2.12.22

PRESTASI AKADEMIK BUKANLAH SEGALANYA

 PRESTASI AKADEMIK BUKANLAH SEGALANYA

Nama : Rahayu Nur Kholifah

Nim : 21310410079 



Dosen Pengampu : Dr. Dra., Arundati Shinta, M.A

Mata Kuliah : Psikologi Lingkungan (Essay Prestasi)


Bicara mengenai prestasi banyak dari kita tentunya yang mengukir prestasi baik di bidang akademik ataupun non-akademik. Dibagian apapun bidangnya jika unggul maka tentu disebut prestasi.

Prestasi merupakan hasil yang telah dicapai oleh seseorang dalam melakukan kegiatan untuk berkompetensi dengan orang lain. Dan ternyata prestasi sangatlah penting untuk kita ukir dan kita kembangkan, mengapa penting ?

1.       Prestasi dapat menjadi penanda kuantitas dan kualitas yang dicapai dari suatu kegiatan

2.       Prestasi dapat menjadi pengalaman berharga dan bahan informasi point tambahan untuk masa depan

3.       Prestasi dapat menjadi kebanggaan bagi diri sendiri, keluarga dan orang lain untuk memotivasi

Prestasi juga ada dua jenis yaitu prestasi akademik dan non akademik, apa perbedaannya?

Prestasi Akademik yaitu kemampuan yang diperoleh dari hal-hal yang sifatnya diluar ilmiah. Sedangkan Prestasi Non akademik  yaitu kemampuan yang tidak ada hubungannya dengan ilmu pengetahuan.

Adapun contoh dari prestasi akademik yaitu menguasai seluruh materi pembelajaran, menjadi juara kelas, juara olimpiade matematika, juara lomba cerdas cermat, dan bisa juga IPK Cumlaude.

Contoh dari prestasi non akademik yaitu juara debat bahasa inggris, juara karate, juara terbaik vocal, juara terbaik cipta sajak dan puisi. Cakupan prestasi non akademik ini lebih luas dari prestasi akademik karena kegiatan non akademik sangat beragam.

Dalam pengalaman pribadi saya baru saja mengikuti sebuah ajang lomba yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Dasar Universitas Sriwijaya pada Lomba Poster Tingkat Nasional dengan mengusung tema “Guru Sebagai Pahlawan”. Dalam sebuah ajang lomba perihal menang dan kalah tentu adalah hal yang wajar, alasan saya mengikuti lomba tersebut hanya untuk mengasah skill saya di bidang editing dalam pembuatan poster dan desain lainnya. Apapun hasilnya saya jadikan sebuah pengalaman berharga dan pelajaran untuk saya agar tidak pantang menyerah mengukir prestasi bidang apapun. Mengikuti ajang lomba poster ini adalah hal pertama bagi saya, banyak hal yang dipelajari dari cara bagaimana mendesain sebuah poster yang sederhana namun bisa terlihat sangat rapi dan mengesankan.

 

 


0 komentar:

Posting Komentar