6.1.23

 Essai 3 : Before - After
Plogging memungut Sampah di Pinggir Jalan

 
Psikplogi Lingkungan
Oleh :
 
 Lodia Etding/ 21310410013
Dosen Pengampu: Dr. Arundanti Shinta, MA
 
 


 

 

Perilaku membuang sampah dijalanan atau pinggir jalan merupakan perilaku yang kurang baik, namun sampai saat ini walaupun teknologi sudah maju bahkan pengetahuan semakin luas tentang cara pembuangan sampah yang baik dan benar tetapi ada sebagian oknum yang masih saja tanpa sadar membuang sampah dengan sembarangan di pinggir jalan.

 

Hal in terjadi karena ada beberapa faktor yang mempengaruhinya :

 

1. Masih terikat budaya atau kebiasaan. Budaya atau kebiasaan juga sangat mempengaruhi kita untuk membuang sampah sembarangan. Tempat saya melakukan plogging sambil memungut sampah ini merupakan di malaysia timur tepatnya di kota kuching, walaupun termasuk negara yang sangat berkembang dan memiliki potensi untuk maju tetapi di balik itu masih ada bagian daerah tertentu yang masih teihat sampah berceceran di pinggiran jalan hal ini kemungkinan terjadi karena adanya perilaku kebiasaan dari penduduk lokal atau kemungkinan dari para pendatang dari negara lain yang sudah terbiasa di negara mereka dan hal buruk ini berkelanjutan ke negara ini tetapi saya belum menemukan fakta mengenai hal tersubut.

 

2. Keterpaksaan

Faktor dari keterpaksaan ini , kadang ada orang yang memang lagi makan atau sedang membawa plastik- plastik dari sampah mereka namun mereka tidak menemukan tempat sampah yang tepat untuk membuangnya sehingga mereka terpaksa membuang sembarangan ditempat umum atau di pinggir jalanan.

 

Lokasi saya memungut sampah ini terletak di dekat bangunan food court,restaurant, tempat bakery,gedung sekolah, bahkan ada beberapa kantor di sekitarnya, jadi kemungkinan sumber sampah tersebut berasal dari tempat- tempat tersebut. Yang sengaja atau tak disengaja terbawa ke tepi jalanan. Waktu untuk membersihkan lokasi tersebut sekitar 30 menit.

 

Harapan saya semoga kedepan semua orang yang ada di muka bumi ini bisa lebih peduli lingkungan dan memahami efek dari pembuangan sampah sembarangan agar, lingkungan semakin bersih dan sehat, sehingga tidak terjadi globalisasi lingkungan buruk yang berdampak dapat mengancam kesehatan masyarakat disekitaran.

 








 

 

 

0 komentar:

Posting Komentar