6.1.23

Badan Sehat Jiwa Kuat

 Badan Sehat Jiwa Kuat

Dosen Pengampu : Dr., Dra. Arundati Shinta MA
Nama : Danang Wahyu Saputro 
Nim : 20310410047
Kelas : Psikologi B 
UAS psikologi inovasi 



Olahraga adalah bentuk aktivitas fisik yang biasanya bersifat kompetitif dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan fisik seseorang seraya memberikan hiburan bagi pemain ataupun penonton. Olahraga merupakan aktivitas fisik yang disengaja dan direncanakan mulai dari arah, tujuan, waktu, dan lokasinya. Dalam kehidupan bersosial, olahraga merupakan suatu fenomena sekaligus bentuk ekspresi manusia. Olahraga dapat dilakukan secara individu maupun beregu.

joging adalah suatu bentuk berlari dengan kecepatan lambat atau santai. Lari laun bertujuan untuk meningkatkan kebugaran jasmani dengan lebih sedikit tekanan pada tubuh atau mempertahankan kecepatan yang tetap untuk jangka waktu yang lebih lama. Lari laun lebih lambat daripada berlari, tetapi lebih cepat daripada berjalan. Ini adalah suatu bentuk latihan ketahanan aerobik yang dilakukan dalam jarak jauh.

Jogging merupakan olahraga yang bisa dibilang favorit saya, karena menurut saya mudah dilakukan dan bisa dilakukan dimana saja, bisa dilapangan bisa juga dijalan. Saya sendiri lebih suka di tempat yg bernuansa alam contohnya di pinggir embung ( seperti kolam besar sebagai tempat menampung air untuk pengairan sawah disekitarnya )

Karena kalau kita nyaman sama tempatnya pasti secara tidak langsung kita lebih semangat lagi dalam berolahraga, sehingga akan memunculkan aura” positif dlm diri kita.

Saya melakukan kegiatan jogging saat libur kerja, karena sesibuk apapun kegiatan kita tetap harus menyempatkan untuk berolahraga untuk menjaga daya tahan tubuh dan membuat tubuh kelihatan lebih segar, dan untuk diri saya sendiri faktor lain saya harus jogging adalah saya orang nya mudah untuk gemuk, sehingga harus berolahraga. Saya melakukan olahraga jogging seminggu 2 kali karena saya rata rata libur dalam seminggu itu 2 kali, jika dlm 2 Minggu saya tidak melakukan olahraga sama sekali maka konsekuensinya baju seragam kerja saya makin kekecilan.

Perubahan yang terjadi pada diri saya setelah rutin melakukan olahraga jogging seperti badan terasa enteng, lebih terasa bugar, tidak mudah mengantuk, dan yang jelas berat badan bisa terkontrol.

Jogging adalah aktivitas lari santai yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh jika rutin dijalani. Meski terlihat sederhana, olahraga jogging perlu dilakukan dengan benar untuk mengurangi risiko cedera. Oleh karena itu, pahami dulu persiapan dan teknik jogging yang benar sebelum Anda melakukannya.

Jogging merupakan salah satu cara yang baik untuk membentuk massa otot, membakar kalori, mengurangi jaringan lemak tubuh, dan menjaga kesehatan jantung. Olahraga ini bahkan disebut lebih efektif membakar lemak perut dibanding angkat beban.

Manfaat Joging

Membantu Menurunkan Berat Badan. Foto: Membantu Menurunkan Berat Badan. ...

Meningkatkan Kekebalan Tubuh. ...

Memiliki Efek Positif Terhadap Resistensi Insulin. ...

Melindungi dari Efek Negatif Stres. ...

Membantu Mengatasi Depresi. ...

Membantu Tulang Belakang Tetap Fleksibel. ...

Meningkatkan Kualitas Hidup dan Umur Panjang.



Sumber :

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Lari_laun

https://amp-kompas-com.cdn.ampproject.org/v/s/amp.kompas.com/sports/read/2021/03/28/09100088/manfaat-jogging-secara-rutin


0 komentar:

Posting Komentar