26.12.22

PLOGGING: MEMBERSIHKAN LINGKUNGAN SEKITAR

Essay 3

Psikologi Lingkungan

Oleh

Putri Dahliani (21310410110)

Dosen Pengampu :

Dr. Arundati Shinta, M.A

Fakultas Psikologi 

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


Dalam beberapa tahun terakhir, kita telah menyaksikan pertumbuhan sisa sampah yang menumpuk di alam, dari pasang surut plastik di laut hingga tempat pembuangan di hutan. Mengatasi permasalahan ini tidak mudah, namun itu perlu dan sangat mungkin diatasi. Implementasi aksi pelestarian bumi semakin terintegrasi di berbagai bidang, salah satunya olahraga. Dorongan kegiatan ini bertujuan untuk melihat sisi inisiatif dan inovatif, seperti Plogging. Plogging memungkinkan kita untuk olahraga sambil menjaga lingkungan. Kegiatan ini sangat menginspirasi banyak orang untuk menunjukkan betapa pentingnya menjaga lingkungan kita.

Plogging adalah kombinasi dari lari dengan memungut sampah yang berserakan. Ini dimulai sebagai kegiatan terorganisir di Swedia sekitar tahun 2016 dan menyebar ke negara lain pada tahun 2018, menyusul meningkatnya kekhawatiran tentang polusi plastik. plogging datang dengan nama Plogging RRevolution dengan tujuan menyebarkan gerakan di seluruh negeri untuk mempromosikan olahraga dan kepedulian terhadap lingkungan

Plogging yaitu olahraga sambil menjaga lingkungan yang berasal dari kata “lari” dengan mengumpulkan sampah yang berserakan ke dalam plastik. Oleh karena itu, Plogging merupakan kegiatan mengumpulkan sampah saat kita sedang berlari kecil. Kita hanya membutuhkan pakaian olahraga yang sesuai untuk berlari dan kantong sampah untuk meletakkan semua sampah yang ditemukan di sekitar. Para ahli dari mengatakan bahwa modalitas “lari” ini adalah pilihan yang bagus untuk kebugaran dan penurunan berat badan sambil menjaga lingkungan. Menurut ahli, Plogging bisa membakar 300 kalori untuk setiap 30 menit latihan, berkat kombinasi dari latihan lari terus-menerus dengan mengumpulkan sampah.

Dengan itu saya mencoba untuk melakukan plogging di sekitar lingkungan rumah saya, yang mana saya mencoba mengumpulkan beberapa sampah yang masih berserakan di jalanan kemudian sampah itu saya kumpulakn menjadi satu lalu saya buang pada tempatnya. 

Dengan setiap langkah, tidak peduli seberapa kecilnya, kita telah berkontribusi untuk melestarikan alam dalam mengurangi pencemaran lingkungan, terutama pelestarian ekosistem darat. Jika seluruh dunia memanfaatkan waktu dan energi mereka untuk memungut sampah di sepanjang jalan, perubahan besar telah kita mulai dalam waktu yang sangat singkat untuk menyelamatkan bumi ini.


Daftar pustaka

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Plogging

https://blog.olahkarsa.com/plogging-olahraga-sambil-menjaga-lingkungan

0 komentar:

Posting Komentar