitu mendaur ulang dan yang terakhir adalah energy recovery yaitu memanfaatkan limbah untuk keperluan energy.

Adapun kegiatan before after yang saya lakukan merupakan bentuk hirarkhi pada prioritas yang kedua yaitu reduce atau mengurangi sampah dengan cara Mengumpulkan sampah yang ada di tempat tempat wisata atau fasilitas umum lain nya. Kegiatan tersebut merupakan bentuk upaya yang positif dalam mengelola keberadaan sampah.

 mengapa dalam mengelola sampah saya tidak memilih untuk membuat kompos, salah satu alasan nya adalah untuk membuat kompos di perlukan alat serta bahan yang lumayan banyak. Mengingat saya adalah perantau jadi rasanya akan lebih sulit untuk Mengumpulkan alat dan bahan untuk membuat kompos, alasan yang lain nya adalah dalam membuat kompos di perlukan waktu yang cukup lama sampah kompos bisa di gunakan dan di manfaatkan. Jadi before after merupakan cara yang efektif untuk menjaga lingkungan.

Daftar Pustaka

(Chowdhury, Mohammad, Ul Haque & Hossain, 2014; Harahap, Elisa, Nugroho & Widyaningsih, 2019).

Harahap, D.H., Elisa, Nugroho, R.W. & Widyaningsih, S.S. (2019). Kreativitas dan inovasi pada kegiatan pemanfaatan kembali sampah (reuse). Dalam A. Shinta (Editor). (2019). Memuliakan sampah: Konsep dan aplikasinya di dunia pendidikan dan masyarakat. Yogyakarta: Deepublish. Hal. 39-52.

 

0 komentar:

Posting Komentar