14.12.22

Pondok Tetirah Dzikir, Pengabdian Memanusiakan Manusia

 Esai Prestasi

PSIKOLOGI LINGKUNGAN 

Dosen Pengampu : Dr. Arunati Shinta, MA
Disusun Oleh : Ahmad Helmy Fauzan
NIM : 21310410091
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta



Dalam buku Mental Hygiene, Kesehatan mental berkaitan dengan beberapa hal. Pertama, bagaimana seseorang 
membayangkan, merasakan dan menjalani keseharian dalam kehidupan; Kedua, bagaimana seseorang memandang diri sendiri 
sendiri dan orang lain; dan Ketiga, bagaimana seseorang mengevaluasi berbagai alternatif solusi dan bagaimana mengambil keputusan terhadap keadaan yang dihadapi (Yusuf 2011).

Kesehatan mental merujuk pada kesehatan seluruh aspek perkembangan seseorang, baik fisik maupun psikis. Kesehatan mental juga meliputi upaya-upaya dalam mengatasi stres, ketidakmampuan dalam menyesuaikan diri, bagaimana berhubungan dengan orang lain, serta berkaitan dengan pengambilan keputusan.

Menurut Daradjat, kesehatan mental merupakan keharmonisan dalam kehidupan yang terwujud antara fungsifungsi jiwa, kemampuan menghadapi problematika yang 
dihadapkan, serta mampu merasakan kebahagiaan dan kemampuan dirinya secara positif (Daradjat 1988). Selanjutnya ia menekankan bahwa kesehatan mental adalah kondisi dimana individu terhindar dari gejala-gejala gangguan jiwa (neurose) dan dari gejala penyakit jiwa (psychose).

Ilmu psikologi hadir salah satunya adalah untuk memahami seseorang dari segi mentalnya. Sudah banyak organisasi-organisasi ataupun komunitas ahli psikologi ataupun mahasiswa psikologi yang terjun langsung di masyarakat untuk dapat berkontribusi sekaligus belajar serta memahami secara langsung berbagai problematika manusia secara mentalnya. Sudah banyak juga kampanye-kampanye kesehatan mental yang dilakukan baik secara media massa ataupun media online.

Himpunan Mahasiswa psikologi UP45 dimana saya merupakan salah satu anggotanya yang pernah berkunjung dan bersilaturahmi di Panti Rehabilitasi Napza dan Mental Pondok Tetirah Dzikir Yogyakarta. Dalam kunjungan tersebut pengurus Himpunan Mahasiswa Psikologi UP45 berinteraksi dan bermain game bersama santri atau pasien di panti tersebut. Kedatangan kami pun diterima baik oleh pengelola panti dan santri/pasien.




Referensi: 
Fakhriyani, DV (2019). Kesehatan Jiwa (Vol. 124). Penerbitan Media Duta.

0 komentar:

Posting Komentar