6.1.23

kegiatan before after sebagai wujud peduli lingkungan

 

KEGIATAN BEFORE AFTER SEBAGAI KEGIATAN

 PEDULI LINGKUNGAN

 

 



 

ESSAY UJIAN AKHIR SEMESTER GANJIL PSIKOLOGI LINGKUNGAN

Nama   : Dea Khairun Nisa

Nim     : 21310410082

Kelas   : Psikologi Reguler

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

 

 

 

Kewajiban menjaga lingkungan adalah tugas utama manusia sebagai pemimpin di bumi. Selain berhak mendapat lingkungan yang baik, manusia juga memiliki kewajiban untuk menjaga kelestariannya. Mengutip buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Paket A SD/MI karya Riadi Syah Putra (2020:25), hak adalah sesuatu yang sudah seharusnya didapatkan. Sedangkan kewajiban adalah sesuatu yang harus dilakukan dengan penuh tanggung jawab atas kesadaran diri, bukan karena paksaan. Jika hak dan kewajiban dilaksanakan dengan seimbang, manusia dapat memenuhi berbagai kebutuhan dan terhindar dari bencana. Salah satu upaya untuk menjaga lingkungan adalah dengan melakukan kegiatan before after.

Kegiatan before after merupakan suatu kegiatan membersihkan tempat umum atau yang lainnya sehingga tempat yang semula kotor dan kumuh menjadi lebih bersih dan tentunya sehat. Kegiatan before after sangat membantu untuk menjaga lingkungan sekitar dan tentunya kegiatan ini sangat mudah di lakukan oleh siapa saja dan dimana saja, tanpa perlu peralatan yang banyak dan tenaga yang banyak. Kegiatan ini cukup mudah dilakukan sehingga banyak dari kita mungkin secara tidak sadar sering melakukan kegiatan before after. Seperti contohnya membersihkan tempat sehabiskan kegiatan pengajian, kumpulan, atau kegiatan-kegiatan lainnya yang di selenggaran di tempat umum misalnya mushola/ masjid, alun-alun atau tempat umum lainnya. Ini mengapa kegiatan before after sangat mudah dilakukan dimanapun dan kapanpun. Selain itu before after juga sangat amat membantu dan berperan sangat penting dalam menjaga lingkungan dengan sangat mudah. Kegiatan ini mulai dari memungut sampah-sampah sampai dengan mengumpulkannya menjadi satu. Sampah – sampah tersebut juga ternyata dapat di oleh Kembali atau di daur ulang menjadi sesuatu yang bernilai jual. Seperti pada contoh pada foto diatas saya membuat tempat alat tulis yang sangat lucu yang terbuat dari limbah sedotan dan juga limbah stick eskrim. Ternyata banyak sekali keuntungan atau hal positif yang dapat di ambil hanya dengan melakukan kegiatan before after tersebut. Jadi, tidak heran jika alangkah lebih baik kegiatan ini juga di kembangkan dalam diri setiap masyarakat. Karena selain membantu untuk menjaga lingkungan ternyata kegiatan before after juga dapat menghasilkan sesuatu yang bernilai serta tentunya melatih tingkat ke kreatifan kita.  Selain itu kegiatan before after juga dapat sekaligus mendorong orang di sekitar melakukan hal yang sama karena kegiatan ini dilakukan pada tempat umum sehingga dapat mendorong dan memotivasi orang lain untuk melakukan hal yang sama. Agar kegiatan tersebut terus berjalan menjadi suatu kebiasaan tentunya harus diniati sepenuh hati dengan keikhlasan. Jadikan kegiatan before after ini menjadi sesuatu yang penting dan juga tanamkan mindset bahwa apa yang kita lakukan adalah suatu kegiatan yang sangat baik sehingga secara tidak langsung kita mengapresiasi diri sendiri akan hal tersebut. Ketika kita merasa bangga maka kita cenderung akan lebih semangat dalam melakukannya.

Kegiatan before after tentunya tidak akan terlepas dari metode pengolah sampah 3R (Reduce,Reuse,Recycle) atau mengurangi, menggunakan ulang dan mendaur ulang. Reduce merupakan Langkah utama dalam upaya preventif atau pencegahan jika dikaitkan dengan kegiatan before after adalah mendorong kita dan masyarakat untuk setidaknya mengurangi membuang sampah secara sembarangan karena tentu mereka merasa tidak enak. Reuse merupakan kegiatan menggunakan ulang barang yang telah di pakai. Kemudian recycle atau mendaur ulang Kembali jika di kaitkan dengan kegiatan before after adalah setelah pengumpulan sampah makan sampah-sampah tersebut akan di pilah dan di daur ulang Kembali sesuai dengan kebutuhan contohnya seperti pada gambar dia atas. Karakter peduli lingkungan tidak dapat tumbuh begitu saja, namun harus diupayakan pembentukannya secara terus menerus Untuk menumbuhkan karakter peduli lingkungan sumberdaya manusia yang secara arif dapat memanfaatkan potensi dirinya dalam berbuat untuk menciptakan kualitas lingkungan yang kondusif, ekologis, lestari secara nyata dan berkelanjutan, tentunya dengan cara-cara yang simpatik, kreatif, inovatif.

 

Alasan mengapa tidak memilih membuat kompos adalah karena ingin sekaligus terjun ke lapangan dalam upaya peduli lingkungan. Sekaligus dengan kegiatan before after ini seperti yang sudah saya jelaskan tadi karena kegiatan dilakukan pada tempat-tempat umum maka secara tidak langsung kita juga memkampanyekan program peduli lingkungan. Kegiatan before after cenderung akan memotivasi orang lain untuk melakukan hal yang sama karena kegiatan ini cenderung mudah dan dapat dilakukan dimana pun.

 

DAFTAR PUSTAKA :

Mengutip https://tunashijau.id/2020/03/mengenal-reduce-pada-prinsip-3r-atau-reduce-reuse-recycle-olah-sampah/

Mengutip https://www.merdeka.com/jabar/kewajiban-menjaga-lingkungan-penting-diketahui-kln.html

Arisona, R. 2018. Pengelolaan Sampah 3R (Reduce, Reuse, Recycle) Pada Pembelajaran IPS Untuk Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan . jurnal Pendidikan islam. Vol 1(3) : 40

0 komentar:

Posting Komentar