6.1.23

ESSAY UJIAN AKHIR SEMESTER PSIKOLOGI LINGKUNGAN

 Essay untuk Ujian Akhir Psikologi lingkungan 

Dosen pengampu        : Dr. Arundhati Shinta, M.A.

Nama   : Khanifatu Zahro

NIM    : 21310410053






Essay 3 yang sudah saya buat adalah kompos dalam sekala kecil, hanya berbobot 2 kg dengan menggunakan media karung. Alasan saya memilih untuk membuat kompos yaitu karena caranya mudah dan bisa dilakukan dengan meluangkan sedikit waktu istirahat saya saat kerja, serata tidak banyak alat dan bahan yang digunakab.

Dan percobaan pertama saya gagal karena kompos yang saya buat malah di kerubungi oleh semut dan setelah saya lihat ternyata saya kurang teliti dalam melihat takaran dan pengaplikasian em4. Pada awalnya saya salah takaran gula dan em4 nya dan kesalahan, gula yang saya gunakan takarannya terlalu banyak, air nya terlalu sedikit dan tidak saya diamkan selama 24 jam (sesuai cara pakai em4) tapi langsung saya tuang di campuran bahan kompos yang sudah disiapkan sehingga esok paginya saat saya cek ulang adonan kompos tersebut dilerubungi oleh semut.

Dan saya mengulang pembuatan kompos lagi tapi masih dalam takaran yang sedikit _+ 2 kg, dengan cara pengaplikasian em4 dengan benar sesuai perbandingan yang sudah tertera di wadah em4 dan saya diamkan selama  _+ 24 jam. Dan percobaan kedua saya pantau selama 14 hari dan setiap 3 hari sekali saya aduk agar semuanya tercampur rata. Setelah 14 hati alhamdulillah komposnya jadi.

Dan sekarang saya berusaha lagi sedang membuat kompos dengan bobot yang lebih banyak lagi sekarang bobot kompos yang sedang saya olah _+ 8 kg. Saya berusaha untuk mengolah sampah baik itu organik atau anorganik dengan metode 3R (reduce, reuse, recycle) dalam kehidupan sehari-hari dapat diterapkan di lingkungan hidup di sekitar kita. Reduce dapat diartikan sebagai sikap sehari-hari untuk mengurangi sampah, misalnya membatasi konsumsi kertas dengan beralih ke media digital. Reuse berarti menggunakan kembali barang bekas tanpa mengolahnya terlebih dahulu, misalnya menggunakan kembali botol kaca. Misalnya kita membeli saus sebotol, ketika habis, kita tidak perlu membeli saus lagi. Recycle atau mendaur ulang dapat diartikan mengolah menjadi bahan lain yang bermanfaat, misalnya mendaur ulang sampah menjadi kerajinan ataupun pupuk kompos.

Dan kegiatan yang saya lakukan merupakan recycle. Selain membuat kompos saya juga membuat kerajinan tangan dari botol bekas menjadi pot plastik. Berikut ini adalah bahan dan alatnya : botol plastik bekas, karet/lem, penjepit, gunting dan paku, cat / hiasan. Caranya siapkan botol plastik bekas dan potong ¼ bagian atas botol, simpanlah bagian atas potongan botol. Ratakan bekas guntingan pada bagian atas botol, dan guntinglah bagian botol tapi sisakan ¼ bagian bawah botol jangan sampai bawah botol, gunting dan bagilah menjadi beberapa bagian kecil dengan jarak kurang lebih 1 cm dan guntung sampai bagiannya tergunting semua. lem plastik/karet dan pasangkanlah di bagian bawah botol.

Setelah karet sudah di pasang, maka masukkan ujung bagian botol yang sudah di gunting ke bagian karet yang sudah di pasangkan, hingga botol bisa berbentuk bunga pasanglah karet lagi untuk melapisi ikatan bagian bawah agar rangkaiannya tidak rusak. Setelah untaiannya selesai, lubangilah bagian bawah botol dengan cara gunakan tang untuk menjepit bagian paku, panaskan paku dengan api sampai panas dan tusuk bagian bawah botol sampai berlubang dan diulang sampai membuat beberapa lubang. Jika sudah tinggal kita hias dengan cara di cat atau dengan dihiasi hiasan bagus lainnya. Karena saya tidak punya cat maka saya hias menggunakan pita dan hiasan lainnya.  Dan sisa potongan botol bagian atas yang tersisa tadi bisa digunakan dengan cara lubangi bagian tutup botol menjadi beberapa bagian dan jadi alat untuk menyiram tamanam.

Dan jadilah pot kecil yang lucu yang bisa buat menanam bunga kecil / tanaman sekulen. Nah dengan dijadikannya pot sampah botol plastik yang tidak berguna menjadi pot atau kerajinan lainnya itu sudah menjadi salah satu contoh sederhana yang baik untuk mendaur ulang sampah plastik. Tanpa kamu sadari barang bekas itu banyak manfaatnya, jadi selamat mencoba

Daftar pustaka :

https://youtu.be/3m2bv7Zajsg

https://media.neliti.com/media/publications/297024-pengelolaan-sampah-3r-reduce-reuse-recyc-70252d5f.pdf



0 komentar:

Posting Komentar