25.12.22

Perubahan Diri: dari Paksaan menjadi Kesenangan

 

ESSAY 3 PSIKOLOGI INOVASI

NAMA: Ahmad Ghozali

NIM: 19310410031

Dosen Pengampu: Dr. Arundati Shinta, M.A.

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


 

Perubahan diri adalah suatu proses di mana seorang individu menciptakan sesuatu yang baru dalam dirinya. Kebanyakan hal yang mengarah pada perubahan diri adalah yang mengarah ke hal-hal positif, yaitu bagaimana seseorang itu bisa berubah menjadi lebih baik.

Perubahan diri juga merupakan persoalan bagaimana seseorang melakukan proses dalam dirinya untuk menciptakan pola perilaku baru dalam kesehariannya. Perilaku tersebut dapat dikurangi dari kebiasaan yang tidak baik dari kebiasaan sebelumnya atau ditambahkan kebiasaan baik ke perilaku baru dalam hidupnya.

Perubahan diri ini mencakup banyak hal, yaitu dapat berupa dari segi fisik, mind set atau pola pikir, perilaku, watak dan lainnya. Namun, dalam tugas mata kuliah psikologi inovasi ini, saya melakukan perubahan diri dalam segi fisik dengan menambahkan kegiatan olahraga pada rutinitas mingguan saya. Kegiatan olah raga ini saya tambahkan ke dalam rutinitas dengan tujuan untuk melakukan perubahan dalam diri saya, yaitu agar badan menjadi lebih sehat dan kuat daripada sebelumnya.

Kegiatan olahraga ini saya lakukan di akhir pekan bersama teman-teman sekampung saya, yang kebetulan menang sudah ada jadwal olahraga dari teman-teman sehingga saya dapat langsung bergabung. Sebelumnya saya malas untuk ikut teman-teman saya berolahraga, namun dikarenakan adanya tugas tersebut, saya memaksakan diri untuk mengikuti kegiatan olahraga bersama mereka.

Kegiatan olahraga yang saya lakukan bersama teman-teman di setiap malam minggu adalah olahraga futsal. Yaitu sebuah permainan bola yang dimainkan oleh dua tim, yang masing-masing timnya memiliki jumlah anggota yakni lima orang. Tidak hanya itu, untuk memenuhi tugas mata kuliah psikologi inovasi ini saya menambahkan push up semampu saya sebelum futsal dimulai dengan tujuan untuk pemanasan.

Pada hari pertama, yaitu Sabtu malam tanggal 24 September 2022 saya hanya bisa melakukan push up sebanyak 20 kali dan bermain futsal dengan ngos-ngosan. Kemudian pada minggu selanjutnya saya mampu melakukan push up sampai 25 kali karena kadang saya juga berlatih di rumah, dan saya masih ngos-ngosan saat bermain futsal. Pada minggu ketiga, saya masih mentok di 25 kali pada push up, mungkin karena di rumah tidak berlatih. Kemudian saat bermain futsal, saya menjadi tidak terlalu kelelahan. Pada minggu ke empat, kegiatan futsal sudah menjadi olahraga yang menyenangkan bagi saya, rasa lelah saat bermain futsal menjadi perasaan yang menyenangkan dan menggembirakan. Namun, untuk kegiatan push up hanya bertambah sedikit, yaitu menjadi 27 kali dari 25 kali.

Pada minggu ke lima sampai dengan minggu ke delapan, saya sudah terbiasa dengan bermain futsal dan dapat menikmati kegiatan tersebut, sehingga terasa menyenangkan dan tidak ngos-ngosan lagi. Namun, pada kegiatan push up hanya mengalami sedikit peningkatan, mungkin dikarenakan tidak beratih di rumah dan hanya melakukan kegiatan tersebut seminggu sekali.

Dari kegiatan perubahan diri yang saya lakukan selama delapan minggu tersebut yang saya rasakan pada tubuh saya adalah tubuh saya menjadi lebih ringan, lebih bersemangat, dan menjadikan tidak mudah lelah. Selain itu, keluhan-keluhan yang dulu kerap saya rasakan seperti pegal-pegal dan sering pusing menjadi berkurang.

Dari uraian di atas dapat saya simpulkan bahwa kegiatan perubahan diri harus dimulai dengan motivasi yang besar untuk berubah atau paksaan dari luar yang membuat kita melakukan perubahan tersebut. Tanpa adanya motivasi atau paksaan, maka seseorang tidak akan rutin melakukan kegiatan yang direncanakan, sehingga kegiatan itu tidak akan menjadi rutinitas dan tentu saja menjadi penyebab gagalnya perubahan diri.

Walau perubahan diri harus diawali dengan memaksakan diri, namun apabila sudah terbiasa maka hal itu akan menjadi suatu yang menyenangkan.


Minggu ke-

Hari/Tanggal

Waktu (jam & menit)

Jenis kegiatan

Penambahan

1

Sabtu,

24 September 2022

22.00-23.00

Futsal

Push Up20x

2

Sabtu,

01 Oktober 2022

22.00-23.00

Futsal

Push Up25x

3

Sabtu,

08 Oktober 2022

22.00-23.00

Futsal

Push Up25x

4

Sabtu,

15 Oktober 2022   

22.00-23.00

Futsal

Push Up27x

5

Sabtu,

22 Oktober 2022

22.00-23.00

Futsal

Push Up28x

6

Sabtu,

29 Oktober 2022

22.00-23.00

Futsal

Push Up30x

7

Sabtu,

5 November 2022

22.00-23.00

Futsal

Push Up35x

8

Sabtu,

12 November 2022

22.00-23.00

Futsal

Push Up35x


1 komentar: