6.1.23

Essay 3


                             Essay 3

Nama : DWITA ASTRIA BAGRE 

Nim : 21310410014

Dosen Pengampu : Dr.Arundati Shinta, MA

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta






Ketika membicarakan soal gaya hidup yang seimbang dan sehat, orang-orang Swedia dan cara hidup mereka patut dijadikan contoh. Salah satu trend asal Swedia yang muncul di tahun 2016 yakni Plogging. Plogging adalah olahraga lari yang populer di Swedia. Kata Plogging sendiri diambil dari kombinasi antara kata “jogging” dan istilah Swedia, “plocka upp”, yang artinya mengambil. Plogging kemudian dikenal sebagai olahraga lari sambil memunguti sampah di sekitar.

Manfaat pada Plogging ini sangat baik, namun dalam foto di atas saya membersihkan lingkungan di taman masasoya ini bagi masyarakat sekitar yakni:

1. Kesehatan dan Olahraga

Tidak diragukan lagi bahwa menggerakkan tubuh kita akan memberi manfaat untuk kesehatan , dan plogging merupakan aktivitas sederhana yang mencakup variasi gerakan seperti berjongkok atau memeluk.

2. Tingginya Polusi Plastik

Sampah-sampah yang dibuang sembarangan dan tidak dipungut oleh orang pasti akan berakhir di tempat yang tidak semestinya , seperti di sungai dan pada akhirnya laut. Plogging bisa membantu mencegah sampah-sampah tersebut agar tidak berakhir di laut dan mencemari ekosistem di dalam.

3. Menyelamatkan Satwa Pembohong

Ketika kita menyampah dan mengotori lingkungan, salah satu yang akan menderita antara lain satwa liar dan hewan pembohong , seperti bagaimana penyu dan mamalia laut seringkali tersedak kantong plastik atau plastik terjerat yang kita buang.

4. Mengurangi Beban Biaya Sosial 

Plogging adalah olahraga lari yang populer di Swedia. Kata Plogging sendiri diambil dari kombinasi antara kata “jogging” dan istilah Swedia, “plocka upp”, yang artinya mengambil. Plogging kemudian dikenal sebagai olahraga lari sambil memunguti sampah di sekitar.

Menjaga Kelestarian Lingkungan

Manfaat ekstra dari pembersihan pada lingkungan ini adalah lestarinya lingkungan di sekitar Anda. Sampah, apapun jenisnya, adalah masalah global yang harus menjadi perhatian khusus bagi setiap individu di bumi. Terang saja, lingkungan yang kotor dan dipenuhi sampah akan berpengaruh pada kesehatan Anda. Maka dari itu, Plogging sebagai misi sosial untuk membersihkan lingkungan dari sampah, bisa membuat tubuh Anda bisa menjadi lebih sehat.

Di Lingkungan Taman Massasoya ini menjadi salah satu tempat yang di minati penduduk maupun penduduk luar, menjadi salah satu tempat wisata buat masyarakat sekitar, dan menjadi pusat kota yang baik, sehingga harus menjaga kebersihan lingkungan ini benar-benar baik. Adapun Produksi Sampah di Indonesia terus mengalami peningkatan, apalagi dengan mengingat tingginya jumlah penduduk di Indonesia.

Di Pulau Jawa, misalnya, sebagai pulau dengan jumlah populasi penduduk tertinggi, menjadi produsen sampah yang terbesar di Indonesia. Sementara itu, di luar Jawa, pulau Sumatera dan pulau papua juga mencatatkan produksi sampah yang besar.

Melimpahnya sampah dari tiga puluh Ibu Kota Provinsi di Indonesia, rata-rata sampah yang terangkut hanya menyentuh 71,20 persen dari total produksi sampah.

Bahkan perlu diingat pula bahwa tingkat kesadaran masyarakat dalam melakukan pengelolaan sampah pun turut berpengaruh pada tingginya volume sampah di Indonesia. Manajemen sampah organik dan non-organik masih menjadi permasalahan utama di Indonesia.

Dari data di atas, dapat dikatakan bahwa sampah adalah perkara serius yang perlu dibenahi. Plogging adalah salah satu cara yang dapat diterapkan. Ibarat pepatah, sekali mendayung dua pulau terlampaui; Plogging mampu membuat tubuh menjadi sehat dan lingkungan menjadi lestari.


0 komentar:

Posting Komentar