6.1.23

HUBUNGAN PENGOLAHAN KOMPOS DENGAN HIERARKI PRIORITAS PENGOLAHAN LIMBAH

                                         ESSAY UNTUK UJIAN AKHIR PSIKOLOGI LINGKUNGAN

AGUNG SUTRISNO

NIM: 21310410149

Kelas Karyawan/Semester 3

Dosen Pengampu: Dr. Dra. Arundati Shinta, MA

Fakultas Psikologi

                                                            Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


1. A. Kegiatan yang penulis pilih untuk essay ke-3 ialah, membuat kompos dari daun-daun yang berada disekitar rumah.

B. Alasan penulis membuat kompos dari daun yang berada disekitar rumah adalah ingin memanfaatkan sumber daya yang ada seperto guguran daun yang sudah kering, kulit buah yang tidak termakan, serta banyak lagi yang bisa dimanfaatkan. Berlimpahnya sumber daya menjadikan essay ke-3 penulis memilih untuk membuat kompos. Selain daun kering yang berlimpah. Sebagai anak dari buruh tani, penulis memiliki pemikiran untuk membantu orang tua mengembangkan pupuk organik non kimia. Karena pupuk organik kimia sudah sangat mencemari tanah. Sehingga tanah yang tadinya subur menjadi kering, belut yang tadinya bisa hidup di sawah menjadi langka dan cukup banyak sekali efek yang ditimbulkan oleh pupuk kimia. Pembuatan kompos yang hanya memakan waktu 3 minggu menjadikan penulis memilih kegiatan ini.

C. Penulis sendiri memilki sebuah ide yang cukup bagus untuk diterapkan meskipun sudah tidak mengambil lagi mata kuliah psikologi lingkungan. Ide penulis adalah mengajak remaja masjid untuk membuat taman di sepanjang jalan agar lingkungan terlihat indah dan juga asri. Selain itu, penulis akan mengajak dan mengusulkan untuk diadakannya lomba fashion show dari limbah plastik yang sudah tidak terpakai. Tidak cukup hanya di situ, penulis memilki rencana mengajak kelompok tani di desa untuk membuat undangan ke dinas pertanian dan ketahanan pangan agar mau memberikan pelatihan pengolahan dan pembuatan pupuk organik dari daun serta limbah rumah tangga.

2. Hubungan hierarki prioritas pengolahan limbah dengan pemanfaatan daun sebagai bahan baku pembuatan kompos. Penulis memilki pandangan bahwa pembuatan kompos memilki hubungan dengan penerapan 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle). Hierarki limbah telah mengambil banyak bentuk selama beberapa dekade terakhir, seperti yang kita ketahui bersama bahwa ada 6 prioritas dalam hal pengelolaan limbah, yaitu:

a. Prevention yaitu pencegahan

b. Minimisation yaitu pengurangan

c. Reuse yaitu penerapan

d. Recycling yaitu daur ulang

e. Energy recovery yaitu pemulihan energi

f. Disposal yaitu pembuangan

Lebih jelasnya, pengelolaan sampah limbah rumah tangga (penulis membuat kompos) harus dilakukan mulai dari skala yang paling kecil yaitu diri sendiri. Peduli sampah sama halnya dengan menyelamatkan lingungan dari kerusakan yang ditimbulkan oleh sampah. Kerusakan tersebut bisa berupa banjir yang menerjang rumah, air yang mengandung micro plastic, udara yang kotor karena efek gas buang kendaraan dan juga masih banyak lahi efek negatif yang ditimbulkan oleh sampah-sampah yang tidak diolah kembali. Membangun karakter peduli terhadao kondisi lingkungan tidak hanya tugas seorang akademisi, melaikan tugas bersama untuk terus kita gaungkan agar lingkugan tetap lestari.

Penulis sangat berharap kepada semua pembaca untuk lebih peduli terhadap lingkungan, di mulai dengan membuang sampah pada tempatnya sampai dengan membuat kompos sebagai pemafaatan dan perawatan lingkungan yang bebas dari polusi udara, air, dan polusi tanah. Kualitas hidup yang meningkat pada pola konsumsi yang tinggi akan berdampak buruk pada lingkungan, hal ini akan menghasilkan limbah yang jauh melampaui batas aman. Dalam skala global, saat ini kita sedang mendapatkan 3 ancaman lingkungan yaitu pemanasan global, penipisan sumber daya dan perusakan ekosistem. Jika dibiarkan begitu saja, maka tidak menutup kemungkinan kiamat seperti dipercepat. Akan banyak bencana yang ditimbulkan jika bumi ini sudah tidak terurus lagi. Di sebagian negara maju dan berkembang, tingkat penambahan jumlah penduduk menjadi tantangan tersendiri dalam upaya penanganan lingkungan. Pentingnya kegiatan daur ulang sampah seperti membuat kompos akan mengurangi volume sampah yang ada dan menyelamatkan sumber daya alam.

Daftar Pustaka:

Hirarkhi prioritas pengelolaan limbah (Chowdhury, Mohammad, Ul Haque & Hossain, 2014; Harahap, Elisa, Nugroho & Widyaningsih, 2019)

Chowdhury, A.H., Mohammad, N., Ul Haque, Md.R. & Hossain, T. (2014). Developing 3Rs (reduce, reuse and recycle) strategy for waste management in the urban areas of Bangladesh: Socioeconomic and climate adoption mitigation option. IOSR Journal of Environmental Science, Toxicology and Food Technology (IOSR-JESTFT. 8(5), ver. I, May, pp. 09-18 

0 komentar:

Posting Komentar