22.12.22

PLOGGING: JOGING SEMBARI MEMUNGUT SAMPAH DI JALAN

 Essay 3 Psikologi Lingkungan

Dosen Pengampu : Dr.Dra. Arundati Shinta, MA

Disusun oleh: Faiza Cleary Flannery (21310410048)

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta





Apa saja yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh kita dan kesehatan lingkungan?

Setiap orang pasti mendambakan tubuh yang sehat, baik jasmani maupun rohani. Menjaga kesehatan tubuh sangatlah penting. Bila tubuh tidak sehat maka penyakit akan mudah masuk ke dalam tubuh yang berdampak rumah sakitlah tujuannya. Pola hidup sehat yang baik dan benar merupakan obat yang paling ampuh mencegah berbagai macam penyakit. Namun jika hanya mementingkan kesehatan tubuh saja akan terasa percuma dan sia-sia apabila kita tidak mempunyai kepedulian terhadap kesehatan lingkungan terlebih lingkungan sekitar kita.

Disadari atau tidak, tangan-tangan manusialah yang merusak lingkungan dan dampaknya adalah ke kekacauan ekosistem dan tentunya berdampak buruk pada makhluk yang ada di dalamnya .

Masalah lingkungan dalam kehidupan dewasa ini sungguh sangat menjadi perhatian dari berbagai kalangan, sebab bila lingkungan rusak tentu akan berdampak kepada manusia. Banyak pengalaman yang berakibat dari kerusakan lingkungan berimbas pada kehidupan manusia, seperti lingkungan rusak maka akan menimbulkan panas di saat musim kemarau dan terjadi banjir saat musim hujan, tidak terkecuali terkadang di daerah pegunungan bisa menimbulkan tanah longsor. Hal ini jelas berdampak kepada manusia dan makhluk hidup lain di sekitarnya. Begitu juga di daerah perkotaan, kalau lingkungan tercemar seperti udara yang tidak sehat, dapat menimbulkan banyak penyakit yang menyerang manusia di sekitarnya.
Rusaknya lingkungan jelas akibat ulah manusia itu sendiri. Tidak jarang kita menyaksikan begitu serakahnya manusia mengeksploitasi hutan melampaui batas kewajaran, sehingga ekosistem yang tadinya begitu baik menjadi rusak
.

Menurut HAKLI (Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia) kesehatan lingkungan adalah suatu  kondisi lingkungan yang mampu menjaga keseimbangan ekologi yang dinamis antara manusia dan lingkungannya untuk mendukung tercapainya kualitas hidup manusia yang sehat dan bahagia .

Maka dari itu saya terpanggil untuk melakukan kegiatan plogging yang membuat saya lebih bersemangat dalam berolahraga sambil melakukan kegiatan pro lingkungan. Kegiatan plogging ini saya lakukan 4 kali dan semua sampah yang terkumpul setelah saya timbang setara ± 1,5 kg. Sampah-sampah yang saya kumpulkan ada beberapa jenis seperti sampah plastik(botol bekas, gelas bekas gelas jus, bungkus makanan), kardus makanan atau kertas, daun-daun kering, dan pernak pernik besi-besian. Kemudian sampah- sampah tersebut saya pisahkan sesuai dengan jenisnya. Sampah yang memiliki nilai ekonomis saya pisahkan tersendiri seperti botol bekas minuman, kardus makanan, dll yang nantinya akhirnya akan saya serahkan ke pengepul. Untuk daun-daun kering saya kumpulkan dan dibakar. Dan untuk jenis pernak-pernik besi-besian saya cuci bersih dan saya kumpulkan. 

Kegiatan Plogging:

Hari Tanggal : Foto 0.1 (Ahad, 9 Oktober 2022)

                        Foto 0.2 (Sabtu, 15 Oktober 2022)

                        Foto 0.3 (Ahad, 16 Oktober 2022)

                        Foto 0.4 (Ahad, 23 Oktober 2022)

Jumlah sampah yang terkumpul : ±  1,5 kg

Kesimpulan : Plogging dapat dikategorikan sebagai aktivitas yang  menyehatkan serta ramah lingkungan . Seperti peribahasa, sekali dayung dua tiga pulau terlampaui. Begitu juga dengan plogging, sambil berolah raga kita  juga dapat berperan dalam menjaga lingkungan.


0 komentar:

Posting Komentar