25.12.22

Essay Prestasi: Porprov VII Kaltim 2022

Essay Prestasi

Psikologi Lingkungan

Oleh

Putri Dahliani (21310410110)

Dosen Pengampu :

Dr. Arundati Shinta, M.A

Fakultas Psikologi 

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


Porprov adalah pekan olahraga provinsi yang diselenggarakan di setiap kota daerah salah satunya adalah Kaltim. Yang mana dalam kegiatan ini akan melombakan bnyak sekali cabang olahraga.

Olahraga adalah semua bentuk aktivitas fisik yang dilakukan baik dalam bentuk kompetitif atau juga santai. Olahraga pada umumnya bertujuan untuk memelihara atau meningkatkan kemampuan dan keterampilan fisik sambil memberikan efek relaksasi ke orang yang melakukan olahraga dan hiburan ke orang yang menonton.

Salah satu cabang olahraga yang saya tekuni saat ini adalah Atletik. Atletik adalah cabang olahraga yang terdiri dari gabungan beberapa jenis olahraga fisik, seperti olahraga lari, lempar, lompat, dan jalan. Saat ini, atletik menjadi satu di antara olahraga paling umum yang dimainkan di berbagai penjuru dunia. Yap, atletik telah menjadi olahraga berskala internasional, bahkan hampir setiap negara di dunia kerap turut terlibat dalam perlombaan cabang olaharaga tersebut, termasuk Indonesia.

Atletik erasal dari bahasa Yunani, yakni Athlon yang artinya berlomba atau bertanding. Atletik juga memiliki istilah lain yang berasal dari beberapa bahasa, antara lain athletics (bahasa Inggris), Athletiek (bahasa Belanda), Athletuque (bahasa Perancis), dan Ahtletik (bahasa Jerman). Di sisi lain, atletik dianggap sebagai olahraga yang sederhana karena tidak membutuhkan banyak perlengkapan dan peralatan yang rumit. Atletik juga tidak membutuhkan banyak biaya jika ingin menekuninya. Atletik bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan, daya tahan, kecepatan, kelenturan, koordinasi, dan kemampuan biomotorik lainnya.

Salah satu nomor yang saya ikuti di cabor atletik adalah nomor lintasan yang mana saya ikut serta dalam kegiatan porprov kaltim yang di selengarakn pada tanggal 28 november - 02 Desember 2022 kemarin. Saya mengikuti 2 nomor pertandingan untuk lari estafet 4x400 meter dan 4x100 meter. Alhamdulillah saya dan tim berhasil menyumbangakn 1 medali Emas untuk lari estafet 4x100 meter dan medali perak untuk lari estafet 4x400 meter. 


Daftar pustaka 

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Olahragah

ttps://www.bola.com/ragam/read/4490173/pengertian-atletik-dan-jenis-jenis-cabang-olahraganya-yang-perlu-diketahui

0 komentar:

Posting Komentar