22.12.22

MENABUNG DI BANK SAMPAH

 Essay 3 Psikologi Lingkungan 

Dosen Pengampu : Dr.Dra. Arundati Shinta, M.A.

Disusun Oleh : Binti Nadhifah/21310410118

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta




Bank sampah adalah suatu tempat yang digunakan untuk mengumpulkan sampah yang sudah dipilah-pilah. Hasil dari pengumpulan sampah yang sudah dipilah akan disetorkan ke tempat pembuatan kerajinan dari sampah atau ke tempat pengepul sampah. Bank sampah dikelola menggunakan sistem seperti perbankkan yang dilakukan oleh petugas sukarelawan.
Bank sampah berdiri karena adanya pemacingan masyarakat akan lingkungan hidup yang semakin lama semakin dipenuhi dengan sampah baik organik maupun anorganik. Sampah yang semakin banyak tentu akan menimbulkan banyak masalah, sehingga diperlukan pengolahan seperti membuat sampah menjadi bahan yang berguna.Pengelolaan sampah dengan sistem bank sampah diharapkan mampu membantu pemerintah dalam menangani sampah dan meningkatkan ekonomi masyarakat
Tujuan utama bank sampah adalah untuk membantu menangani pengolahan sampah dan tujuan bank sampah selanjutnya adalah untuk menyadarkan masyarakat akan lingkungan yang sehat, rapi, dan bersih. Bank sampah juga berguna untuk mengubah sampah menjadi sesuatu yang lebih dalam masyarakat, misalnya untuk kerajinan dan pupuk yang memiliki nilai ekonomis.

Bank sampah yang saya kunjungi berdiri pada tahun 2017 yang di kelola oleh Pak Waltiyo dan istrinya Bu Satinem dengan harapan mengajak masyarakat untuk membangun ekonomi kerakyatan dan meningkatkan kesadaran kepada masyarakat dalam mengelola sampah. dengan sistem yang dibuka setiap hari maka bank sampah ini memudahkan masyarakat untuk menyetor sampah.
  • maka pada tanggal 13 desember 2022 ( Day 1)  saya menabung di bank sampah dan berhasil mengumpulkan sampah kardus bekas atau non organik dengan berat 3kg, yang setiap 1kg di hargai 1.700 maka sampah yang terkumpul seharga 5.100. 
  • Pada tanggal 16 desember 2022 ( day 2 ) kembali menyetor sampah botol dengan berat 2kg, perkilo nya di hargai 2.500 maka jumlah harga sampah yang terkumpul seharga 5000.
  • Pada hari rabu tanggal 21 desember 2022 ( day 3) menyetor sampah kertas dengan berat 7kg. perkilonya dihargai 2000, maka jumlah sampah yang terkumpul adalah 14.000.
  • Pada hari kamis tanggal 22 desember 2022 (day 4) kembali menyetor sampah dengan berat 2kg, perkilonya di hargai 2000 maka jumlah sampah yang terkumpul seharga 4000.   
Maka jumlah total uang keseluruhan dari hasil menabung sampah di bank sampah adalah  28.100. siapa sangka hanya bermodal sampah bekas namun mampu menghasilkan uang. 

0 komentar:

Posting Komentar