14.12.22

Prestasi Dan Motivasi Diri


ESSAY PRESTASI 



Dosen Pengampu:

Dr. Arundati Shinta, M.A


Oleh:

Arnoldina Leki/21319410050


Program Studi Psikologi

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta 2022


Menjadi pribadi yang berprestasi tidak harus menjadi juara 1. Segala potensi yang dimiliki perlu dikembangkan secara terus-menerus. Baik dari hal-hal kecil sekali pun hingga merujuk pada lingkup yang lebih meluas. Dalam suatu perlombaan menaruh fokus pada proses yang dilalui merupakan alih fokus dari hasil keputusan akhir. Menang atau kalah tidak masalah yang penting melewati proses yang ada sambil belajar adalah cara yang tepat.

Lalu seperti apa sih mempelajari hal-hal kecil itu? Nah, salah satunya adalah penyelenggaraan lomba potret yang pernah diikuti oleh saya yang mana diselenggarakan oleh pihak Kompas. Sebagaimana menjadi fokus yang perlu diperhatikan adalah tema dari lomba potret tersebut yakni memotret wanita-wanita inspiratif, dalam halnya seperti tampak pada ilustrasi gambar yang ditampilkan di atas merupakan contoh hasil potret yang digunakan untuk mengikuti lomba tersebut.

Dari hal-hal seperti ini mengajarkan bahwa banyak wanita yang bekerja keras di luar sana untuk menafkahi kehidupan sehari-hari mereka dengan begitu tentu saja menginspirasi kita sebagai seorang perempuan untuk tekun dalam setiap jalan yang dipilih. Melalu lomba potret ini banyak manfaat dan sisi positif yang berhasil dipetik. Ternyata selain menambah wawasan, meningkatkan potensi, sisi positif yang ada sangat nyata perannya dalam kehidupan kita.

Selanjutnya pengambilan hasil potret dikumpulkan kepada panitia sebelum tanggal yang ditentukan meskipun perolehan hasil tidak mendapatkan juara. Akan tetapi, jaminan ilmu dan manfaat yang ada memiliki makna luas yang kehadirannya cukup besar. Demikianlah, setiap dari kita untuk tetap konsisten dalam pengembangan potensi yang ada. Untuk itu jangan langsung menyerah apabila suatu hasil kurang sesuai dengan apa yang menjadi keinginan kita, teruslah mencoba hal-hal kecil untuk mencapai tujuan yang besar.



 








0 komentar:

Posting Komentar